Bolaindonesia

Banyak Versi, Berapa Sebenarnya Usia Bintang Timor Leste Gali Freitas?

Percaya tidak kalau usia Gali Freitas masih 17 tahun?

Irwan Febri Rialdi

Bintang Timor Leste, Gali Freitas. (DOk. FFTL)
Bintang Timor Leste, Gali Freitas. (DOk. FFTL)

Bolatimes.com - Paulo Domingos Gali da Costa Freitas, atau yang akrab dengan nama Gali Freitas, masih belum berhenti menjadi perbincangan publik karena usianya yang kontroversial.

Setiap Gali Freitas tampil bersama timnas Timor Leste, salah satu kepastian yang sampai saat ini masih menjadi tanda tanya ialah usianya.

Sebab, Gali Freitas sempat tersandung kontroversi dalam kasus pencurian umur. Momen ini tepatnya terjadi pada ajang Piala AFF U-15 2019 di Thailand.

Saat itu, berdasarkan data yang tercantum dalam laman Transfermarkt, Gali Freitas disebut telah berusia 22 tahun.

Namun demikian, pihak timnas Timor Leste mengaku bahwa Gali Freitas masih berusia 15 tahun karena lahir pada 31 Desember 2004.

Salah satu dugaan yang dituduhkan kepada Freitas memang beralasan. Sebab, sang pemain tampil menonjol jika dibandingkan dengan pemain-pemain lain seusianya.

Saat Timor Leste U-15 berjumpa Filipina U-15, misalnya, mereka sukses menang dengan skor 7-1. Dari seluruh gol itu, empat di antaranya dicetak oleh Freitas.

Aksi itu menuai perhatian dari publik. Bahkan, mereka berbondong-bondong untuk mencari tahu siapa sebenarnya sosok Galo Freitas ini.

Dari titik ini, kejanggalan mulai terungkap. Dari laman resmi AFF, Gali Freitas disebut berusia 22 tahun. Wajah, potongan rambut, dan postur tubuhnya antara Freitas di Piala AFF U-15 dan U-19 sama persis.

Bahkan, fakta lainnya yang terungkap adalah Freitas pernah memperkuat Timor Leste U-19 di Piala AFF U-19 2018.

Kontroversi ini sempat menjadi perhatian serius dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). Mereka melakukan investigasi soal tuduhan pencurian umur yang dilakukan oleh Timor Leste.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen dan rekam jejak medis, Gali Freitas dinyatakan bebas dari tuduhan pencurian umur tersebut.

“Komite Disiplin dan Etika Ad Hoc AFF memutuskan protes yang diajukan Myanmar dan Singapura tidak berdasar dan dibubarkan,” tulis pernyataan resmi AFF saat itu.

“Pemain bernama Paulo Domingos Gali da Costa Freitas (Jersey nomor 10) dari Timor LEste dianggap memenuhi syarat untuk mengikuti Piala AFF U-15 2019 sesuai dengan Pasal 5.1 Peraturan Turnamen.”

Masalah soal usia Gali Freitas tak hanya berhenti di situ saja. Sebab, dia seringkali tampil bersama timnas Timor Leste di berbagai ajang internasional.

Yang terbaru, ia menjadi salah satu nama dari 24 pemain yang diboyong Timor Leste untuk menghadapi ajang Piala AFF 2020.

Jika benar Gali Freitas lahir pada 31 Desember 2004, maka saat usianya masih sangat muda saat tampil di ajang Piala AFF 2020, yakni 17 tahun.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini