Bolaindonesia

Diwawancarai Media Korsel, Shin Tae-yong Tegaskan Target Indonesia Juarai SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 dipimpin Shin Tae-yong saat ini sedang TC di Korea Selatan

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Shin Tae-yong hadir dalam pertandingan Ansan Greeners vs Daejon Hana Citizen. (Twitter/@medioclubID)
Shin Tae-yong hadir dalam pertandingan Ansan Greeners vs Daejon Hana Citizen. (Twitter/@medioclubID)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong mengungkapkan kepada media Korsel bahwa timnas Indonesia U-23 mengejar gelar juara atau medali emas di ajang SEA Games 2021 ini.

Shin Tae-yong mendapatkan sorotan dari media Korsel karena telah memanggil dua timnas kelompok umur, yakni U-19 dan U-23 untuk menjalani pemusatan latihan atau TC di Negeri Gingseng tersebut.

Tujuan dari TC kedua tim tersebut memang berbeda. Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Skuad Garuda Nusantara dipersiapkan dengan matang karena Indonesia akan menjadi tuan rumah. Persiapan panjang ini dilakukan agar tuan rumah bisa bersaing dengan negara lainnya.

Di sisi lain, timnas Indonesia U-23 diundang TC ke Singapura untuk mempersiapkan SEA Games 2021. Banyak latihan yang dijalani mulai dari penguatan otot tubuh, permainan, hingga mental dari peara pemain.

Dari latihan yang ada, pelatih berusia 52 tahun ini mengatakan bahwa performa skuad Garuda Muda sudah meningkat. Mental para pemain juga disebut menanjak.

Pemain senior Timnas Indonesia U-23, Fachruddin Aryanto saat berhadapan dengan penggawa Pohang Steelers dalam pertandingan uji coba (dok. PSSI).
Pemain senior Timnas Indonesia U-23, Fachruddin Aryanto saat berhadapan dengan penggawa Pohang Steelers dalam pertandingan uji coba (dok. PSSI).

"Fakta bahwa tempo passing dan ritme permainan telah meningkat dan fakta bahwa para pemain muda telah menyadari bahwa bermain itu menyenangkan adalah hasil besar," ucap Shin Tae-yong dikutip dari donga.com Selasa (26/4/2022).

"Anda tidak mencapai apapun jika Anda takut dan berpaling dari situasi tertentu. Mentalitas baja untuk berdiri dengan barani alih-alih takut dan berjongkok itu sangat penting," sambungnya.

Lebih lanjut, mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut mengatakan bahwa tujuan timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 adalah untuk menang dan meraih emas.

"Tidak ada alasan untuk tak melakukannya. Mereka terus memberikan pesan harapan dan banyak memberikan pujian serta semangat. Silahkan saksikan tantangan Indonesia berkembang," tegasnya.

Adapun timnas Indonesia U-23 berada di grup yang berat dalam SEA Games 2021 bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Berita Terkait

Berita Terkini