Bolaindonesia

Sederet Fakta Menarik Thomas Doll, Pelatih Baru Persija yang Sempat Tukangi Borussia Dortmund

Thomas Doll ditunjuk melatih Persija Jakarta mulai musim depan.

Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha

Thomas Doll saat melatih Borussia Dortmund. (Dok Dortmund)
Thomas Doll saat melatih Borussia Dortmund. (Dok Dortmund)

Bolatimes.com - Persija Jakarta telah resmi menujuk Thomas Doll sebagai pelatih baru untuk Liga 1 musim 2022/2023. Pelatih asal Jerman itu dikontrak selama tiga musim.

Kehebatan Thomas Dolll membuat manajemen Persija tidak ragu lagi merekrutanya. Dalam sejarah klub, ia menjadi pelatih pertama asal Jerman yang mengarsiteki Macan Kemayoran.

Sebelumya, Persija pernah ditukangi pelatih dari Eropa. Antara lain berasal dari Belanda (Albert Fafie), Bulgaria (Ivan Kolev, Atanas Georgiev), Moldova (Arcan Iurie, Sergei Dubrovin), Spanyol (Juilo Banuelos), dan Italia (Angelo Alessio).

Selain menjadi pelatih pertama asal Jeramn, ada beberapa fakta menarik lainnya dari Thomas Doll. Dari mulai gaya kepelatihan hingga ternyata sang pelatih pernah ke Jakarta beberapa waktu silam.

Thomas Doll jadi pelatih Persija Jakarta. (dok.Persija)
Thomas Doll jadi pelatih Persija Jakarta. (dok.Persija)

Berikut beberapa fakta menarik tersebut seperti dilansir dari laman Persija:

1. Sepak Bola Menyerang

Dalam CV yang diterima Persija, Thomas Doll menggambarkan dirinya sebagai pelatih yang berorientasi pada permainan menyerang.

2. Tak Asing dengan Jakarta

Thomas Doll pernah menginjakkan kakinya di Indonesia. Pada 2007, ia sudah mendampingi Borussia Dortmund melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 19 Desember 2007.

3. 7 Trofi

Sepanjang karier kepelatihannya, Thomas Doll sudah mengoleksi tujuh trofi. Dimulai dari UEFA Intertoto Cup 2005 saat mengarsiteki Hamburger SV, kemudian berlanjut ke Hungarian Cup Winner (2014/15, 2015/16, 2016/17), dan Hungarian Championship (2015/16).

Lalu, ada lagi Hungarian League Cup (2014/15), dan Hungaria Super Cup (2015) kala memimpin Farencvaros.

4. 224 Kemenangan

Dalam karier kepelatihannya, Thomas Doll sudah menangani tujuh tim utama. Dimulai dari Hamburgers SV, Borussia Dortmund, Genclerbirligi, Al-Hilal, Ferencvaros, Hanover 96, dan APOEL Nikosia. Dari seluruh klub itu, ia meraih 224 kemenangan, 102 hasil imbang, dan 118 kekalahan.

5. Final Piala Eropa 1992

Saat sebagai pemain timnas, salah satu pencapaian terbaiknya adalah membawa Jerman ke final Piala Eropa 1992. Bersama timnas Jerman Doll tercatat tampil di 47 laga.

Berita Terkait

Berita Terkini