Bolaindonesia

Ranking FIFA Terbaru: Posisi Timnas Indonesia Naik Meski Tak Lakoni Laga Internasional

Timnas Indonesia diam-diam naik satu peringkat.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)
Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)

Bolatimes.com - Lonjakan peringkat Timnas Indonesia dalam tabel ranking FIFA terjadi pada edisi Maret 2022, meskipun dalam edisi tersebut  tidak melakoni FIFA Matchday.

Timnas Indonesia senior diketahui memang tidak memiliki agenda FIFA Matchday pada Maret 2022, hal ini tak lepas dari permintaan Shin Tae-yong.

Selaku pelatih timnas Indonesia yang menangani beberapa kelompok tim, Shin Tae-yong mengaku ingin fokus memimpin pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia.

Pemusatan latihan timnas U-19 itu digelar di Korea Selatan, merupakan persiapan untuk berlaga di ajang bergengsi dunia, yakni Piala Dunia U-20 2023.

Meski begitu, posisi timnas Indonesia senior justru mengalami kenaikan peringkat jika dilihat dari laman Football-Ranking.com.

Posisi Skuat Garuda naik satu tangga, yang sebelumnya berada di peringkat 160 kini menduduki peringkat ke-159, bukan tanpa alasan bisa terjadi demikian.

Hal ini dikarenakan Kaledonia Utara, salah satu negara asal Zona Oceania (OFC) yang mengalami kemerosotan peringkat secara drastis.

Pada Februari 2022, Kaledonia Utara menempati posisi ke-153, namun setelah menelan tiga kekalahan beruntun mereka kini bertengger di peringkat ke-160.

Rentetan kekalahan itu dialami Kaledonia Utara sepanjang menjalani FIFA Matchday Maret 2022, kalah dari Fiji (1-2), dibekuk Papua Nugini (0-1) dan dihajar Selandia Baru (1-7).

Namun kenaikan peringkat tak hanya dialami Indonesia, sebagai salah satu negara Asia Tenggara, Vietnam mengejutkan dunia setelah menahan imbang Jepang.

Dalam laga penutup Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Vietnam yang bertandang ke Saitama Stadium tampil mengejutkan usai bermain imbang 1-1 dan bahkan sempat unggul lebih dulu.

Sementara itu, Thailand juga naik satu tingkat yang sebelumnya mengisi peringkat 112, kini berada di posisi ke-111 setelah memetik dua kemenangan atas Nepal dan Suriname.

Kenaikan peringkat tanpa bertanding juga dialami Myanmar, yang semula berada di peringkat 152 dan kini bertengger di peringkat 151.

Singapura berhasil menduduki satu tangga di atas peringkat Indonesia setelah mengalami kenaikan tiga tangga dari posisi ke-161.

Kemenangan atas Malaysia dan Filipina membuat Singapura sukses menempati peringkat terbarunya itu, meskipun Harimau Malaysia memiliki ranking yang masih lebih baik.

Peringkat Malaysia tak beranjak meski menelan kekalahan dari Singapura, mereka masih berada empat tangga di atas The Lions dengan menempati peringkat ke-154.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini