Profil Evan Soumilena, Mesin Gol Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022

Penampilan Evan Soumilena di Piala AFF Futsal 2022 sangat mengesankan, terutama dalam laga melawan Malaysia kemarin

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 05 April 2022 | 13:27 WIB
Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Holypaul Septinus Soumilena alias Evan Soumilena (10) usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Evan Soumilena menjadi salah satu penggawa timnas futsal Indonesia yang sukses bersinar pada ajang Piala AFF Futsal 2022.

Sebab, pada dua pertandingan awal babak penyisihan Grup A Piala AFF Futsal 2022, Evan Soumilena menjadi sosok mesin gol timnas Futsal Indonesia.

Evan Soumilena sukses menjaringkan dua gol ke gawang Brunei Darussalam saat Indonesia menang 12-0. Ia juga mencatat dua gol ketika menghadapi Malaysia pada laga kedua Grup A.

Baca Juga: Kompak, Momen Timnas Sepak Bola dan Futsal Indonesia Bantai Malaysia di Piala AFF

Sejauh ini, Evan sudah menjaringkan total empat gol dari dua pertandingannya bersama timnas futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

Evan Soumilena memang menjadi salah satu nama penting dari total 14 nama yang dipanggil oleh pelatih timnas futsal Indonesia, Mohammad Hashemzadeh. Sebab, ia jadi satu-satunya pemain yang berposisi sebagai pivot. 

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Evan Soumilena, mesin gol timnas futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

Baca Juga: Pelatih Thailand Waspadai Kekuatan Fisik Pemain Timnas Futsal Indonesia

Evan Soumilena sebetulnya bukanlah nama baru di dunia futsal Indonesia. Sebab, rekam jejaknya di Pro Futsal League sudah cukup panjang.

Pemain yang akrab dengan posisi pivot ini sudah bermain untuk Black Steel Manokwari pada tahun 2017. Bersama klub itu, ia terus menampilkan perkembangan positif.

Salah satu prestasi terbaru pemain yang memiliki nama lengkap Holypaul Septinus Soumilena ini ialah mempersembahkan gelar Pro Futsal League 2020.

Baca Juga: Evan Dimas dan Nurhidayat Haji Haris Dirumorkan Gabung Arema FC

Bahkan, pemain berusia 26 tahun itu juga sukses menyabet gelar sebagai pemain terbaik Pro Futsal League 2020.

Dengan keberhasilan ini, Evan menjadi pemain kedua asal Papua yang sukses meraih prestasi serupa setelah Ardiansyah Runtuboy.

Sebagai informasi, Evan Soumilena saat ini juga berstatus sebagai anggota kepolisian aktif di Papua. Namun, kiprahnya di dunia futsal memang melejit selama beberapa tahun terakhir ini.

Baca Juga: Hasil Hari Pertama Korea Open 2022: Ginting Tumbang, 5 Wakil Indonesia ke 16 Besar

Performa impresif Evan di gelaran Pro Futsal League 2020 itu juga sempat akan membawanya bermain ke Liga Thailand.

Sebab, ia berencana dipinang oleh klub asal Thailand, Royal Thai Navy FC dengan status pinjaman beserta dua kompatriotnya di Black Steel, yakni Ardiansyah Nur dan Albagir.

Di Indonesia, Evan menjadi sosok juru gedor yang sangat diwaspadai oleh lawan-lawan yang akan menghadapi Black Steel Manokwari.

Sebab, di posisi pivot, pergerakannya cukup cair. Keunggulannya ialah tajam di depan gawang. Itulah mengapa, Evan dianggap sebagai jelmaan striker asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

Sejauh ini, torehan empat gol Evan Soumilena di babak penyisihan Grup A Piala AFF Futsal 2022 membawanya menduduki peringkat ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak.

Dia duduk bersama kapten timnas futsal Thailand, Kritsada Wongkaeo. Evan hanya terpaut satu gol dari pemain Thailand, Peerapat Kaewwilai, yang berada di urutan kedua.

Sementara itu, Mohammad Osamanmusa, pemain timnas Thailand, berada kokoh di puncak daftar top skor dan unggul dua gol dari Evan.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak