Deretan Pemain Indonesia yang Berkarier di Liga Jepang, Terbaru Pratama Arhan

Ada sejumlah pemain Indonesia yang sempat mencicipi atmosfer Liga Jepang.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Rabu, 16 Februari 2022 | 15:40 WIB
Pratama Arhan. (Instagram/@pratamaarhan)

Pratama Arhan. (Instagram/@pratamaarhan)

Bolatimes.com - Pratama Arhan dikabarkan resmi bergabung Tokyo Verdy. Berikut deretan pemain Indonesia yang pernah berkarier di Liga Jepang (J-League).

Pratama Arhan resmi melanjutkan kariernya di Jepang bersama klub kasta kedua, Tokyo Verdy. Kabar ini sendiri diumumkan oleh PSIS Semarang, klub yang membesarkan namanya.

Dalam unggahan di media sosial Instagram, PSIS menyatakan resmi melepas bek kiri berusia 20 tahun itu ke Tokyo Verdy dengan status bebas transfer.

Baca Juga: Profil Hideki Nagai, Pelatih Tokyo Verdy Klub Baru Pratama Arhan

PSIS melalui CEO nya, Yoyok Sukawi, menyebutkan tak adanya biaya transfer untuk kepindahannya merupakan komitmen dari Laskar Mahesa Jenar yang ingin pemainnya berkarier di luar negeri.

Kabar bergabungnya Pratama Arhan ke salah satu klub Jepang pun membuat banyak penikmat sepak bola Tanah Air bangga bukan kepalang.

Pasalnya, liga Jepang dicap sebagai salah satu liga terbaik di Asia dan dihuni oleh beragam bintang sepak bola dunia, seperti Andres Iniesta di Vissel Kobe.

Baca Juga: Profil Tokyo Verdy, Klub Anyar Pratama Arhan yang Sempat Jadi Bintang Asia

Selain itu, Pratama Arhan bergabung dengan klub yang terbilang kaya sejarah di Jepang. Sebagai informasi, Tokyo Verdy merupakan salah satu klub tertua di negeri Sakura.

Tokyo Verdy juga dicap sebagai raksasa Jepang karena berhasil meraih beragam prestasi di kancah domestik dan juga kancah Asia.

Hadirnya Pratama Arhan di Liga Jepang membuat daftar pemain Indonesia yang pernah berkarier di negeri Sakura kian bertambah.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Malam Ini: Inter Milan vs Liverpool, RB Salzburg vs Bayern Munich

Kira-kira, siapa saja pemain Indonesia yang pernah mencicipi atmosfer Liga Jepang sebelum Pratama Arhan?

1.  Ricky Yacobi

Ricky Yakobi saat bermain bola di Senayan, Jakarta. HO/Lody Hutabarat
Ricky Yakobi saat bermain bola di Senayan, Jakarta. HO/Lody Hutabarat

Ricky Yacobi merupakan pemain pertama Indonesia yang mencicipi Liga Jepang. Pria yang telah meninggal dunia pada 2020 lalu itu bermain di negeri Sakura kala bergabung Matsushita Electric FC atau yang kini dikenal sebagai Gamba Osaka pada 1988.

Baca Juga: Berapa Sih Harga Satu Unit Motor MotoGP?

Ricky Yacobi dipinang oleh Matsushita Electric FC karena keberhasilannya membawa Arseto Solo menjuarai Galatama pada 1987.

Sayangnya, karier Ricky Yacobi terbilang singkat di Jepang. Hal ini tak lepas dari kesulitannya beradaptasi dengan iklim di negeri matahari terbit itu.

2. Irfan Bachdim

Irfan Bachdim menjalani latihan perdana bersama Ventforet Kofu. (Dok. Ventforet)
Irfan Bachdim menjalani latihan perdana bersama Ventforet Kofu. (Dok. Ventforet)

Irfan Bachdim juga pernah mencicipi karier di Liga Jepang. Sama dengan Pratama Arhan, pemain yang sempat membela Bali United itu bermain di kasta kedua saat direkrut Ventforet Kofu pada 2014.

Namun, di Ventforet Kofu Irfan Bachdim tak mencatatkan satu penampilan pun. Lantas, dirinya dipinang oleh Consadole Sapporo pada 2015.

Di Consadole Sapporo, Irfan Bachdim berhasil menjadi pemain utama dan berhasil mencatatkan 95 penampilan dengan mencetak 12 gol.

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly (@stefanolilipaly/Instagram)
Stefano Lilipaly (@stefanolilipaly/Instagram)

Pemain Indonesia lainnya yang berkiprah di Jepang adalah Stefano Lilipaly. Ia berkarier di negeri Sakura sesaat sebelum dinaturalisasi oleh tim Merah Putih.

Pemain yang kini membela Bali United itu bermain di Jepang bersama Consadole Sapporo pada 2014. Hanya saja, di klub tersebut ia bermain sebanyak dua kali saja.

Setelahnya, Lilipaly kembali ke Belanda dan membela Telstar. Dua musim setelahnya, ia datang ke Indonesia dan bergabung Bali United.

(Kontributor: Zulfikar Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak