Bolaindonesia

5 Alasan Timnas Futsal Indonesia Bisa Berprestasi di Piala Asia Futsal 2022

Timnas Futsal Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia

Irwan Febri Rialdi

Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)
Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut lima alasan mengapa Timnas Futsal Indonesia bisa mencatatkan prestasi pada Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait mendatang.

Timnas Futsal Indonesia dipastikan akan tampil di ajang Piala Asia Futsal 2022 usai menjadi finalis Piala AFF Futsal 2022.

Sebagai informasi, Timnas Futsal Indonesia sendiri lolos dengan menjadi salah satu dari tiga tim peringkat teratas di Piala AFF Futsal 2022.

Di ajang Piala AFF Futsal 2022 itu, tim Merah Putih harus menelan kekecewaan mendalam, usai tumbang di final dari tuan rumah Thailand lewat drama adu penalti.

Kekecewaan ini terasa mendalam setelah di laga final itu, Timnas Futsal Indonesia mampu unggul 2-0, sebelum akhirnya disamakan oleh tuan rumah di menit-menit akhir.

Alhasil kegagalan itu menambah panjang derita Timnas Futsal Indonesia yang tak pernah lagi menjadi juara Piala AFF Futsal sejak 2010 silam.

Meski gagal, Timnas Futsal Indonesia masih bertekad bisa membawa pulang gelar ke Tanah Air. Nyatanya, dalam waktu dekat tim Merah Putih akan berlaga di Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait.

Walaupun akan bersua tim-tim hebat dari berbagai negara Asia lainnya, Timnas Futsal Indonesia diyakini bisa berprestasi di Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait nanti.

Apalagi jika melihat sederet alasan berikut ini.

1. Tekad Perbaiki Rekor Buruk

Timnas Futsal Indonesia datang ke Piala Asia Futsal 2022 dengan tekad memperbaiki rekor buruk selama mengikuti ajang tersebut.

Dalam sembilan kali kesertaannya, langkah tim Merah Putih selalu kandas di babak grup dan belum pernah sekalipun lolos ke babak Knock Out.

Alhasil, di ajang Piala Asia Futsal 2022 pun Timnas Futsal Indonesia akan mencoba memperbaiki catatan buruknya tersebut dan melangkah lebih jauh dari edisi sebelum-sebelumnya.

2. Diisi Pemain Muda Berbakat

Dalam kesertaannya di Piala AFF Futsal 2022, Timnas Futsal Indonesia memilih mengandalkan darah muda ketimbang pemain berpengalaman, seperti Bambang Bayu Saptaji.

Uniknya, rata-rata pemain yang dibawa di Piala AFF Futsal 2022 itu adalah pemain yang mampu membawa Timnas Futsal Indonesia menembus peringkat ketiga Piala Asia Futsal U-20 pada 2019 lalu.

Dengan fakta tersebut, Timnas Futsal Indonesia diyakini bisa mengulangi pencapaian mereka pada kelompok U-20 di tahun 2019 lalu pada Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait.

3. Performa Timnas Futsal Indonesia Tengah Menanjak

Bisa dikatakan, Timnas Futsal Indonesia saat ini telah menjalani regenerasi yang tepat. Sehingga banyak yang menyebutnya sebagai generasi emas.

Kemampuan individu serta kekompakan tim membuat Timnas Futsal Indonesia punya performa menawan, terutama di Piala AFF Futsal 2022.

Buktinya, Thailand yang sudah berada di level Asia, mampu dibuat kelabakan oleh Timnas Futsal Indonesia saat ini, sebelum akhirnya keluar sebagai juara. Itu pun melalui drama adu penalti.

4. Ajang Pembalasan Piala AFF Futsal 2022

Piala Asia Futsal 2022 akan menjadi ajang yang tepat untuk melampiaskan kegagalan Timnas Futsal Indonesia meraih titel di Piala AFF Futsal 2022.

Timnas Futsal Indonesia sendiri sejatinya bermain apik sepanjang turnamen. Namun perjalanan apik ini berakhir antiklimaks usai takluk di final lewat drama adu penalti.

Karena hal tersebut, Timnas Futsal Indonesia akan berupaya menorehkan tinta emas di Piala Asia Futsal 2022 nanti untuk membalas kegagalan di Thailand.

5. Adanya Figur Mohammad Hashemzadeh

Hadirnya sosok pelatih seperti Mohammad Hashemzadeh akan memberikan warna berbeda untuk Timnas Futsal Indonesia di Piala Asia Futsal 2022.

Dalam waktu singkat, pelatih asal Iran ini mampu membawa Timnas Futsal Indonesia bermain begitu ciamik dan mampu menembus final serta mengimbangi Thailand di Piala AFF Futsal 2022.

Dengan pengalamannya yang pernah membawa Iran juara Piala Asia Futsal di 2016 dan 2018, Timnas Futsal Indonesia pun diprediksi bisa berbicara banyak di bawah arahan Hashemzadeh.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Berita Terkait

Berita Terkini