Bolaindonesia

7 Pemain Singapura yang Pernah Main di Liga Indonesia, Ikhsan Fandi Menyusul?

Apakah Ikhsan Fandi akan menyusul jejak sang ayah?

Irwan Febri Rialdi

Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)
Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)

Bolatimes.com - Kompetisi sepak bola di Indonesia menjadi panggung tersendiri bagi pesepak bola asal Singapura.

Sebab, tercatat ada sejumlah pesepak bola asal Singapura yang pernah singgah dan menjadi bintang baru di Liga Indonesia.

Beberapa di antaranya bahkan mampu meraih gelar juara dan sukses mendapatkan tempat di hati suporter klubnya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pemain Singapura yang pernah meniti kariernya di Liga Indonesia.

1. Noh Alam Shah

Mantan striker timnas Singapura, Noh Alam Shah, juga pernah melebarkan sayapnya di kompetisi sepak bola Indonesia.

Saat bermain bersama Arema Indonesia pada 2009-2011, Noh Alam Shah sukses mempersembahkan gelar juara Liga Indonesia 2009.

Selain itu, Noh Alam Shah juga tercatat pernah memperkuat Persib Bandung pada tahun 2012 dan PSS Sleman pada 2013.

2. Mustafic Fakhrudin

Gelandang kelahiran Yugoslavia, Mustafic Fakhrudin, menjadi salah satu pemain timnas Singapura yang pernah singgah ke Indonesia.

Pada tahun 2010, dia datang bersama Baihakki Khaizan untuk memperkuat Persija Jakarta (2009-2010). Setelah itu, ia bergeser ke Persela Lamongan (2010-2011).

3. Baihakki Khaizan

Bagi publik pencinta sepak bola Indonesia, nama Baihakki Khaizan sudah tak asing lagi. Sebab, pemain asal Singapura ini memiliki kiprah yang apik di Indonesia.

Selama berkarier di Indonesia, Baihakki pernah bermain untuk Persija Jakarta (2009-2010), Persib Bandung (2010-2011), dan Medan Chiefs (2011-2012).

4. Muhammad Ridhuan

Selain Noh Alam Shah, pemain andalan timnas Singapura yang pernah bersinar bersama Arema Indonesia ialah Muhammad Ridhuan.

Saat Noh Alam Shah pindah ke Persib, Ridhuan tetap setia bersama Arema Indonesia hingga 2010. Bahkan, ia sempat memperkuat Arema Indonesia versi IPL (2011-2012).

Setahun berselang, dia masih tetap setia bersama Arema Cronus, tapi akhirnya memperkuat Persisam Putra Samarinda pada 2013.

5. Agu Casmir

Penyerang naturalisasi timnas Singapura, Agu Casmir, juga pernah memilih untuk singgah di kompetisi sepak bola Indonesia.

Salah satu klub yang pernah menggunakan jasa pemain asal Nigeria ini adalah Persija Jakarta pada tahun 2010.

Selain Persija Jakarta, pemain yang sukses mempersembahkan gelar Piala Tiger 2004 itu juga pernah bermain untuk Persebaya pada 2014.

6. Khairul Amri

Salah satu pemain legenda timnas Singapura, Khairul Amri, sempat singgah di Indonesia untuk memperkuat Persiba Balikpapan pada tahun 2010.

Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Amri memang dikenal sebagai petualang di Asia Tenggara. Sebab, ia juga sempat singgah di Malaysia untuk memperkuat Felda United.

7. Fandi Ahmad

Ketika kompetisi sepak bola Indonesia masih terbagi menjadi Perserikatan dan Galatama, ada pemain sepak bola asal Singapura yang cukup terkenal saat itu, yakni Fandi Ahmad.

Fandi Ahmad merupakan legenda sepak bola Singapura yang sempat bermain bersama klub besar di Galatama, Niac Mitra.

Namun, ia hanya setahun bermain bersama Niac Mitra, karena semusim berikutnya dia direkrut klub asal Belanda, FC Groningen.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini