Bolaindonesia

Ini 3 Calon Lawan Pengganti jika Laga Indonesia vs Bangladesh Batal

Laga Indonesia vs Bangladesh terancam batal karena aturan karantina.

Rauhanda Riyantama

Syahrul Trisna Fadillah saat memperkuat Timnas Indonesia. (Instagram/syahrulfadil1)
Syahrul Trisna Fadillah saat memperkuat Timnas Indonesia. (Instagram/syahrulfadil1)

Bolatimes.com - Laga Timnas Indonesia melawan Bangladesh dalam FIFA Matchday pada akhir Januari 2022 berpotensi batal. Berikut tiga calon lawan pengganti untuk skuat Garuda.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan berhadapan dengan Bangladesh sebanyak dua kali di Bali yakni pada tanggal 24 dan 27 Januari mendatang.

Laga ini sendiri akan menjadi laga penting bagi Timnas Indonesia, mengingat besarnya poin yang akan berpengaruh pada ranking FIFA.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia saat ini tengah gencar memperbaiki ranking. Oleh karenanya FIFA Matchday pada akhir Januari ini melawan Bangladesh akan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Hanya saja, kabar buruk berhembus jelang duel ini. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi menyebutkan bahwa laga Timnas Indonesia vs Bangladesh terancam batal.

Hal ini berpotensi terjadi seiring adanya Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dalam Surat Edaran itu, pendatang dari luar negeri harus menjalani karantina selama tujuh hari. Hal ini ternyata ditolak oleh Bangladesh akan datang pada 20 Januari 2022.

Selain karena aturan tersebut, para pendatang juga diwajibkan telah mendapat dosis vaksin Covid-19 secara lengkap minimal 14 hari sebelum berangkat ke Indonesia. Sedangkan di kubu Timnas Bangladesh, ada 10 pemain yang baru mendapat vaksin tahap pertama.

Karenanya, pihak PSSI meminta keringanan ke Satgas Penanganan Covid-19 agar laga ini tetap berlangsung seperti yang dijadwalkan. Namun, jika permintaan PSSI tak bisa dipenuhi, Timnas Indonesia mau tak mau harus mencari lawan tanding lainnya.

Kira-kira, siapa saja calon lawan pengganti andai laga Timnas Indonesia vs Bangladesh batal?

Potret pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)
Potret pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

3 Calon Lawan Pengganti

Jika berpotensi batal, maka Timnas Indonesia bisa mengalihkan laga tanding pengganti melawan Brunei Darussalam, Timor Leste dan Maladewa.

Jika dilihat dari ranking ketiga negara itu, Maladewa menjadi negara yang pantas menjadi lawan Timnas Indonesia guna memperbaiki ranking FIFA.

Sebagai catatan, Maladewa berada di ranking 157 FIFA saat ini, atau tujuh peringkat di atas Timnas Indonesia.

Sedangkan Brunei Darussalam sendiri berada di bawah Timnas Indonesia dengan berada di peringkat ke-188 dan Timor Leste berada di peringkat ke-196.

Adapun Timnas Indonesia berencana memperbaiki ranking FIFA agar bisa masuk Pot 3 untuk pembagian grup Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di Pot 4 dan berpotensi melawan tim-tim yang di atas kertas jauh lebih kuat secara materi dan permainan.

Jika Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan di FIFA Matchday, maka skuat Garuda berpeluang menggeser Singapura di Pot 3 yang memiliki status ranking terendah.

Singapura sendiri saat ini ada di ranking 160 atau hanya unggul 11,08 poin dari Timnas Indonesia. Oleh karenanya, skuat Garuda pun harus meraih kemenangan di FIFA Matchday Januari ini.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini