Bolaindonesia

Asnawi Mangkualam Absen, Ini 3 Calon Kapten Timnas Indonesia U-23

Asnawi dipastikan tak akan main untuk Timnas Indonesia di Piala AFF u-23.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 akan beraksi di ajang Piala AFF U-23 2022. Dari sekian banyak pemain yang akan dipanggil, kira-kira siapakah yang akan menjabat sebagai kapten di ajang tersebut?

Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 akan unjuk gigi dalam waktu dekat dengan mengikuti ajang Piala AFF U-23 2022 di Kamboja. Adapun ajang ini akan digelar pada 14-26 Februari 2022.

Timnas Indonesia U-23 sendiri tergabung di grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos. Di atas kertas, tentu Garuda Muda akan diunggulkan lolos dan bahkan menjadi juara.

Apalagi, Timnas Indonesia U-23 bisa menurunkan beberapa pemain muda yang berkiprah dan jadi andalan di Piala AFF 2020 sebelumnya.

Sayangnya, dari sekian banyak pemain muda yang tampil di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong takkan memanggil para pemain muda yang berkarier di luar negeri untuk Piala AFF U-23.

Shin Tae-yong sendiri akan mengandalkan para pemain lokal dan takkan memanggil pemain muda yang abroad seperti Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Witan Sulaeman, dan Egy Maulana Vikri.

Aksi Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia hajar Laos 5-1 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Aksi Asnawi Mangkualam saat Timnas Indonesia hajar Laos 5-1 di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Dengan bakal absennya Asnawi dan kolega yang berstatus pemain‘senior’ di Piala AFF U-23, maka Timnas Indonesia U-23 akan kekurangan pemimpin di atas lapangan.

Lantas dari para pemain yang berpotensi dipanggil, kira-kira siapa yang pantas mengemban ban kapten untuk Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022?

3 Kandidat Kuat Kapten Timnas Indonesia U-23

Jika Shin Tae-yong hanya akan memanggil para pemain lokal, maka ada tiga pemain jebolan Piala AFF 2020 yang bisa ditunjuk sebagai kapten.

Ketiga pemain tersebut adalah Rachmat Irianto, Pratama Arhan dan Rizky Ridho. Ketiganya diyakini akan ditunjuk Shin Tae-yong sebagai kapten.

Alasan penunjukkan tersebut tentunya adalah pengalaman ketiganya selama bermain di turnamen seperti Piala AFF 2020.

Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Sebagaimana diketahui, baik Rachmat Irianto, Pratama Arhan dan Rizky Ridho kerap menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

Sejatinya ada satu nama lagi yang berpotensi ditunjuk. Ia adalah Kanu Helmiawan, jika menilik kiprahnya bersama Persis Solo sepanjang Liga 2 2021.

Dari keempat nama yang ada tersebut, kemungkinan besar nama Rachmat Irianto lah yang akan terpilih mengingat pengalaman dan gaya bermainnya.

Berposisi sebagai gelandang tengah dan gelandang jangkar, pemain berusia 22 tahun ini punya karakteristik pemain yang ngotot dan andal dalam membaca permainan.

Dengan kata lain, ban kapten pun akan cocok melingkar di lengannya. Terlebih dari posisinya, Rachmat Irianto bisa menjadi dirigen permainan Timnas Indonesia U-23 seperti layaknya saat berhadapan dengan Australia U-23 beberapa waktu lalu.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini