Bolaindonesia

Turun Tangan, Menpora Siap Bantu Proses Naturalisasi 3 Nama yang Diajukan PSSI

Ketiga pemain itu ditargetkan bisa membela Timnas Indonesia di Kualiikasi Piala Asia 2023

Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha

Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali , turun tangan untuk membantu mempercepat proses naturalisasi pemain keturunan agar bisa segera membela timnas Indonesia.

Proses naturalisasi pemain keturunan dianggap harus segera dipercepat mengingat Kualifikasi Piala Asia 2023 sudah di depan mata.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal, pada ajang yang akan berlangsung dari 8-14 Juni mendatang.

Menpora Zainudin Amali berjanji akan membantu proses percepatan naturalisasi kendati dia menekankan bahwa pengerjaanya harus dilakukan dengan teliti agar tidak terjadi kendala di kemudian hari. Jika semua dokumen sudah lengkap proses baru bisa dilakukan.

PSSI saat ini tengah melakukan proses naturalisasi terhadap tiga pemain keturunan agar bisa memperkuat skuad Garuda. Mereka ialah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Saat ini baru berkas Sandy dan Jordi yang sudah masuk ke Kemenpora, sedang Pattynama masih dalam proses pengumpulan dokumen yang dilakukan oleh PSSI.

Saat semua dokumen nantinya terkumpul, Menpora Zainudin Amali berjanji akan membantu mempercepat prosesnya. Saat ini ia tak memungkiri kalau proses di Kemenpora sangat detail.

"Administrasi tinggal kami lengkapi dan kami, kan sudah rakor dengan ketum PSSI, begitu selesai administrasinya langsung diproses," kata Zainudin Amali di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (2/3/2022).

“Kami harus hati-hati betul jangan sampai sudah dinaturalisasi tak bisa main. Jadi kami sudah kebut. Begitu masuk di pemerintah saya instruksikan jajaran di Kemenpora agar membantu sesegera mungkin,” samnbungnya.

Usai dari Kemenpora, proses naturalisasi pemain keturunan akan dilanjutkan ke Kemenkumham. Nantinya di Kemenkumham akan dicek latar belakang para pemain tersebut, soal kemungkinan hal-hal di luar ranah sepakbolanya.

"Intinya, pasti kita percepat targetnya. Itu saja secepat mungkin," pungkasnya.

Selain tiga nama di atas, PSSI tak menutup kemungkinan untuk menaturalisasi beberapa pemain keturunan lain, termasuk kiper Sampdoria, Emil Audero.

Berita Terkait

Berita Terkini