Bolaindonesia

Deretan Pemain Indonesia yang Berkarier di Liga Jepang, Terbaru Pratama Arhan

Ada sejumlah pemain Indonesia yang sempat mencicipi atmosfer Liga Jepang.

Husna Rahmayunita

Pratama Arhan. (Instagram/@pratamaarhan)
Pratama Arhan. (Instagram/@pratamaarhan)

Bolatimes.com - Pratama Arhan dikabarkan resmi bergabung Tokyo Verdy. Berikut deretan pemain Indonesia yang pernah berkarier di Liga Jepang (J-League).

Pratama Arhan resmi melanjutkan kariernya di Jepang bersama klub kasta kedua, Tokyo Verdy. Kabar ini sendiri diumumkan oleh PSIS Semarang, klub yang membesarkan namanya.

Dalam unggahan di media sosial Instagram, PSIS menyatakan resmi melepas bek kiri berusia 20 tahun itu ke Tokyo Verdy dengan status bebas transfer.

PSIS melalui CEO nya, Yoyok Sukawi, menyebutkan tak adanya biaya transfer untuk kepindahannya merupakan komitmen dari Laskar Mahesa Jenar yang ingin pemainnya berkarier di luar negeri.

Kabar bergabungnya Pratama Arhan ke salah satu klub Jepang pun membuat banyak penikmat sepak bola Tanah Air bangga bukan kepalang.

Pasalnya, liga Jepang dicap sebagai salah satu liga terbaik di Asia dan dihuni oleh beragam bintang sepak bola dunia, seperti Andres Iniesta di Vissel Kobe.

Selain itu, Pratama Arhan bergabung dengan klub yang terbilang kaya sejarah di Jepang. Sebagai informasi, Tokyo Verdy merupakan salah satu klub tertua di negeri Sakura.

Tokyo Verdy juga dicap sebagai raksasa Jepang karena berhasil meraih beragam prestasi di kancah domestik dan juga kancah Asia.

Hadirnya Pratama Arhan di Liga Jepang membuat daftar pemain Indonesia yang pernah berkarier di negeri Sakura kian bertambah.

Kira-kira, siapa saja pemain Indonesia yang pernah mencicipi atmosfer Liga Jepang sebelum Pratama Arhan?

1.  Ricky Yacobi

Ricky Yakobi saat bermain bola di Senayan, Jakarta. HO/Lody Hutabarat
Ricky Yakobi saat bermain bola di Senayan, Jakarta. HO/Lody Hutabarat

Ricky Yacobi merupakan pemain pertama Indonesia yang mencicipi Liga Jepang. Pria yang telah meninggal dunia pada 2020 lalu itu bermain di negeri Sakura kala bergabung Matsushita Electric FC atau yang kini dikenal sebagai Gamba Osaka pada 1988.

Ricky Yacobi dipinang oleh Matsushita Electric FC karena keberhasilannya membawa Arseto Solo menjuarai Galatama pada 1987.

Sayangnya, karier Ricky Yacobi terbilang singkat di Jepang. Hal ini tak lepas dari kesulitannya beradaptasi dengan iklim di negeri matahari terbit itu.

2. Irfan Bachdim

Irfan Bachdim menjalani latihan perdana bersama Ventforet Kofu. (Dok. Ventforet)
Irfan Bachdim menjalani latihan perdana bersama Ventforet Kofu. (Dok. Ventforet)

Irfan Bachdim juga pernah mencicipi karier di Liga Jepang. Sama dengan Pratama Arhan, pemain yang sempat membela Bali United itu bermain di kasta kedua saat direkrut Ventforet Kofu pada 2014.

Namun, di Ventforet Kofu Irfan Bachdim tak mencatatkan satu penampilan pun. Lantas, dirinya dipinang oleh Consadole Sapporo pada 2015.

Di Consadole Sapporo, Irfan Bachdim berhasil menjadi pemain utama dan berhasil mencatatkan 95 penampilan dengan mencetak 12 gol.

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly (@stefanolilipaly/Instagram)
Stefano Lilipaly (@stefanolilipaly/Instagram)

Pemain Indonesia lainnya yang berkiprah di Jepang adalah Stefano Lilipaly. Ia berkarier di negeri Sakura sesaat sebelum dinaturalisasi oleh tim Merah Putih.

Pemain yang kini membela Bali United itu bermain di Jepang bersama Consadole Sapporo pada 2014. Hanya saja, di klub tersebut ia bermain sebanyak dua kali saja.

Setelahnya, Lilipaly kembali ke Belanda dan membela Telstar. Dua musim setelahnya, ia datang ke Indonesia dan bergabung Bali United.

(Kontributor: Zulfikar Pamungkas)

Berita Terkait

Berita Terkini