Profil Riki dan Riku Matsuda, Si Kembar Keturunan Jepang Tertarik Bela Timnas Indonesia

Riki dan Riku Matsuda tertarik gabung Skuad Garuda.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 01 Maret 2022 | 17:15 WIB
Riki dan Riku Matsuda. (Instagram/@riki_matsuda_official)

Riki dan Riku Matsuda. (Instagram/@riki_matsuda_official)

Bolatimes.com - Profil dua pemain keturunan Indonesia yang berkiprah di Jepang, Riki Matsuda dan Riku Matsuda. Mereka menunjukkan minatnya untuk membela Timnas Indonesia.

Saat ini, Timnas Indonesia tengah mempersiapkan diri dengan intens untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dimulai pada Juni mendatang.

Persiapan secara intens ini dilakukan mengingat Timnas Indonesia tergabung dalam grup yang terbilang berat, yakni grup A bersama Yordania, Kuwait dan Nepal.

Baca Juga: Jelang Derby Indonesia, Berikut 3 Kemenangan Terbesar Persib atas Persija

Apalagi laga grup A nantinya akan dilaksanakan di Kuwait yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kualifikasi oleh AFC.

Karenanya, Timnas Indonesia pun mulai melakukan pergerakan untuk mempersiapkan diri. Salah satunya dengan memanggil para pemain keturunan.

Sejauh ini nama Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi nama yang digadang-gadang akan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti.

Baca Juga: Nasib Buruk Timnas Rusia, Dicoret FIFA hingga Gagal ke Piala Dunia 2022

Selain itu, ada nama Shayne Pattynama pula yang telah mengajukan dokumen dan kesediaannya untuk membela tim Merah Putih di kancah internasional.

Tak hanya tiga nama itu, PSSI dan Shin Tae-yong bersinergi untuk mencari pemain keturunan lainnya yang bisa diajak untuk membela Timnas Indonesia.

Hanya saja, sejauh ini PSSI dan Shin Tae-yong melupakan dua nama pemain keturunan yang kini tercatat berkiprah di Liga Jepang atau J-League.

Baca Juga: 3 Kemenangan Terbesar Persija atas Persib, Pesta Gol Tanpa Balas

Dua pemain itu adalah si kembar Riki dan Riku Matsuda. Keduanya bahkan dari jauh-jauh hari telah menyatakan minatnya untuk membela panji Merah Putih.

Riki dan Riku Matsuda. (Instagram/@riki_matsuda_official)
Riki dan Riku Matsuda. (Instagram/@riki_matsuda_official)

Lantas, siapakah sosok si kembar Riki dan Riku Matsuda ini? Bagaimana rekam jejak keduanya?

Profil Riki dan Riku Matsuda

Baca Juga: Jejak Emil Audero Mulyadi Buka Peluang untuk Timnas Indonesia Ketimbang Timnas Italia

Riki dan Riku Matsuda merupakan dua pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Jepang. Darah Tanah Air yang mengalir dalam darah keduanya didapat dari sang ayah yang merupakan WNI.

Riki dan Riku Matsuda lahir pada 24 Juli 1991 di Osaka, Jepang. Keduanya sama-sama berusia 30 tahun dan punya perjalanan karier yang berbeda serta memainkan posisi yang berbeda.

Riki sendiri bermain sebagai penyerang, sedangkan Riku berperan sebagai bek sayap kanan dan juga bisa beroperasi sebagai gelandang kanan.

Karier keduanya pun terbilang jauh. Sebagai catatan, Riki lebih banyak berkiprah di tim J2 League dengan total 155 penampilan.

Bahkan, saat ini Riki tercatat bermain di kasta ketiga atau J3 League bersama Ehime FC usai dilepas Cerezo Osaka pada Januari lalu.

Sedangkan Riku punya karier lebih mentereng. Tercatat kembaran Riki ini telah lama membela Cerezo Osaka sejak 2016 hingga saat ini.

Meski lahir dan tumbuh besar di Jepang, baik Riki dan Riku sama sekali belum pernah berseragam tim Samurai Biru di kancah internasional.

Mengingat adanya darah Indonesia dalam diri keduanya, Riki dan Riku pun mengakui bahwa keduanya ingin membela panji Merah Putih.

Baik Riki dan Riku mengaku siap jika Shin Tae-yong membutuhkan jasa mereka dan memanggil mereka, terutama guna mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti.

Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda baik dari Shin Tae-yong dan PSSI untuk mendatangkan kedua pemain ini guna membela Timnas Indonesia kelak.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB
Tampilkan lebih banyak