Jumlah Wasit FIFA di ASEAN, Indonesia di Bawah Malaysia dan Thailand

Indonesia masih kalah dari negara-negara tetangga soal jumlah wasit FIFA

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 08 Maret 2022 | 14:22 WIB
Nurhadi dan Thoriq Alkatiri. (Dok. PSSI)

Nurhadi dan Thoriq Alkatiri. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Wasit berstandar FIFA atau punya lisensi dari Federasi Sepak Bola Seluruh Dunia bisa menjadi salah satu tolok ukur dari majunya olahraga bola sepak di suatu negara.

Begitu pun di Asia Tenggara, dari laporan The ASEAN Football, jumlah wasit berlisensi FIFA di wilayah ini ternyata sudah cukup banyak.

Namun menilik dari persebarannya, Indonesia tidak masuk ke dalam daftar negara dengan jumlah wasit FIFA paling banyak di Asia Tenggara.

Baca Juga: Sudah 4 Laga Tak Dampingi PSIS, Ke Mana Dragan Djukanovic?

Lantas, seperti apa persebaran wasit FIFA di Asia Tenggara? Berikut penjelasannya

1. Thailand

Thailand menjadi contoh dari negara Asia Tenggara yang mampu membuat olahraga sepak bola maju. Mereka kini menjadi negara dengan wasit FIFA terbanyak, yaitu berjumlah 9 wasit.

Baca Juga: Keuntungan Real Madrid Lawan PSG Menurut Carlo Ancelotti

Bahkan 3 dari total wasit FIFA itu merupakan wanita. Thailand juga memiliki 11 asisten wasit berstandar FIFA dengan 8 wasit pria dan 3 wanita.

Tak hanya itu, ada 3 ofisia wasit VAR di Thailand. Ini menjadikan mereka sebagai negara ASEAN yang memiliki wasit VAR bersama Singapura.

2. Myanmar

Baca Juga: Profil Lerby Eliandry, Pahlawan Kemenangan Bali United atas Persija Jakarta

Jika menilik prestasi atau kemampuan di atas kertas, Indonesia memang lebih unggul dibandingkan Myanmar. Namun, Myanmar mampu berbenah salah satunya meningkatkan kualitas wasit.

Mereka kini menjadi negara ASEAN kedua dengan wasit FIFA terbanyak, yaitu 7 wasit dan 9 asisten wasit. Ada 6 wanita di antara jumlah total wasit dan asisten wasit itu,

3. Vietnam

Baca Juga: Shayne Pattynama Cetak Dua Gol untuk Viking FK Jelang Bergulirnya Liga Norwegia 2022

Secara mengejutkan Vietnam ada di bawah Myanmar dalam urusan jumlah wasit FIFA. Vietnam memiliki 6 wasit FIFA dan 10 asisten wasit.

4. Malaysia

Di urutan keempat ada Malaysia yang memiliki 6 wasit FIFA dan 9 asisten wasit.

5. Singapura

Di urutan kelima ada Singapura yang memiliki 6 wasit berlisensi FIFA dan 7 asisten wasit. Singapura juga punya 1 ofisial wasit VAR.

6. Indonesia

Indonesia menempati posisi keenam negara ASEAN dengan wasit FIFA terbanyak. Total hanya ada 5 wasit berstandar FIFA di Tanah Air dan 7 asisten wasit FIFA.

Hingga saat ini Indonesia yang disebut-sebut punya liga paling besar di ASEAN, belum memiliki wasit VAR. Bahkan teknologi ini masih sebatas wacana.

7. Kamboja: 4 wasit, 6 asisten

8. Laos: 4 wasit, 6 asisten

9. Filipina: 4 wasit, 6 asisten

10. Brunei: 2 wasit, 5 asisten

11. Timor Leste: 1 wasit, 1 asisten

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak