Diinginkan Sandy Walsh, Inilah Deretan Pemain Legendaris yang Pernah Pakai Nomor 5

Sandy Walsh ingin mengenakan nomor punggung lima di Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 16 Maret 2022 | 06:54 WIB
Sandy Walsh membantu KV Mechelen menang dramatis di Liga Belgia. (Instagram/@sandywalsh)

Sandy Walsh membantu KV Mechelen menang dramatis di Liga Belgia. (Instagram/@sandywalsh)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Sandy Walsh, berhasrat mengenakan nomor 5 jika kelak membela timnas Indonesia. Hal itu ia sampaikan saat menyambangi markas Kedutaan Besar Indonesia di Brussel, Belgia.

Sandy Walsh mengaku bahwa nomor 5 ialah nomor keberuntungan baginya di sepak bola. Meski begitu, ia tak menampik jika harus harus menggunakan nomor lain seperti nomor 14.

"Jika saya bisa dapat nomor 5, dengan senang hati saya terima. Ya betul, itu nomor keberuntungan saya," kata Sandy mengutip dari kanal Youtube Embassy of Indonesia Brussels, Selasa (15/3).

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Singkirkan Ajax, Benfica ke Perempatfinal Liga Champions

"Nomor 14 juga bagus, tapi saya suka nomor 5," tegas Sandy lagi.

Nomor punggung 5 sendiri di timnas Indonesia saat ini digunakan oleh Rizky Ridho, bek Persebaya Surabaya.

Nomor 5 sendiri faktanya sempat dikenakan oleh sejumlah pemain kawakan seperti Maman Abdurahman, Yanto Basna serta legenda timnas Indonesia di era 80-an.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Kalah 0-1, Manchester United Disingkirkan Atletico Madrid di Old Trafford

Berikut 3 legenda timnas Indonesia yang pernah kenakan nomor punggung 5:

Ronny Pattinasarany

Nama pertama yang layak dikedepankan sebagai pemilik nomor 5 di timnas Indonesia ialah legenda Ronny Pattinasarany. Dari catatan transfermarkt, Ronny mengenakan nomor ini di era 1981-82.

Baca Juga: Borneo FC Kandaskan Persiraja 2-1, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Pemain kelahiran Makassar, Sulsel ini mengawali kariernya di tim junior PSM pada era 60-an. Saat Ronny membela timnas Indonesia, kekuatan tim Garuda begitu ditakuti di kancah internasional.

Era 70 hingga 80-an, timnas Indonesia dianggap sebagai raksaa Asia dan Ronny Pattinasarany adalah salah satu pemain yang ditakuti kubu lawan. Ronny tercatat 31 kali membela timnas Indonesia.

Kariernya sebagai pemain berakhir di klub Warna Agung. Setelah itu ia juga dikenal sebagai pelatih yang cukup sukses di Liga Indonesia. Ronny meninggal dunia pada 19 September 2008 akibat kanker hati.

Baca Juga: Persita Imbangi Persik Kediri 1-1, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Herry Kiswanto

Selanjutnya ada nama libero kelahiran Banda Aceh, Herry Kiswanto. Herry kenakan nomor punggung 5 di timnas Indonesia juga pada era 80-an.

Berposisi sebagai libero, Herry Kiswanto dikenal sebagai pemain bersih. Terbukti sepanjang kariernya ia hanya mengoleksi satu kartu kuning saja.

Karier Herry di sepak bola dimulai saat membela klub Pardedetex Medan. Setelah itu ia menjadi bagian dari sejumlah Galatama seperti Krama Yudha Tiga Berlian hingga Bandung Raya.

Herry Kiswanto membela timnas Indonesia dari 1981 hingga 1986 dan torehkan 3 gol dari 40 pertandingan. Saat ini nama Herry juga dikenal sebagai sosok pelatih bertangan dingin. Ia pernah melatih klub seperti Persija, PSIS, PSS hingga Persiraja Banda Aceh.

Warta Kusuma

Terakhir ada nama pesepak bola asli Betawi. Sempat melatih klub Bekasi, Persipasi, Warta Kusuma tercatat kenakan nomor 5 di timnas Indonesia pada 1985-1986.

Warta Kusuma ialah bagian dari timnas Indonesia saat Ajang Pra Piala Dunia 1986. Di tim Merah Putih, Warta Kusuma satu angkatan dengan pemain sekaliber Herry Kiswanto, Ristomoyo, Marzuki Nyakmad dan Zulkarnain Lubis.

Setelah pensiun dari timnas, Warta selain sempat melatih Persipasi juga sempat melatih klub Persika Karawang pada 2016.

(Suara.com/Galih Prasetyo)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak