5 Alasan Timnas Futsal Indonesia Bisa Berprestasi di Piala Asia Futsal 2022

Timnas Futsal Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 12 April 2022 | 10:00 WIB
Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut lima alasan mengapa Timnas Futsal Indonesia bisa mencatatkan prestasi pada Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait mendatang.

Timnas Futsal Indonesia dipastikan akan tampil di ajang Piala Asia Futsal 2022 usai menjadi finalis Piala AFF Futsal 2022.

Sebagai informasi, Timnas Futsal Indonesia sendiri lolos dengan menjadi salah satu dari tiga tim peringkat teratas di Piala AFF Futsal 2022.

Baca Juga: 3 Alasan Timnas Futsal Indonesia Bisa Juarai SEA Games 2021

Di ajang Piala AFF Futsal 2022 itu, tim Merah Putih harus menelan kekecewaan mendalam, usai tumbang di final dari tuan rumah Thailand lewat drama adu penalti.

Kekecewaan ini terasa mendalam setelah di laga final itu, Timnas Futsal Indonesia mampu unggul 2-0, sebelum akhirnya disamakan oleh tuan rumah di menit-menit akhir.

Alhasil kegagalan itu menambah panjang derita Timnas Futsal Indonesia yang tak pernah lagi menjadi juara Piala AFF Futsal sejak 2010 silam.

Baca Juga: Profil Ponirin Meka, Kiper Legenda Timnas Indonesia dan PSMS yang Meninggal Dunia

Meski gagal, Timnas Futsal Indonesia masih bertekad bisa membawa pulang gelar ke Tanah Air. Nyatanya, dalam waktu dekat tim Merah Putih akan berlaga di Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait.

Walaupun akan bersua tim-tim hebat dari berbagai negara Asia lainnya, Timnas Futsal Indonesia diyakini bisa berprestasi di Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait nanti.

Apalagi jika melihat sederet alasan berikut ini.

Baca Juga: Kecelakaan Mobil, Mantan Kapten Timnas Kolombia Alami Cedera Parah

1. Tekad Perbaiki Rekor Buruk

Timnas Futsal Indonesia datang ke Piala Asia Futsal 2022 dengan tekad memperbaiki rekor buruk selama mengikuti ajang tersebut.

Dalam sembilan kali kesertaannya, langkah tim Merah Putih selalu kandas di babak grup dan belum pernah sekalipun lolos ke babak Knock Out.

Baca Juga: Totalitas Bela Timnas Indonesia U-23, Marc Klok Rela Potong Libur dan Tinggalkan Keluarga

Alhasil, di ajang Piala Asia Futsal 2022 pun Timnas Futsal Indonesia akan mencoba memperbaiki catatan buruknya tersebut dan melangkah lebih jauh dari edisi sebelum-sebelumnya.

2. Diisi Pemain Muda Berbakat

Dalam kesertaannya di Piala AFF Futsal 2022, Timnas Futsal Indonesia memilih mengandalkan darah muda ketimbang pemain berpengalaman, seperti Bambang Bayu Saptaji.

Uniknya, rata-rata pemain yang dibawa di Piala AFF Futsal 2022 itu adalah pemain yang mampu membawa Timnas Futsal Indonesia menembus peringkat ketiga Piala Asia Futsal U-20 pada 2019 lalu.

Dengan fakta tersebut, Timnas Futsal Indonesia diyakini bisa mengulangi pencapaian mereka pada kelompok U-20 di tahun 2019 lalu pada Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait.

3. Performa Timnas Futsal Indonesia Tengah Menanjak

Bisa dikatakan, Timnas Futsal Indonesia saat ini telah menjalani regenerasi yang tepat. Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai generasi emas.

Kemampuan individu serta kekompakan tim membuat Timnas Futsal Indonesia punya performa menawan, terutama di Piala AFF Futsal 2022.

Buktinya, Thailand yang sudah berada di level Asia, mampu dibuat kelabakan oleh Timnas Futsal Indonesia saat ini, sebelum akhirnya keluar sebagai juara. Itu pun melalui drama adu penalti.

4. Ajang Pembalasan Piala AFF Futsal 2022

Piala Asia Futsal 2022 akan menjadi ajang yang tepat untuk melampiaskan kegagalan Timnas Futsal Indonesia meraih titel di Piala AFF Futsal 2022.

Timnas Futsal Indonesia sendiri sejatinya bermain apik sepanjang turnamen. Namun perjalanan apik ini berakhir antiklimaks usai takluk di final lewat drama adu penalti.

Karena hal tersebut, Timnas Futsal Indonesia akan berupaya menorehkan tinta emas di Piala Asia Futsal 2022 nanti untuk membalas kegagalan di Thailand.

5. Adanya Figur Mohammad Hashemzadeh

Hadirnya sosok pelatih seperti Mohammad Hashemzadeh akan memberikan warna berbeda untuk Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia Futsal 2022.

Dalam waktu singkat, pelatih asal Iran ini mampu membawa Timnas Futsal Indonesia bermain begitu ciamik dan mampu menembus final serta mengimbangi Thailand di Piala AFF Futsal 2022.

Dengan pengalamannya yang pernah membawa Iran juara Piala Asia Futsal di 2016 dan 2018, Timnas Futsal Indonesia pun diprediksi bisa berbicara banyak di bawah arahan Hashemzadeh.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak