7 Pemain Singapura yang Pernah Main di Liga Indonesia, Ikhsan Fandi Menyusul?

Apakah Ikhsan Fandi akan menyusul jejak sang ayah?

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 07 April 2022 | 20:00 WIB
Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)

Profil Baihakki Khaizan, eks pemain Timnas Singapura. (Instagram/@i.am.baihakki)

Bolatimes.com - Kompetisi sepak bola di Indonesia menjadi panggung tersendiri bagi pesepak bola asal Singapura.

Sebab, tercatat ada sejumlah pesepak bola asal Singapura yang pernah singgah dan menjadi bintang baru di Liga Indonesia.

Beberapa di antaranya bahkan mampu meraih gelar juara dan sukses mendapatkan tempat di hati suporter klubnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Punya Pengaruh Besar di Balik Performa Apik Singapura

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pemain Singapura yang pernah meniti kariernya di Liga Indonesia.

1. Noh Alam Shah

Mantan striker timnas Singapura, Noh Alam Shah, juga pernah melebarkan sayapnya di kompetisi sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Ahsan The Daddies Tetap Puasa saat Tanding di Korea Open 2022

Saat bermain bersama Arema Indonesia pada 2009-2011, Noh Alam Shah sukses mempersembahkan gelar juara Liga Indonesia 2009.

Selain itu, Noh Alam Shah juga tercatat pernah memperkuat Persib Bandung pada tahun 2012 dan PSS Sleman pada 2013.

2. Mustafic Fakhrudin

Baca Juga: Bayern Munchen Dipecundangi Villarreal, Thomas Muller Siap Balas Dendam

Gelandang kelahiran Yugoslavia, Mustafic Fakhrudin, menjadi salah satu pemain timnas Singapura yang pernah singgah ke Indonesia.

Pada tahun 2010, dia datang bersama Baihakki Khaizan untuk memperkuat Persija Jakarta (2009-2010). Setelah itu, ia bergeser ke Persela Lamongan (2010-2011).

3. Baihakki Khaizan

Baca Juga: Amunisi Baru, Persebaya Surabaya Gaet Jebolan Garuda Select Andre Oktaviansyah

Bagi publik pencinta sepak bola Indonesia, nama Baihakki Khaizan sudah tak asing lagi. Sebab, pemain asal Singapura ini memiliki kiprah yang apik di Indonesia.

Selama berkarier di Indonesia, Baihakki pernah bermain untuk Persija Jakarta (2009-2010), Persib Bandung (2010-2011), dan Medan Chiefs (2011-2012).

4. Muhammad Ridhuan

Selain Noh Alam Shah, pemain andalan timnas Singapura yang pernah bersinar bersama Arema Indonesia ialah Muhammad Ridhuan.

Saat Noh Alam Shah pindah ke Persib, Ridhuan tetap setia bersama Arema Indonesia hingga 2010. Bahkan, ia sempat memperkuat Arema Indonesia versi IPL (2011-2012).

Setahun berselang, dia masih tetap setia bersama Arema Cronus, tapi akhirnya memperkuat Persisam Putra Samarinda pada 2013.

5. Agu Casmir

Penyerang naturalisasi timnas Singapura, Agu Casmir, juga pernah memilih untuk singgah di kompetisi sepak bola Indonesia.

Salah satu klub yang pernah menggunakan jasa pemain asal Nigeria ini adalah Persija Jakarta pada tahun 2010.

Selain Persija Jakarta, pemain yang sukses mempersembahkan gelar Piala Tiger 2004 itu juga pernah bermain untuk Persebaya pada 2014.

6. Khairul Amri

Salah satu pemain legenda timnas Singapura, Khairul Amri, sempat singgah di Indonesia untuk memperkuat Persiba Balikpapan pada tahun 2010.

Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Amri memang dikenal sebagai petualang di Asia Tenggara. Sebab, ia juga sempat singgah di Malaysia untuk memperkuat Felda United.

7. Fandi Ahmad

Ketika kompetisi sepak bola Indonesia masih terbagi menjadi Perserikatan dan Galatama, ada pemain sepak bola asal Singapura yang cukup terkenal saat itu, yakni Fandi Ahmad.

Fandi Ahmad merupakan legenda sepak bola Singapura yang sempat bermain bersama klub besar di Galatama, Niac Mitra.

Namun, ia hanya setahun bermain bersama Niac Mitra, karena semusim berikutnya dia direkrut klub asal Belanda, FC Groningen.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak