Profil Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia

Mohammad Hashemzadeh ditunjuk menggantikan Kensuke Takahashi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 30 Maret 2022 | 14:30 WIB
Mohammad Hashemzadeh, pelatih baru Timnas Futsal Indonesia. (Twitter/@MortezaAhmadi87)

Mohammad Hashemzadeh, pelatih baru Timnas Futsal Indonesia. (Twitter/@MortezaAhmadi87)

Bolatimes.com - Mengenal Mohammad Hashemzadeh, pelatih baru Timnas Futsal Indonesia yang menggantikan Kensuke Takahashi.

Timnas Futsal Indonesia akhirnya memiliki pelatih baru sebagai  pengganti Kensuke Takahashi, dengan merekrut pelatih asal Iran itu sebagai juru taktik anyar.

Mohammad Hashemzadeh tiba di Indonesia pada Senin (28/3) dini hari WIB, di mana ia langsung dihadapkan pada agenda Timnas Futsal Indonesia.

Baca Juga: Mohamed Salah Diserang Laser Gagal Bawa Mesir ke Piala Dunia 2022, Netizen Semprot Wasit

Agenda tersebut adalah Piala AFF Futsal 2022 yang akan berlangsung pada 2 hingga 30 April mendatang di Thailand.

Para penggawa Timnas Futsal Indonesia sendiri telah berangkat ke Bangkok usai menjalani pemusatan latihan di Surabaya beberapa waktu lalu.

Hashemzadeh sendiri langsung mengusung target tinggi dalam tugas pertamanya sebagai pelatih tim nasional Futsal Indonesia.

Baca Juga: Ranking FIFA Terbaru: Posisi Timnas Indonesia Naik Meski Tak Lakoni Laga Internasional

Diketahui, pria berusia 45 tahun ini mengusung target agar tim nasional Futsal Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Asia Futsal 2022.

Salah satunya dengan meraih prestasi di AFF Futsal Championship 2022 Thailand, di mana tiga tim teratas nantinya akan otomatis lolos ke Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait.

Meski terkesan singkat dan baru akan tiba di Indonesia, Hashemzadeh tetap optimis bisa membawa tim Indonesia meraih prestasi di ajang futsal Asia Tenggara itu.

Baca Juga: Marcus Gideon Operasi Kaki, Minions Absen Dua Turnamen Bulu Tangkis di Asia

Lantas, siapakah sosok Mohammad Hashemzadeh tersebut?

Mohammad Hashemzadeh, pelatih baru Timnas Futsal Indonesia. (Dok. FFI)
Mohammad Hashemzadeh, pelatih baru Timnas Futsal Indonesia. (Dok. FFI)

Mohammad Hashemzadeh, Legenda Futsal Iran

Mohammad Hashemzadeh merupakan seorang legenda futsal Iran yang lahir pada 27 Januari 1977 silam di Abadan, Iran.

Baca Juga: Remas Alat Vital Bintang Singapura Berdarah Indonesia, Pemain Filipina Jadi Bulan-bulanan

Sebelum menekuni olahraga Futsal, Hashemzadeh sendiri sempat menggeluti dunia sepak bola, di mana ia bermain untuk Dena Shiraz FC dan Sanaye Electronic FC.

Kariernya di dunia Futsal sendiri dimulai semasa bermain, di mana ia berposisi Flank. Tercatat, Hashemzadeh banyak membela tim-tim Futsal di Iran sejak pertama kali berkarier pada 1998.

Selama berkarier sebagai pemain, Hashemzadeh telah merengkuh empat gelar liga Futsal Iran, yakni bersama Tam Irankho, Foolad Mahan Isfahan sebanyak dua kali, dan Giti Pasand.

Tak hanya gelar di kancah domestik, Hashemzadeh juga mampu meraih titel kontinental dengan menjuarai Piala AFC Futsal Antarklub pada 2009 bersama Foolad Mahan.

Karier cemerlangnya sebagai pemain pun membawanya ke tim nasional Futsal Iran, di mana ia tampil sebanyak 115 laga dan mencetak 50 gol.

Ia juga berhasil membawa Iran finis di posisi lima besar Piala Dunia Futsal pada 2008 silam, sebelum akhirnya pensiun pada 2010 dari tim nasional.

Sedangkan di level klub, Hashemzadeh memutuskan pensiun pada 2013 dengan klub terakhir yang ia bela adalah Giti Pasand FC.

Usai gantung sepatu, Hashemzadeh terjun ke dunia kepelatihan di kancah Futsal, di mana ia memulai karier sebagai asisten pelatih.

Usai naik sebagai pelatih utama, Hashemzadeh mampu membawa Giti Pasand menjuarai liga di musim 2016-2017.

Prestasi itu lantas membawa Hashemzadeh ke tim nasional Iran, di mana ia mampu membuat timnya sebagai salah satu yang terbaik di Asia dan dunia.

Di kancah Asia, Hashemzadeh mampu membawa Iran menjuarai Piala Asia Futsal, yakni di 2016 dan 2018 usai hanya menjadi Runner Up di 2014.

Lalu di kancah Piala Dunia Futsal, Hashemzadeh mampu membawa Iran finis di peringkat ketiga. Sebuah catatan yang apik ketimbang saat dirinya bermain.

Kini, Hashemzadeh akan menunjukkan sentuhan emasnya dengan membawa tim nasional Futsal Indonesia berprestasi, tak hanya di Asia Tenggara, melainkan juga di kancah Asia.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak