Bolaindonesia

Profil Filomeno Junior, Pemain Timor Leste yang Ingin Main di Persija

Filomeno Junior sering nonton pertandingan Liga Indonesia dan berharap suatu hari bisa bermain di Persija Jakarta

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timor Leste, Filomeno Junior saat konferensi pers jelang hadapi Timnas Indonesia (dok. PSSI)
Pemain Timor Leste, Filomeno Junior saat konferensi pers jelang hadapi Timnas Indonesia (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pernyataan unik dilontarkan oleh salah satu pemain Timor Leste, Filomeno Junior, jelang duel dengan Timnas Indonesia pada laga uji coba di FIFA Match Day.

Selain mengomentari partai yang dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis (27/1/2022) malam WIB itu, Junior juga menyebut intens menonton kompetisi sepak bola Indonesia.

Pemain berusia 23 tahun tersebut mengaku bahwa Liga Indonesia juga ditayangkan di Timor Leste dan dia menjadi salah satu orang yang sering menyaksikannya.

"Di Timor Leste ada siaran Liga Indonesia dan saya juga sering menontonnya. Liga Indonesia bagus dan penontonnya banyak, saya punya mimpi bisa bermain di sana," kata Filomeno pada sesi jumpa pers sebelum laga, Rabu (26/1).

Secara spesifik bahkan Filomeno menyebut Persija Jakarta sebagai tim favoritnya di Indonesia. Dia pun berharap suatu hari bisa memperkuat 'Macan Kemayoran'.

"Idola saya Persija. Semoga bisa main di Persija," ujar Filomeno.

Lantas, siapakah sosok Filomeno Junior yang punya impian bergabung dengan Persija Jakarta ini? Berikut ulasan profilnya.

Profil Filomeno Junior

Filomeno Junior merupakan sosok kelahiran 21 Juni 1998 di Timor Leste. Jadi, pada dasarnya dia lahir ketika Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia.

Seiring berkembangnya sepak bola di Timor Leste pasca memisahkan diri dari Indonesia, bakat-bakat pesepak bola di sana pun mulai bermunculan.

Sejak digulirkan kompetisi sepak bola profesional di Timor Leste pada 2016 dengan nama Liga Futebol Amadora, atmosfer sepak bola di sana pun semakin meriah.

Filomeno pun bergabung dengan salah satu klub di Timor Leste tidak lama setelah liga profesional digulirkan. Dia bergabung dengan SLB Laulara.

Meski belum pernah memberikan gelar juara buat timnya, Filomeno terbilang menjadi salah satu pemain terbaik di Timor Leste.

Buktinya sudah sejak tahun 2018 dia memperkuat Timnas Timor Leste. Menurut catatan Transfermarkt, Filomeno melakoni debut pertamanya buat Timor Leste pada Kualifikasi Piala AFF 2018 melawan Brunei.

Dia kemudian menjadi andalan Timor Leste pada Piala AFF 2018. Meski tak satu kalipun meraih kemenangan, Filomeno bermain penuh dalam 4 pertandingan di fase grup.

Dia juga menjadi bagian dari tim U-23 Timor Leste yang berlaga di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Saat itu Timor Leste dikalahkan China, UAE, dan Suriah.

Pertandingan teraktual yang dilakoni Filomeno Junior untuk Timor Leste adalah Piala AFF 2020. Timor Leste jadi bulan-bulanan Grup A dengan menelan kekalahan di 4 pertandingan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini