4 Pertandingan 'Kontroversial' Farmel FC di Liga 3, Wasitnya Selalu Jadi Sorotan

Terbaru, Farmel FC disorot dalam pertandingan lawan Persikota. Prilly Latuconsina sampai 'geleng-geleng'.

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 07 Maret 2022 | 14:58 WIB
Klub Liga 3, Farmel FC. (Instagram/@farmelfc)

Klub Liga 3, Farmel FC. (Instagram/@farmelfc)

Bolatimes.com - Pertandingan babak 16 Besar Liga 3 2021 antara Farmel FC melawan Persikota Tangerang menjadi sorotan publik karena kepemimpinan wasitnya yang kontroversial.

Wasit yang memimpin laga Farmel FC melawan Persikota Tangerang mengambil sejumlah keputusan yang dinilai janggal oleh publik.

Salah satunya, wasit memberikan hadiah penalti kepada Farmel FC. Keputusan ini sempat diprotes keras oleh para pemain Persikota Tangerang.

Baca Juga: Ralf Rangnick Bohong, Ronaldo Absen saat Lawan Man City Bukan karena Cedera

Selain itu, asisten wasit juga sempat mengangkat bendera tanda pemain Persikota berada dalam posisi offside. Padahal, dari tayangan ulang, pemain tersebut posisinya onside.

Sejumlah keputusan janggal yang diambil oleh wasit ini membuat Persikota Tangerang enggan melanjutkan pertandingan pada menit ke-60.

Dengan demikian, ini menjadi laga keempat Farmel FC yang diwarnai kericuhan serta kepemimpinan wasit yang kontroversial.

Baca Juga: 3 Alasan Bali United akan Juara Liga 1 2021/2022

Selain laga melawan Persikota Tangerang, berikut tiga pertandingan Farmel FC di Liga 3 2021 yang berakhir kontroversial karena kepemimpinan wasit.

1. Farmel FC vs Bandung United

Duel antara Bandung United vs Farmel FC pada pertandingan babak 32 besar Grup X Putaran Nasional Liga 3 2021 juga tak terlepas dari skandal.

Baca Juga: 3 Alasan Harry Maguire Harus Dicadangkan Manchester United

Laga yang berlangsung di Stadion Jala Krida ALL, Surabaya, itu diwarnai sejumlah protes kepada wasit, Andri Novendra.

Sebab, Andri Novendra memberikan empat kartu merah kepada Bandung United. Bahkan, saking kesalnya dengan wasit, Bandung United membiarkan gawangnya dibobol oleh Farmel FC.

Pada akhir pertandingan, wasit sempat melarikan diri dan mencari perlindungan dari pihak keamanan karena sempat didatangi oleh tim pelatih dan ofisial Bandung United.

Baca Juga: Juara MotoGP Qatar 2022 Enea Bastianini Ternyata Pakai Helm Buatan Indonesia

2. Farmel FC vs NZR Sumbersari

Laga antara Farmel FC melawan NZR Sumbersari FC pada laga Grup B Putaran Nasional Liga 3 2021 berakhir dengan kericuhan.

Aksi kerusuhan yang sempat viral di media sosial ini dipantik oleh gol Farmel FC yang dicetak Abdillah Shafa Andika lewat titik putih.

Kepemimpinan wasit Kevin Keegan Jarona pada laga ini juga menjadi penyebab meletupnya kericuhan. Bahkan, sejumlah pemain dan ofisial kampiun Liga 3 2021 zona Jawa Timur itu sempat mengeroyok wasit serta dua asistennya.

Menurut NZR Sumbersari, wasit keliru mengambil sejumlah keputusan. Salah satunya yakni penalti yang diberikan kepada Farmel FC pada menit-menit akhir pertandingan.

3. Farmel FC vs PSBL Langsa

Pertandingan babak 32 Besar Putaran Nasional Liga 3 2021 antara Farmel FC versus PSBL Langsa juga diwarnai keputusan janggal dari wasit.

Laga yang berakhir dengan skor 4-1 itu, dua gol di antaranya tercipta lewat titik putih. Kekalahan dari Farmel FC ini menuai kritik dari pelatih PSBL Langsa, Azhar.

Dia mengatakan, kekalahan PSBL Langsa pada pertandingan ini tak terlepas dari kepemimpinan wasit yang buruk. 

“Terima kasih mafia, terima kasih oknum. Kalian mengajarkan anak-anak pesepak bola Aceh untuk tak percaya lagi dengan sepak bola Indonesia, tulisnya di Instagram.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak