5 Pemain Berdarah Jawa di Eropa yang Bisa Bela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Siapa saja pemain berdarah Jawa di Eropa yang bisa bela Timnas Indonesia? Berikut ulasannya.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 27 Februari 2022 | 18:00 WIB
Darren Sidoel. [@darren.sidoel /Instagram]

Darren Sidoel. [@darren.sidoel /Instagram]

Bolatimes.com - Sejumlah pesepak bola yang kini berkarier di luar negeri ternyata memiliki garis keturunan Jawa dan berpeluang memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Garis keturunan Jawa yang dimiliki pemain-pemain ini bisa menjadi salah satu syarat administratif untuk mendapatkan status sebagai WNI demi memperkuat timnas Indonesia.

Setidaknya, ada lima pesepak bola keturunan Jawa yang kini tengah berkarier di luar negeri. Pemain-pemain ini masih memiliki peluang untuk tampil di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Rans Cilegon FC Siap Perkenalkan Pemain Top Dunia, Raffi Ahmad Janji Umumkan Besok

Berikut lima pemain sepak bola Indonesia keturunan Jawa yang berkarier di luar negeri dan memiliki peluang memperkuat timnas Indonesia.

1. Sandy Walsh

Sandy Walsh membantu KV Mechelen menang dramatis di Liga Belgia. (Instagram/@sandywalsh)
Sandy Walsh membantu KV Mechelen menang dramatis di Liga Belgia. (Instagram/@sandywalsh)

Sandy Walsh merupakan salah satu nama pemain keturunan Indonesia berdarah Jawa yang saat ini tengah menunggu proses mendapatkan status WNI.

Baca Juga: Video Rodri Sentuh Bola di Kota Penalti tapi Tak Handball, Man City pun Menang

Pemain yang berkarier untuk KV Mechelen di Liga Belgia itu saat ini tinggal menantikan proses administrasi untuk memperkuat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kabarnya, garis keturunan Jawa yang dimiliki oleh Sandy Walsh berasal dari ibunya yang bernama Brigitta Portier. Ibunya mendapatkan garis itu dari kakek-neneknya.

2. Jim Croque

Baca Juga: Deretan Pemain Bintang Yordania yang Berpotensi Sulitkan Timnas Indonesia

Striker keturunan Indonesia, Jim Croque. (Instagram/vitesseacademie)
Striker keturunan Indonesia, Jim Croque. (Instagram/vitesseacademie)

Pesepak bola muda yang saat ini berkarier bersama tim muda Vitesse, Jim Croque, juga dikabarkan memiliki keturunan Jawa. Garis itu didapat dari ayahnya.

Belum lama ini, penyerang berusia 17 tahun tersebut dinobatkan sebagai Talent of The Month akademi Vitesse berkat performa gemilangnya.

Sebelumnya, Jim pernah menyatakan ketertarikannya untuk memperkuat timnas Indonesia apabila mendapat undangan dari PSSI.

Baca Juga: Egy Maulana dan Witan Sulaeman Duet, FK Senica Petik Kemenangan di Liga Slovakia

Hal itu diungkapkan pemain kelahiran 5 Juli 2004 itu ketika menjalani sesi wawancara di kanal YouTube miliki Yussa Nugraha.

3. Darren Sidoel

Darren Sidoel. (Instagram/@darren.sidoel).
Darren Sidoel. (Instagram/@darren.sidoel).

Darren Sidoel merupakan pemain sepak bola kelahiran Den Haag, Belanda. Saat ini, dia tengah meniti kariernya di Liga India bersama SC East Bengal.

Sepanjang kariernya, gelandang berusia 23 tahun ini telah melalang buana bersama sejumlah klub Eropa.

Setidaknya, dia pernah berkarier di Belanda, Inggris, Belgia, Spanyol, hingga Bulgaria. India menjadi pelabuhan terbarunya.

Pemain alumnus akademi Ajax Amsterdam ini kabarnya memiliki keturunan Jawa dari ayahnya. Meskipun demikian, Sidoel saat ini berstatus sebagai warga negara Belanda.

Ketika berusia muda, Sidoel juga pernah menjadi bagian dari tim nasional Belanda, mulai dari U-15, U-16, U-17, hingga U-18.

4. Ivan Jenner

Dari ayah kandungnya, pemain muda yang saat ini menimba ilmu bersama FC Utrecht U-16, Ivan Jenner, mendapatkan garis keturunan Jawa.

Tak hanya itu, Ivan Jenner sempat menegaskan bahwa kewarganegaraan utamanya adalah Indonesia. Hal itu tampak dari bendera merah putih yang tercantum dalam profil akun Instagram-nya.

Saat ini, Ivan masih menimba ilmu bersama akademi klub asal Belanda, FC Utrecht, dan mulai dekat dengan pesepak bola muda Indonesia yang juga meniti karier di sana, Amiruddin Bagus Kahfi.

5. Robin Soeradhiningrat

Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman. (Twitter/@FT_IDN)
Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman. (Twitter/@FT_IDN)

Sekilas, nama Robin Soeradhiningrat jelas memiliki nuansa Jawa. Saat ini, Robin tengah berkompetisi di Divisi 5 Liga Jerman.

Menariknya, Transfermarkt menyebut bahwa pemain yang tercatat lahir pada 28 Desember 2001 ini memiliki kewarganegaraan Jerman dan Vietnam.

Namun, sebetulnya Robin lahir dari kedua orang tua warga negara Indonesia (WNI) yang kini telah menetap di Jerman. Bisa jadi, status Robin di Transfermarkt itu diragukan kebenarannya.

Pesepak bola berusia 20 tahun ini posisi bermainnya ialah sebagai penjaga gawang. Saat ini, dia berstatus sebagai pemain FC Germania Egestorf/Langreder.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak