Rekor Pertemuan Indonesia vs Timor Leste, Skuat Garuda Unggul

Dari empat pertemuan terakhir, Indonesia tak pernah kalah dari Timor Leste.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 26 Januari 2022 | 14:25 WIB
Pemain timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kiri) menerima operan dibayangi pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pemain timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kiri) menerima operan dibayangi pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dalam hitungan hari akan kembali beraksi dengan menjalani FIFA Matchday melawan Timor Leste. Berikut rekor pertemuan di antara kedua negara.

Di FIFA Matchday awal tahun 2022 ini, Timnas Indonesia akan memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan ranking FIFA.

Sebelumnya, Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong dijadwalkan akan bersua Bangladesh dalam dua laga yang berlangsung di Bali.

Baca Juga: Rumahnya Dibobol Maling, Bek Man United Kini Sewa Eks Tentara Jadi Satpam

Hanya saja, duel ini urung terjadi karena satu dua alasan yang terkait dengan aturan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Kegagalan berhadapan dengan Bangladesh tak membuat Timnas Indonesia mundur dari FIFA Matchday. Skuat Garuda pun menemukan lawan tanding pada Timor Leste.

Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (tengah) menggiring bola dibayangi pemain timnas Timor Leste Joao Pedro Da Silva Freitas (kiri) dan Armindo Correia De Almeida dalam pertandingan penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (tengah) menggiring bola dibayangi pemain timnas Timor Leste Joao Pedro Da Silva Freitas (kiri) dan Armindo Correia De Almeida dalam pertandingan penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Saat ini, Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan untuk meningkatkan ranking FIFA. Pasalnya, kemenangan dalam FIFA Matchday ini akan membuat skuat Garuda naik ke pot 3 Drawing Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Akhirnya Bahas Ejekan ke Pemain Singapura yang Viral

Dengan naiknya Timnas Indonesia ke Pot 3, maka anak asuh Shin Tae-yong berpeluang berhadapan dengan lawan mudah dan berpotensi lolos ke Piala Asia tahun depan.

Untuk itu, kemenangan pun menjadi barang wajib bagi Timnas Indonesia jelang menghadapi Timor Leste pada tanggal 27 dan 30 Januari 2022 nanti.

Timnas Indonesia pun berpeluang besar kembali meraih kemenangan atas Timor Leste di dua laga nanti, apalagi jika melihat rekor pertemuan antara kedua negara.

Baca Juga: Tak Ikut Turnamen Toulon, Dirtek PSSI: Agenda Shin Tae-yong Padat Sekali

Berikut rekor pertemuan Timnas Indonesia dengan Timor Leste di berbagai ajang.

Setidaknya sudah empat kali Timnas Indonesia bersua Timor Leste di berbagai ajang. Uniknya, empat pertemuan ini terjadi di bulan November di tahun yang berbeda.

Dari empat pertemuan ini, Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan atas Timor Leste dengan perbedaan 14 gol berbanding 1 gol.

Baca Juga: 5 Bintang Sepak Bola Dunia yang Tak Mau Ditato, 3 Pemain Muslim

1. Indonesia 6 – 0 Timor Leste (21/11/2010)

Pertemuan pertama Timnas Indonesia dan Timor Leste tercatat pada 24 November 2010 di mana skuat Garuda mampu menghajar tetangganya itu dengan skor 6-0.

Enam gol Timnas Indonesia dicetak oleh dua gol Cristian Gonzales, dan masing-masing satu gol yang dicetak oleh Bambang Pamungkas, M.Ridwan, Oktovianus Maniani dan Yongki Ariwibowo.

2. Indonesia 1 – 0 Timor Leste (12/11/2012)

Dua tahun usai pertemuan perdananya, Timnas Indonesia kembali berhadapan dengan Timor Leste dalam sebuah laga uji coba. Laga ini sendiri dimenangi skuat Garuda dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol kemenangan yang dicetak Timnas Indonesia ke gawang Timor Leste dicetak oleh Bambang Pamungkas.

3. Indonesia 4 – 0 Timor Leste (11/11/2014)

Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
Pemain timnas Indonesia Sergio Van Dijk melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/11). ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Pesta gol Timnas Indonesia ke gawang Timor Leste kembali terjadi di bulan November. Kali ini terjadi pada tahun 2014, di mana skuat Garuda menang 4-0 atas tim berjuluk The Rising Sun itu.

Kemenangan besar ini didapat Timnas Indonesia di ajang uji coba. Adapun empat gol skuat Garuda ke gawang Timor Leste dicetak oleh Sergio van Dijk, Zulham Zamrun, Evan Dimas, dan Samsul Arif.

4. Indonesia 3 – 1 Timor Leste (13/11/2018)

Dua tahun usai kemenangan 4-0 itu, Timnas Indonesia kembali menggulung Timor Leste. Kali ini, The Rising Sun mampu mencetak gol dan tumbang dengan skor 3-1.

Kemenangan ini didapat di babak grup Piala AFF 2018. Adapun tiga gol Timnas Indonesia dicetak oleh Alfath Fathier, Stefano Lilipaly, Beto Goncalves.

Sedangkan satu gol Timor Leste, atau satu-satunya gol The Rising Sun ke gawang Timnas Indonesia hingga saat ini dicetak oleh Rufino Gama.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak