Jauh dari Dunia Sepak Bola, Deretan Bintang Pesepak Bola Indonesia yang Alih Profesi usai Pensiun

Alih-alih jadi pelatih, deretan mantan bintang sepak bola Indonesia ini menekuni profesi yang jauh dari sepak bola.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 16 Maret 2022 | 17:00 WIB
Wahyu Wijiastanto (net/Galih)

Wahyu Wijiastanto (net/Galih)

Bolatimes.com - Lazimnya seorang pesepak bola, bila mereka pensiun, mereka akan beralih profesi. Menjadi seorang pelatih adalah jembatan tepat yang juga umum dilakukan.

Di Indonesia, ada banyak juga mantan pemain yang menjadi pelatih. Tapi tahukah Anda, ada pelbagai jenis profesi yang mereka jalani usai tak lagi menjadi atlet.

Ada yang menjadi pegawai kantoran, pengusaha, dan ada yang menjadi pengemudi ojek online. Berikut Bolatimes rangkum lima nama eks pemain nasional yang alih profesi usai pensiun.

Baca Juga: Daftar Pembalap Indonesia yang Pernah Berlaga di MotoGP, Terkini Ada Mario Suryo Aji

1. Anang Ma'ruf

Anang Ma'ruf tenar sebagai legenda Timnas Indonesia. Eks Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan Deltras Sidoarjo ini selalu masuk skuat Garuda di era 1995-2000. Selama lima tahun masa baktinya bersama skuat Garuda, ia sudah menyumbang 28 kali caps.

Setelah pensiun, Anang sempat menjajal dunia investasi di Bali. Sial buat dirinya, ia tertipu dan membuat ekonominya merosot.

Baca Juga: Detik-detik Marc Marquez Burnout Gegerkan Parade MotoGP, Ditegur Netizen

Diketahui, pada 2015, Anang sempat menjadi pengemudi ojek online. Namun, kabar terakhir yang didapat, Anang kini menjadi staf bidang olahraga du Pemkot Surabaya.

2. Ilham Jaya Kesuma

Ilham Jaya Kesuma (Instagram/Galih)
Ilham Jaya Kesuma (Instagram/Galih)

Ilham adalah penyerang mengerikan di edisi Piala Tiger [nama yang dulu digunakan untuk penyebutan Piala AFF]. Dua kali mentas, ia pernah menjadi pencetak gol terbanyak.

Baca Juga: Digelar 24 Juli, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 Bikin Ajang Lari dengan Konsep Peduli Lingkungan

Tak hanya di level klub, Ilham juga adalah legenda hidup Persita. Selama 10 musim, ia mencetak 92 gol.

Selepas pensiun dari dunia sepak bola, Ilham melanjutkan profesi menjadi PNS di Pemkab Tangerang. Ia kini ditempatkan di Dinas Cipta Karya.

3. Wahyu Wijiastanto

Baca Juga: Waduh! Keok di Liga Champions, Man United Bakal Hancurkan Old Trafford?

Ada yang masih ingat dengan Wahyu Wijiastanto? Pemain yang identik dengan tubuh gempal dan jangkung ini adalah andalan Timnas Indonesia pada 2011.

Namun, kariernya di sepak bola Indonesia tak lama. Sebab, usai tak lagi menjadi pesepak bola, ia banting stir menjadi peternak lele di Karanganyar.

4. Zaenal Arif

Kendati mengawali karier sepak bola di Bandung dan pernah membela Persib, karier Zaenal justru bersinar di Persita.

Pada musim 2006-2009, namanya melambung usai mencetak 44 gol dari 48 penampilan bersama Pendekar Cisadane. Alhasil, dirinya menjadi legenda klub yang kini bermarkas di Indomilk Arena itu.

Selepas pensiun pada 2014, Zaenal menjadi PNS. Kini, ia mengabdi untuk Pemkot Bandung.

(Kontributor: Kusuma Alan)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak