Jadi Debutan Termuda dalam Sejarah Timnas Indonesia, Ini Kata Kwateh

Ronaldo Kwateh kini jadi debutan termuda di Timnas Indonesia sepanjang sejarah.

Jum'at, 28 Januari 2022 | 19:05 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ronaldo Kwateh memecahkan rekor sebagai debutan termuda bersama Timnas Indonesia di level senior, saat melakoni laga uji coba internasional resmi FIFA Matchday kontra Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB.

Ronaldo kini jadi debutan termuda di Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Saat diturunkan di babak kedua oleh pelatih Shin Tae-yong sebagai pemain pengganti di laga semalam, Ronaldo berusia 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari.

Ronaldo mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam sejak 21 Maret 2017. Ketika itu, bek kanan Ansan Greeners itu berusia 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari.

Baca Juga: Belum Puas, Mees Hilgers Ingin Tunjukkan Kemampuan Lebih bersama FC Twente

Ronaldo sendiri mengaku senang bisa dipercaya Shin Tae-yong untuk turun bermain. Meski begitu, ia menjelaskan ada perasaan grogi di awal karena bermain di level berbeda.

"Puji Tuhan. Pertama saya sangat bersyukur kepada Tuhan dan terima kasih juga kepada coach Shin (Tae-yong) yang mempercayakan saya bisa bermain di timnas senior. Semoga saya bisa lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya," kata Ronaldo dalam rilis yang diterima Suara.com, Jumat (28/1/2022).

Striker Madura United, Ronaldo Kwateh. (HO/Maduraunitedfc.com)
Penyerang Madura United, Ronaldo Kwateh. (HO/Maduraunitedfc.com)

"Pasti ada rasa nervous (grogi) sedikit, tetapi perlahan nervous-nya semakin hilang. Semoga pertandingan selanjutnya tidak nervous lagi," sambung penyerang sayap yang juga telah bermain dua kali untuk Timnas Indonesia U-23 itu.

Baca Juga: PSG Bertabur Bintang, Kiper Real Madrid: Sepak Bola Itu Tim, Bukan Individu

Lebih lanjut, sang youngster mengaku tidak mengalami kesulitan dalam hal adaptasi dengan pemain lain yang lebih senior. Menurutnya, para senior yang ada di timnas membimbingnya dengan baik.

"Untuk adaptasi lumayan baik karena para senior saling support, sering beritahu saya untuk bisa lebih baik lagi. Harapan saya tidak boleh meremehkan Timor Leste, memperbaiki kesalahan kita kemarin. Semoga saya dan timnas bisa lebih baik lagi," ucap Ronaldo.

Adapun rekor Asnawi juga dipecahkan oleh pemain yang menjalani debut bersamaan dengan Ronaldo, yaitu Marselino Ferdinan. Pemain Persebaya itu debut bareng Timnas Senior Indonesia dalam usia 17 tahun, 4 bulan dan 18 hari.

Baca Juga: Persik Kediri Bungkam Bhayangkara FC, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Timnas Indonesia sendiri akan kembali melakoni pertandingan melawan Timor Leste di venue yang sama pada Minggu (30/1/2022) nanti, masih dalam rangkaian FIFA Matchday.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Jalani Proses Naturalisasi, pemain berusia 18 tahun, Jens Raven Diragukan Kualitasnya di Timnas Indonesia, ini alasannya.

bolaindonesia | 18:30 WIB

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB
Tampilkan lebih banyak