Bolaindonesia

Kisah Lee Woon-jae, Rekan Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan yang Jadi Mualaf

Lee Woon-jae merupakan kiper legendaris Korea Selatan.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Aksi Lee Woon-Jae ketika membela Timnas Korsel di Piala Dunia 2002. Ia berhadapan dengan bintang Turki, Hasan Sukur. (AFP)
Aksi Lee Woon-Jae ketika membela Timnas Korsel di Piala Dunia 2002. Ia berhadapan dengan bintang Turki, Hasan Sukur. (AFP)

Bolatimes.com - Sosok Lee Woon-jae mungkin asing bagi pecinta sepak bola era kini. Namun, namanya pernah melambung ketika Piala Dunia 2002 silam.

Lee Woon-jae merupakan kiper legendaris timnas Korea Selatan (Korsel). Tercatat ia pernah mengawal gawang tim berjuluk Taeguk Warriors ini dalam empat kali ajang Piala Dunia pada tahun 1994, 2002, 2006, dan 2010.

Nah, paling fenomenal adalah ketika timnas Korsel mampu lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2002. Ia juga diingat saat menepis penalti pemain Spanyol bernama Joaquin Sanchez.

Sayangnya Korsel sendiri kalah dari Jerman pada babak semifinal. Mereka juga gagal meraih perebutan juara ketiga karena tumbang dari Turki.

Namun, momen Korsel lolos ke semifinal Piala Dunia 2002 itu tetap mencengangkan banyak pihak. Salah satunya berkat performa apik sang kiper, Lee Woon-jae.

Kiper legendaris Korea Sellatan, Lee Woon-Jae. (AFP)
Kiper legendaris Korea Sellatan, Lee Woon-Jae. (AFP)

Menariknya selang dua tahun Piala Dunia 2002, Lee Woon-jae ternyata jadi mualag. Ia masuk Islam pada 2004.

Sejak menjadi mualaf, Lee Woon-jae menjalankan shalat dan puasa di bulan Ramadan. Lee Woon-jae telah mengenal agama Islam sejak tahun 2004.

Meski begitu, dilansir dari islamicmovement.org, Lee Woon-jae tidak langsung mengumumkan kepada publik karena Korea Selatan diyakini tidak mengedepankan agama dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu dirinya tidak mengekspos identitas dirinya menjadi seorang mualaf.

Sementara itu, dalam kariernya dulu, ternyata Lee Woon-jae merupakan kiper yang merupakan rekan setim pelatih timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong.

Pasalnya baik Shin Tae-yong atau Lee Woon-jae sama-sama pernah membela timnas Korea Selatan dalam periode yang sama.

Pelatih timnas Indonesia ini menjalani debut di timnas Korea Selatan pada 1992. Sedangkan Lee Woon-jae pada 1994 silam.

Kandidat pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. [ROMAN KRUCHININ / AFP]
Kandidat pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. [ROMAN KRUCHININ / AFP]

Menurut data dari Transfermarkt, meski melakukan debut lebih dulu, total caps Shin Tae-yong lebih sedikit dari Lee Woon-jae.

Tercatat Shin Tae-yong punya 23 caps di timnas senior. Sedangkan Lee Woon-jae mengemas 131 pertandingan internasional.

Terlepas dari itu, kiper legendaris Korsel ini akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2012. Lee Woon-jae terakhir kali bermain di Jeonnam Dragons.

Berita Terkait

Berita Terkini