Bolaindonesia

Profil Riki Dwi Saputro, Pemain yang Diklaim Jadi Milik PSS Sleman dan Persekat Tegal

Riki Dwi Saputro sempat bikin geger karena secara bersamaan diresmikan jadi pemain PSS Sleman dan Persekat Tegal.

Rauhanda Riyantama

Riki Dwi Saputro saat membela PSS Sleman di Liga 1 2021. (Dok. PSS Sleman)
Riki Dwi Saputro saat membela PSS Sleman di Liga 1 2021. (Dok. PSS Sleman)

Bolatimes.com - Mengenal Riki Dwi Saputro, pemain yang belum lama ini diklaim sebagai pemain dari tim Liga 1, PSS Sleman dan tim Liga 2, Persekat Tegal.

Belakangan jagat sepak bola Tanah Air yang memasuki bursa transfer dibuat heboh dengan sosok Riki Dwi Saputro.

Sosok tersebut membuat heboh karena PSS Sleman dan Persekat Tegal mengunggah potret Riki sebagai pemainnya.

PSS Sleman mengunggah foto dan nama Riki dengan informasi bahwa kontraknya diperpanjang oleh klub berjuluk Laskar Elang Jawa itu.

Sedangkan Persekat di waktu yang hampir bersamaan juga mengunggah informasi bahwa Riki Dwi telah sepakat memperpanjang kontrak untuk Liga 2 pada November 2021 lalu.

Sontak hal tersebut membuat penikmat sepak bola Tanah Air kebingungan. Kerumitan perihal status Riki Dwi pun seketika membuat Asosiasi  Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) turun tangan.

Dalam unggahan di media sosial Instagram, APPI menjelaskan bahwa keributan status Riki sendiri hanya masalah miskomunikasi.

APPI juga menjelaskan bahwa Riki terikat kontrak dengan salah satu klub dan di baliknya ada kesepakatan bahwa dirinya bisa pindah ke klub lain.

Belakangan PSS Sleman dilaporkan juga telah meminta maaf ke Persekat Tegal, usai manajemen Laskar Elang Jawa itu melakukan sowan ke manajemen tim berjuluk Laskar Ki Gede Sebayu.

Lantas, siapakah sosok Riki Dwi Saputro itu?

PSS Sleman dan Persekat Tegal sama-sama mengumumkan Riki Dwi Saputro sebagai pemain untuk musim depan. [Instagram @wasitmafia]
PSS Sleman dan Persekat Tegal sama-sama mengumumkan Riki Dwi Saputro sebagai pemain untuk musim depan. [Instagram @wasitmafia]

Rekam Jejak Riki Dwi Saputro

Riki Dwi Saputro merupakan pesepak bola asal Pekanbaru yang lahir pada 20 Februari 1995 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Pemain berusia 27 tahun ini diketahui beroperasi sebagai penyerang dan juga bisa beroperasi sebagai gelandang serang.

Dilansir dari laman Dispora Riau, pada 2015 silam Riki pernah jadi bagian tim PORWIL Riau cabang olahraga sepak bola diselenggarakan di Bangka Belitung.

Sedangkan kariernya di kancah profesional diketahui saat dirinya membela tim provinsi PSPS Riau, per 2016 silam.

Dilansir dari Transfermarkt, Riki bermain bagi tim tanah kelahirannya itu hingga medio 2021 silam sebelum diboyong oleh Persekat Tegal untuk kancah Liga 2 2021.

Di Liga 2, Riki menjadi andalan dari pelatih I Putu Gede, yang kemudian membawanya ke PSS Sleman dengan status pinjaman, saat sang pelatih menggantikan posisi Dejan Antonic pasca Liga 2 berakhir.

Di PSS Sleman sendiri, Riki kembali menjadi andalan dan mampu tampil menggebrak di awal-awal bergabung dengan mengoleksi satu gol dan dua assist kala melawan Persiraja Banda Aceh di pekan ke-18 Liga 1 2021-2022.

Keran golnya berlanjut di pekan ke-20 kala PSS Sleman melawan Madura United, di mana Riki menjadi penyelamat Laskar Elang Jawa lewat gol tandukannya sehingga laga berakhir imbang 1-1.

Meski baru mencetak dua gol dan empat assist bagi PSS Sleman sepanjang Liga 1, Riki mampu mendapat kepercayaan berlebih sehingga ia masuk rencana pelatih baru, Seto Nurdiantoro untuk Liga 1 musim depan.

Sayangnya, rencana PSS Sleman dengan mempertahankan Riki menjadi polemik, di mana adanya miskomunikasi antara Laskar Elang Jawa dengan Persekat Tegal selaku klub yang meminjamkannya.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini