Bolaindonesia

Media Korea Selatan Kagum dengan Netizen Indonesia yang Bela Shin Tae-yong

Netizen Indonesia yang mati-matian membela Shin Tae-yong mendapat sorotan dari media Korea Selatan. Mereka kagum.

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat rapat evaluasi (dok. Mochamad Iriawan).
Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat rapat evaluasi (dok. Mochamad Iriawan).

Bolatimes.com - Kehebohan Haruna Soemitro yang mengkritik Shin Tae-yong ikut disorot media Korsel. Mereka menyoroti kemarahan netizen kepada Exco PSSI tersebut dan membela sang pelatih agar bertahan di timnas Indonesia.

Nama Haruna Soemitro disorot publik pecinta sepak bola Tanah Air karena mengkritik prestasi Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Ia menyebutkan bahwa pelatih asal Korea Selatan itu sama saja dengan pelatih sebelumnya karena belum mampu memberikan gelar juara untuk tim Merah Putih.

"Kalau cuman runner up, ya sebenarnya Shin Tae-yong ini sama saja dengan yang lain. Namun, karena hampir juara ya kami berharap bisa juara selanjutnya. Karena ada ekspetasi besar dari masyarakat," ujar Haruna dikutip dari podcast JPNN.COM yang tayang di kanal YouTube.

Atas komentar itu, Exco PSSI tersebut langsung mendapatkan banyak kecaman dari netizen di media sosial. Di sisi lain, Shin Tae-yong dibela agar bertahan.

Fenomena itu kemudian mendapatkan sorotan dari media Korsel. Mereka menyoroti pembelaan netizen terhadap Shin Tae-yong di media sosial.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah). [ANTARA FOTO/Flona Hakim]
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah). [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

"Penggemar sepak bola Indonesia secara online menyelamatkan Shin Tae-yong. Semua penggemar memprotes Haruna Soemitra yang mengkritik dan menekan pelatih. Ada tagar 'SaveSTY' dan 'HarunaOut'," tulis laporan media Korsel, Digital Times yang dikutip pada Senin (17/1/2022).

Sementara itu, PSSI sendiri sudah buka suara soal polemik yang terjadi antara Shin Tae-yong dan Haruna Soemitro. Bahkan juru latih asal Korea Selatan itu akan tetap dipercaya sesuai masa kontraknya.

"Dalam diskusi dan rapat di internal PSSI, semua tetap menghargai sebuah keputusan yang bersifat kolektif kolegial. Keputusan kolektif kolegial PSSI itu antara lain tetap memberikan kepercayaan kepada Shin Tae-yong hingga 2023 sesuai kontrak. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang kontrak jika performa timnas terus meningkat," ujar Yunus.

Berita Terkait

Berita Terkini