Bolaindonesia

Ketum PSSI Benarkan Marc Klok akan Bela Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Klok akan mulai bisa membela Timnas Indonesia pada April 2022

Irwan Febri Rialdi

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan saat melakukan pertemuan virtual dengan pimpinan suporter (dok. PSSI)
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan saat melakukan pertemuan virtual dengan pimpinan suporter (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, membenarkan bahwa gelandang Persib Marc Klok akan menjadi salah satu pemain senior dalam tim nasional U-23 putra yang berlaga di SEA Games 2021.

“Marc Klok sudah dihubungi oleh pelatih Shin Tae-yong. Insyaallah kami mempersiapkannya untuk SEA Games,” ujar Iriawan di Jakarta, Senin.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melanjutkan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sebenarnya sudah tertarik sejak lama dengan Marc Klok.

Akan tetapi, Klok yang pada tahun 2020 dinaturalisasi dari Belanda belum bisa memperkuat skuad “Garuda” di kompetisi atau pertandingan AFC maupun FIFA.

Pesepak bola berusia 28 tahun belum memenuhi syarat kewarganegaraan yang ditetapkan FIFA karena tidak memiliki garis keturunan dari negara barunya, dalam hal ini Indonesia.

Namun, menurut PSSI, Klok memenuhi syarat lima tahun berada di Indonesia pada April 2022 sehingga bisa memperkuat timnas U-23 pada SEA Games 2021 yang berlangsung pada Mei 2022.

“Kan, harus menunggu lima tahun. Jadi April ini sudah selesai,” kata Iriawan.

Cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 di Vietnam memang belum menetapkan regulasi baku terkait kelompok umur dan berapa pemain senior yang bisa berpartisipasi.

Akan tetapi, kabar beredar menyatakan bahwa skuad yang berlaga di cabang olahraga sepak bola putra SEA Games ke-31 tersebut adalah timnas U-23 dengan tambahan tiga pemain senior atau berumur di atas 23 tahun.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini