3 Alasan PSIS Semarang Jadi Kandidat Kuat Juara Liga 1 2022/2023

PSIS Semarang tampaknya sudah siap membidik gelar juara di Liga 1 2022/2023

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 02 April 2022 | 20:00 WIB
PSIS Semarang memperkenalkan Taisei Marukawa dan Carlos Fortes. (Dok. PSIS)

PSIS Semarang memperkenalkan Taisei Marukawa dan Carlos Fortes. (Dok. PSIS)

Bolatimes.com - Berikut ini tiga alasan mengapa PSIS Semarang akan menjadi kandidat kuat juara Liga 1 di musim 2022/2023 mendatang.

Gelaran Liga 1 musim 2021/2022 resmi usai pada Kamis (31/3). Dalam gelaran musim ini, Bali United keluar sebagai pemenang.

Selain itu, gelaran Liga 1 musim ini menghadirkan kejutan di mana dua tim tradisional yang biasa ada di kasta teratas, yakni Persela Lamongan dan Persipura Jayapura harus terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

Baca Juga: Eduardo Almeida Resmi Perpanjang Kontrak di Arema FC hingga 2024

Baik Persela dan Persipura dipastikan terdegradasi bersama Persiraja Banda Aceh usai menempati tiga peringkat terbawah dari 18 klub yang ada.

Berakhirnya gelaran Liga 1 musim ini pun membuat beberapa tim mulai melakukan evaluasi dan berbenah untuk menyambut Liga 1 musim depan.

Dari sekian banyak tim yang akan berpartisipasi di Liga 1 musim depan, ada PSIS Semarang yang langsung tancap gas dengan membenahi skuat.

Baca Juga: So Sweet, Alfeandra Dewangga Resmi Lamar Vivi Novika

Gebrakan yang dilakukan PSIS ini terbilang jitu, di mana tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar ini baru saja mendatangkan Taisei Marukawa dan Carlos Fortes.

Kedua pemain ini didatangkan sesaat setelah Liga 1 musim 2021/2022 berakhir. Baik Taisei dan Fortes sendiri punya nama besar dengan status sebagai pemain terbaik musim ini dan top skor kedua liga.

Kedatangan keduanya pun membuat banyak pihak meyakini bahwa PSIS bisa saja menjadi kandidat kuat juara musim depan.

Baca Juga: 5 Bintang Eropa yang Ucapkan Selamat Ramadhan, Pogba hingga Mohamed Salah

Apalagi jika menilik tiga alasan berikut ini.

1. Mendatangkan Pemain Berkelas

Datangnya Taisei Marukawa dan Carlos Fortes sehari setelah Liga 1 musim 2021/2022 usai menjadi sinyal bahwa PSIS tak main-main dalam menyambut musim depan.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Hasil Drawing Piala Dunia 2022, Ada Bau-bau Politik

Selain itu, kedua pemain ini dianggap hanya awalan saja, mengingat PSIS masih akan melakukan evaluasi terhadap para pemain asingnya.

Sejauh ini baru Flavio Beck Jr dan Chevaughn Walsh yang ditendang. Nantinya beberapa pemain diyakini akan menyusul.

Dengan kata lain, PSIS akan mendatangkan amunisi asing lainnya yang tak kalah berkualitas, jika melihat pergerakannya yang berhasil mendatangkan Taisei Marukawa dan Carlos Fortes.

2. Manajemen yang Kuat

Salah satu kunci keberhasilan sebuah tim dalam sepak bola tak hanya dari banyaknya pemain bintang di tubuh skuat, melainkan juga manajemen yang kuat.

Sejauh ini, PSIS telah membuktikan diri sebagai salah satu tim dengan manajemen yang mumpuni, di bawah arahan sang CEO, Yoyok Sukawi.

Bukti kesolidan dan mumpuninya manajemen PSIS terlihat dari pengembangan sektor pemain muda yang melahirkan dua penggawa Timnas Indonesia, Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga.

Dalam urusan transfer pun, manajemen PSIS tak asal-asalan. Datangnya Taisei Marukawa dan Carlos Fortes menjadi bukti keseriusan manajemen agar tak cuma jadi penggembira di Liga 1 musim depan.

Dan terakhir yang paling penting adalah soal infrastruktur, di mana manajemen PSIS mengutamakan aspek ini agar menjadi klub yang lebih profesional.

3. Infrastruktur

Bila dibandingkan tim Liga 1 lainnya, nampaknya hanya PSIS yang gencar melakukan pembangunan fasilitas untuk tim.

Masuknya Junianto selaku pemilik Wahyu Agung Group yang merupakan pemilik saham PSIS membuat tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar ini menggeber infrastruktur agar menjadi tim profesional.

Infrastruktur itu berupa tempat latihan atau Training Center bagi para pemain dan juga kantor megah untuk manajemen tim.

Selain itu, PSIS juga tak melupakan orientasinya melahirkan bakat muda, dengan mengembangkan akademinya yang ditunjang dengan komplek latihan mumpuni.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak