Profil Riki Dwi Saputro, Pemain yang Diklaim Jadi Milik PSS Sleman dan Persekat Tegal

Riki Dwi Saputro sempat bikin geger karena secara bersamaan diresmikan jadi pemain PSS Sleman dan Persekat Tegal.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 19 April 2022 | 14:30 WIB
Riki Dwi Saputro saat membela PSS Sleman di Liga 1 2021. (Dok. PSS Sleman)

Riki Dwi Saputro saat membela PSS Sleman di Liga 1 2021. (Dok. PSS Sleman)

Bolatimes.com - Mengenal Riki Dwi Saputro, pemain yang belum lama ini diklaim sebagai pemain dari tim Liga 1, PSS Sleman dan tim Liga 2, Persekat Tegal.

Belakangan jagat sepak bola Tanah Air yang memasuki bursa transfer dibuat heboh dengan sosok Riki Dwi Saputro.

Sosok tersebut membuat heboh karena PSS Sleman dan Persekat Tegal mengunggah potret Riki sebagai pemainnya.

Baca Juga: Ralf Rangnick Persilakan Paul Pogba Berpuasa saat Laga Liverpool vs Manchester United

PSS Sleman mengunggah foto dan nama Riki dengan informasi bahwa kontraknya diperpanjang oleh klub berjuluk Laskar Elang Jawa itu.

Sedangkan Persekat di waktu yang hampir bersamaan juga mengunggah informasi bahwa Riki Dwi telah sepakat memperpanjang kontrak untuk Liga 2 pada November 2021 lalu.

Sontak hal tersebut membuat penikmat sepak bola Tanah Air kebingungan. Kerumitan perihal status Riki Dwi pun seketika membuat Asosiasi  Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) turun tangan.

Baca Juga: 4 Pemain Muslim yang Berpuasa di Laga Liverpool vs Man United

Dalam unggahan di media sosial Instagram, APPI menjelaskan bahwa keributan status Riki sendiri hanya masalah miskomunikasi.

APPI juga menjelaskan bahwa Riki terikat kontrak dengan salah satu klub dan di baliknya ada kesepakatan bahwa dirinya bisa pindah ke klub lain.

Belakangan PSS Sleman dilaporkan juga telah meminta maaf ke Persekat Tegal, usai manajemen Laskar Elang Jawa itu melakukan sowan ke manajemen tim berjuluk Laskar Ki Gede Sebayu.

Baca Juga: AS Roma Gagal Menang Lawan Napoli, Jose Mourinho Soroti Keputusan Wasit

Lantas, siapakah sosok Riki Dwi Saputro itu?

PSS Sleman dan Persekat Tegal sama-sama mengumumkan Riki Dwi Saputro sebagai pemain untuk musim depan. [Instagram @wasitmafia]
PSS Sleman dan Persekat Tegal sama-sama mengumumkan Riki Dwi Saputro sebagai pemain untuk musim depan. [Instagram @wasitmafia]

Rekam Jejak Riki Dwi Saputro

Riki Dwi Saputro merupakan pesepak bola asal Pekanbaru yang lahir pada 20 Februari 1995 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Baca Juga: Jelang SEA Games 2021, Timnas Kamboja Tertimpa Kabar Tak Sedap

Pemain berusia 27 tahun ini diketahui beroperasi sebagai penyerang dan juga bisa beroperasi sebagai gelandang serang.

Dilansir dari laman Dispora Riau, pada 2015 silam Riki pernah jadi bagian tim PORWIL Riau cabang olahraga sepak bola diselenggarakan di Bangka Belitung.

Sedangkan kariernya di kancah profesional diketahui saat dirinya membela tim provinsi PSPS Riau, per 2016 silam.

Dilansir dari Transfermarkt, Riki bermain bagi tim tanah kelahirannya itu hingga medio 2021 silam sebelum diboyong oleh Persekat Tegal untuk kancah Liga 2 2021.

Di Liga 2, Riki menjadi andalan dari pelatih I Putu Gede, yang kemudian membawanya ke PSS Sleman dengan status pinjaman, saat sang pelatih menggantikan posisi Dejan Antonic pasca Liga 2 berakhir.

Di PSS Sleman sendiri, Riki kembali menjadi andalan dan mampu tampil menggebrak di awal-awal bergabung dengan mengoleksi satu gol dan dua assist kala melawan Persiraja Banda Aceh di pekan ke-18 Liga 1 2021-2022.

Keran golnya berlanjut di pekan ke-20 kala PSS Sleman melawan Madura United, di mana Riki menjadi penyelamat Laskar Elang Jawa lewat gol tandukannya sehingga laga berakhir imbang 1-1.

Meski baru mencetak dua gol dan empat assist bagi PSS Sleman sepanjang Liga 1, Riki mampu mendapat kepercayaan berlebih sehingga ia masuk rencana pelatih baru, Seto Nurdiantoro untuk Liga 1 musim depan.

Sayangnya, rencana PSS Sleman dengan mempertahankan Riki menjadi polemik, di mana adanya miskomunikasi antara Laskar Elang Jawa dengan Persekat Tegal selaku klub yang meminjamkannya.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak