Bolaindonesia

Sempat Ragu, Mees Hilgers Ngira Harus Main di Liga Indonesia Kalau Jadi WNI

Mees Hilgers sempat ragu-ragu menjadi WNI karena mengira harus meninggalkan Liga Belanda dan main di Liga Indonesia

Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto

Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers. (Instagram/meeshilgerss)
Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers. (Instagram/meeshilgerss)

Bolatimes.com - Pemain Belanda-Indonesia, Mees Hilgers, sempat ragu menjadi WNI. Gara-garanya, ia mengira harus main di Liga Indonesia apabila proses naturalisasinya rampung.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani langsung meluruskannya kepada pemain berdarah Belanda tersebut.

Hasani menjelaskan kepada Hilgers rata-rata pemain yang berada di Tanah Air yang kini menjadi WNI via naturalisasi adalah keinginan masing-masing buat menetap.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

"Dia banyak mendengar pemain yang bermain di luar negeri itu kesannya harus bermain di Indonesia. Saya bilang tidak," kata Hasani saat dihubungi awak media, Selasa (11/1/2022).

Tentu apa yang dikhawatirkan Hilgers tersebut bukan tanpa sebab. Pasalnya, ia kini tengah meniti karier di FC Twente yang terbilang jauh lebih baik..

Apalagi, ia melihat pemain-pemain seperti Raphael Maitimo dan Stefano Lilipaly menetap di Indonesia setelah mendapat status WNI. Hasani menegaskan bahwa itu bukanlah syarat, namun keinginan pemain itu sendiri.

"Pemain-pemain naturalisasi Indonesia asal Belanda, mungkin teman-teman dia atau yang dia tahu, seperti Maitimo, karena ya mereka saja yang ingin tinggal di Indonesia. Itu bukan syarat dari kami," terangnya.

"Mereka mengira kewajiban bermain di Indonesia sebagai syarat. Saya bilang tidak. Kalian tetap bermain di Eropa, malah kami menginginkan kalian berkiprah di Eropa," ia menambahkan.

Adapun pemain yang berposisi sebagai bek itu telah dihubungi langsung oleh Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Hasani mengklaim pemain 20 tahun itu senang mendapat kepercayaan dari juru formasi asal Korea Selatan tersebut.

"Setelah tahun baru dan Piala AFF, baru Shin Tae-yong menghubungi Mees Hilgers. Dari pembicaraan itu, kalau menurut laporan dari agennya, Hilgers happy dan oke," ungkap Hasani.

Meski begitu, dokumen Mess Hilgers untuk menjalani proses naturalisasi masih belum sepenuhnya terpenuhi. Baru dokumen Sandy Walsh dan Jordi Amat yang sudah bisa maju ke proses berikutnya.

Adapun satu pemain lain yakni Ragnar Oratmangoen masih baru akan diwawancarai oleh Shin Tae-yong. Namun, belum diketahui kapan bakal dilakukan.

Berita Terkait

Berita Terkini