Bolaindonesia

Joko Susilo, Direktur Teknik Arema FC yang Kantongi Lisensi AFC Pro

Joko Susilo kembali menangani Arema FC.

Husna Rahmayunita

Joko Susilo bersama Bos Arema FC, Gilang Widya Pramana. (Instagram/@juragan99)
Joko Susilo bersama Bos Arema FC, Gilang Widya Pramana. (Instagram/@juragan99)

Bolatimes.com - Joko Susilo diangkat menjadi direktur teknik Arema FC. Pemilihan Joko Susilo ini diumumkan oleh Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, Kamis (20/1/2022).

Arema FC merekrut mantan pemainnya untuk menjabat sebagai direktur teknik akademi. Bukan tanpa sebab, Joko Susilo terpilih.

Penunjukkan tersebut diklaim sebagai salah satu langkah untuk mengembangkan Akademi Arema demi melahirkan pemain-pemain berkualitas yang dapat meningkatkan prestasi Singo Edan.

"Kami mengharapkan agar Akademi Arema menjadi salah satu wadah pabrikan pemain bola profesional serta mengembalikan Malang sebagai barometer pemain pemain sepak bola nasional," kata Gilang.

Gilang menambahkan, pihaknya akan menyusun sejumlah program untuk dapat mencapai tujuan berupa melahirkan pemain-pemain muda berkualitas dari Akademi Arema. 

"Kami mengajak para mantan pemain Arema yang memiliki pengalaman dan dedikasi tinggi kepada Singo Edan untuk kembali ke Arema FC, guna membantu menyusun kurikulum yang berkarakter Singo Edan melalui Akademi Arema," tambahnya.

Menurutnya, Joko Susilo adalah mantan pemain Arema yang saat ini memiliki lisensi kepelatihan yang tinggi yakni, A AFC Pro.

Ia berharap, Joko Susilo yang memiliki visi dan misi kompeten untuk bisa meningkatkan kualitas pemain-pemain junior di Arema FC.

Selain itu, dapat bersinergi dengan para mantan pemain Arema untuk bersama-sama membangun kembali Akademi Arema yang berkualitas. Ia meminta adanya evaluasi dan peningkatan kualitas kurikulum Akademi Arema secara berjenjang.

"Kami meminta agar Dirtek bersama pelatih lainnya melakukan evaluasi sekaligus peningkatan kualitas kurikulum Akademi Arema secara berjenjang," katanya.

Rekam Jejak Joko Susilo

Joko Susilo memiliki lisensi kepelatihan AFC Professional Diploma Coaching Certificate Course atau AFC Pro-Diploma tahun 2019. Lisensi tersebut, merupakan sertifikasi kepelatihan level tertinggi di Asia.

Semasa menjadi pemain, Joko yang merupakan striker itu pernah memperkuat Arema pada kompetisi Galatama musim 1992/1993 dan 1993/1994, Liga Indonesia 1994/199 dan Liga Indonesia era 1998-2003.

Pria yang karib disapa Gethuk itu merupakan pelatih kepala tim Singo Edan pada putaran kedua Liga 1 2017 dan putaran pertama Liga 1 2018 lalu. Selain itu juga pernah menjadi pelatih di Akademi Arema pada 2004-2008, demikian dimuat Antara.

Berita Terkait

Berita Terkini