Taat Beribadah, Berikut 4 Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Berstatus Haji

Berikut daftar eks Timnas Indonesia yang sudah menjalankan ibadah Haji.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 18 April 2022 | 10:15 WIB
Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir (Dok: persib.co.id)

Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir (Dok: persib.co.id)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan mantan penggawa tim nasional Indonesia yang memiliki status sebagai Haji atau umat muslim yang pernah berkunjung ke Baitullah atau Ka'bah.

Haji merupakan salah satu rukun yang ada dalam agama Islam. Ibadah Haji sendiri wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia yang mampu baik secara fisik dan finansial.

Ibadah Haji yang masuk dalam kategori wajib inipun membuat para umat muslim tergerak untuk melangkahkan kakinya ke Baitullah atau Ka'bah yang terletak di Mekkah, Arab Saudi.

Baca Juga: 5 Penyebab Ronaldo Harus Segera Tinggalkan Manchester United

Setiap tahunnya seluruh umat muslim dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong menunaikan ibadah Haji, tak terkecuali para pesepak bola.

Para pesepak bola yang beragama Islam, hampir seluruhnya menunaikan ibadah haji. Hal ini juga berlaku untuk para pesepak bola dalam negeri.

Sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, banyak pesepak bola Indonesia yang memeluk agama Islam.

Baca Juga: Bikin Ulah lagi, Momen Harry Maguire Tendang Kepala Paul Pogba hingga Terluka

Hal ini membuat sederet pemain yang beragama Islam, yang mampu secara fisik dan finansial, melaksanakan ibadah Haji.

Dari sekian banyak pesepak bola muslim Tanah Air yang pernah berangkat haji, beberapa di antaranya adalah mantan penggawa Timnas Indonesia.

Kira-kira, siapa saja mantan penggawa Timnas Indonesia yang punya status sebagai Haji itu?

Baca Juga: Profil Zack Steffen, Kiper Manchester City yang Bikin Blunder Konyol saat Dikalahkan Liverpool

1. Ismed Sofyan

Ismed Sofyan (@ismedsofyan14/Instagram)
Ismed Sofyan (@ismedsofyan14/Instagram)

Ismed Sofyan merupakan salah satu mantan penggawa Timnas Indonesia yang telah menorehkan 53 caps bagi skuat Garuda.

Pemain yang kini telah berusia 42 tahun itu, tak hanya membela Timnas Indonesia senior saja, melainkan juga timnas kelompok umur.

Baca Juga: Resmi, Persija Jakarta Perpanjang Kontrak Osvaldo Haay hingga 2023

Bek legendaris Persija Jakarta ini ternyata memiliki status Haji, usai menunaikan ibadah tersebut pada 2011 silam. Tak pelak, dirinya mendapat panggilan ‘Bang Haji’ baik dari rekan setim maupun dari para pendukungnya di media sosial.

2. Supardi Nasir

Pemain Persib Bandung, Supardi Nasir (@bandungfootball/Twitter)
Pemain Persib Bandung, Supardi Nasir (@bandungfootball/Twitter)

Bergeser ke rival Persija, ada mantan bek sekaligus legenda dari Persib Bandung yang juga menyandang status Haji. Sosok itu adalah Supardi Nasir.

Pemain yang identik sebagai bek kanan ini melaksanakan ibadah Haji pada 2017 silam, di mana saat itu ia menunaikan ibadah tersebut, Supardi Nasir harus absen beberapa laga bagi Persib.

Supardi Nasir pun tercatat pernah membela Timnas Indonesia. Tercatat pria berusia 39 tahun ini menorehkan 20 caps bagi skuat Garuda.

3. Muhammad Ridwan

Muhammad Ridwan beri dukungan kepada Supardi Nasir (@mridwan2323/Instagram)
Muhammad Ridwan beri dukungan kepada Supardi Nasir (@mridwan2323/Instagram)

Masih dari pos bek kanan, ada nama mantan pemain Timnas Indonesia yang juga berstatus Haji. Sosok itu adalah Muhammad Ridwan.

Pria yang pernah membela PSIS Semarang ini menunaikan ibadah Haji pada 2014 silam, di mana saat itu ia berangkat Haji bersama rombongan jamaah dari Solo.

Muhammad Ridwan juga dikenal sebagai bek legendaris Timnas Indonesia, di mana ia telah membela tim Merah Putih sebanyak 41 laga.

4. Ahmad Bustomi

Pemain baru Persija Jakarta, Ahmad Bustomi. (Dok. Persija)
Pemain baru Persija Jakarta, Ahmad Bustomi. (Dok. Persija)

Di Persija Jakarta, Ismed Sofyan bukan satu-satunya pemain dengan status Haji. Masih ada nama Ahmad Bustomi yang juga menyandang gelar itu.

Ahmad Bustomi yang juga dikenal sebagai jebolan pondok pesantren itu, diketahui menunaikan ibadah haji pada 2015 silam.

Dalam kariernya hingga saat ini berusia 36 tahun, Ahmad Bustomi tercatat pernah membela Timnas Indonesia dengan mengoleksi 27 caps bersama tim Merah Putih.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak