Bolaindonesia

5 Pemain yang Diprediksi Bakal Bombardir Gawang Timor Leste

Timor Leste diprediksi bakal jadi sasaran empuk pemain Timnas Indonesia untuk cetak gol.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan menjalankan FIFA Matchday dengan melawan Timor Leste. Berikut deretan pemain yang bisa menjadi mesin gol untuk skuat Garuda di laga ini.

Laga Indonesia vs Timor Leste dalam FIFA Matchday pada tanggal 27 dan 30 Januari 2022 mendatang. Adapun, semua pertandingan ini akan diselenggarakan di Bali.

Di atas kertas, skuat Garuda unggul atas tim berjuluk The Rising Sun tersebut. Keunggulan Timnas Indonesia bisa dilihat dari perbedaan ranking FIFA kedua negara, yakni 164 bagi tim Merah Putih dan 196 untuk Timor Leste.

Selain soal ranking FIFA, materi kedua tim bisa dikatakan juga memiliki perbedaan sangat jauh. Apalagi jika menilik hasil di Piala AFF 2020 lalu.

Di ajang itu,Timnas Indonesia mampu keluar sebagai juara grup B di atas Vietnam serta Malaysia dan berhasil mencapai final dengan catatan mengesankan.

Sedangkan Timor Leste harus menjadi pesakitan di Piala AFF 2020 dengan menjadi juru kunci grup A usai gagal meraih satupun kemenangan ataupun mencetak gol di ajang ini.

Memang nantinya Timnas Indonesia tak akan diperkuat beberapa bintangnya di Piala AFF 2020 yang tengah Abroad atau berkarier di luar negeri.

Tapi bukan berarti Shin Tae-yong ta memanggil para pemain terbaiknya. Total 27 pemain terbaik yang sebagian besar berkancah Liga 1 dipanggil untuk unjuk gigi pada laga FIFA Matchday melawan Timor Leste.

Jika menilik besarnya potensi kemenangan atas Timor Leste dan para pemain yang dipanggil, kira-kira siapa saja pemain yang bisa menjadi mesin gol Timnas Indonesia di laga ini? Berikut daftarnya.

1. Irfan Jaya

Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)
Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)

Irfan Jaya bisa saja menjadi mesin gol utama Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Timor Leste. Ketajamannya sendiri telah terlihat sejak gelaran Piala AFF 2020.

Di Piala AFF 2020, Irfan Jaya berhasil mencetak tiga gol dan hanya terpaut satu gol saja untuk bersaing sebagai top skor turnamen.

Pengalaman di Piala AFF 2020 tersebut bisa saja membantu pemain Bali United ini untuk menambah pundi-pundi golnya bersama Timnas Indonesia di laga melawan Timor Leste.

2. Evan Dimas

Evan Dimas dikenal sebagai salah satu gelandang produktif yang dimiliki Timnas Indonesia. Tak hanya soal membuat assist, ia juga andal dalam mencetak gol dari lini kedua.

Di ajang Piala AFF 2020 lalu, Evan Dimas berhasil menyumbangkan dua gol bagi Timnas Indonesia. Selain itu, kemampuannya mencari ruang dari lini kedua membuatnya kerap berada di posisi menguntungkan untuk mencetak gol.

Karenanya di laga melawan Timor Leste, gelandang milik Bhayangkara FC ini bisa menjadi mesin gol mumpuni untuk membantu Timnas Indonesia meraih kemenangan.

3. Ronaldo Kwateh

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Dari 27 pemain yang dipanggil, mungkin aksi Ronaldo Kwateh yang paling dinanti-nantikan oleh para pendukung Timnas Indonesia di laga melawan Timor Leste.

Penyerang yang baru berusia 17 tahun ini, dicap sebagai penyerang masa depan Timnas Indonesia. Hal ini tak lepas dari sumbangsihnya di level klub dan timnas kelompok umur.

Di timnas U-18, Ronaldo Kwateh mampu mencetak empat gol saat menjalani TC di Turki. Dengan pemanggilan ini, diyakini bahwa Shin Tae-yong melihat bakat pada sosok anak Roberto Kwateh itu.

4. Terens Puhiri

Terens Puhiri juga bisa menjadi salah satu sumber gol Timnas Indonesia saat melawan Timor Leste. Hal ini tak lepas dari kecepatan dan kinerjanya sebagai winger.

Pemanggilan ke Timnas Indonesia ini juga memberi motivasi berlebih untuk winger Borneo FC tersebut. Pasalnya, ini kali pertama dirinya dipanggil Shin Tae-yong ke skuat Garuda.

Dengan keinginan membuktikan diri di hadapan Shin Tae-yong, winger berusia 25 tahun ini siap menunjukkan aksinya, termasuk untuk mencetak gol.

5. Dedik Setiawan

Dedik Setiawan dan Shin Tae-yong. (Instagram/@shintaeyong7777)
Dedik Setiawan dan Shin Tae-yong. (Instagram/@shintaeyong7777)

Pembuktian tak hanya akan diberikan oleh Terens Puhiri saja. Masih ada nama Dedik Setiawan yang ingin membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu penyerang terbaik.

Dedik sempat mendapat kecaman sepanjang Piala AFF 2020 karena tak pernah mencetak gol kendati tampil sebanyak empat kali di ajang itu.

Karenanya, kecaman dan kritik ini akan menjadi motivasi baginya untuk membuktikan diri saat Timnas Indonesia bersua Timor Leste di FIFA Matchday nanti.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini