Bolaindonesia

Profil 3 Lawan Timnas Putri Indonesia di Grup Neraka Piala Asia Wanita 2022

Mari simak kekuatan lawan-lawan Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita 2022

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah (dok. the-afc.com)
Pemain Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah (dok. the-afc.com)

Bolatimes.com - Timnas putri Indonesia bakal menghadapi persaingan berat ketika berjuang di grup neraka Piala Asia Wanita 2022.

Sebab, timnas Indonesia yang tergabung di Grup B Piala Asia Wanita 2022 akan bersaing dengan tim-tim kuat, khususnya di kawasan Asia.

Ketiga tim yang bakal dihadapi skuad Garuda Pertiwi ialah Filipina, Thailand, dan Australia. Mereka jelas bakal menjadi lawan yang tak mudah untuk dihadapi.

Menjelang penyelenggaraan Piala Asia Wanita 2022, timnas putri Indonesia tengah menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jakarta.

Menurut jadwal, kejuaraan Piala Asia Wanita 2022 akan mulai diselenggarakan di India pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil singkat tiga lawan timnas putri Indonesia di fase penyisihan grup Piala Asia Wanita 2022.

1. Filipina

Timnas putri Filipina bisa dibilang menjadi satu-satunya lawan yang paling masuk akal untuk ditumbangkan timnas putri Indonesia.

Sebab, jika dibandingkan dengan dua kontestan lainnya, kekuatan timnas putri Filipina cenderung tak jauh berbeda dengan Indonesia.

Terlepas dari hal itu, Filipina juga bakal menjadi lawan yang tangguh bagi skuad Garuda Pertiwi. Hal ini juga terlihat dari peringkat FIFA.

Timnas putri Indonesia yang saat ini berada di urutan 94 ranking FIFA, masih kalah jauh dengan Filipina yang berada di peringkat ke-64.

2. Thailand

Timnas putri Thailand menjadi salah satu kontestan dari kawasan Asia Tenggara yang bisa melaju di gelaran Piala Dunia Putri beberapa edisi terakhir.

Pada edisi 2019, misalnya, tim putri Gajah Perang juga berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia 2019. Meskipun gagal bersinar, tapi ini menjadi pencapaian tersendiri.

Pasalnya, mereka menjadi satu-satunya perwakilan asal ASEAN yang sukses melaju ke putaran final Piala Dunia Wanita 2019.

Salah satu bukti bahwa Thailand bakal menjadi lawan yang sulit ditaklukkan oleh anak asuh Rudy Eka Priyambada sudah tersaji pada 2019 yang lalu.

Saat bertemu Thailand di ajang SEA Games 2019, skuad Garuda Pertiwi harus mengakui keunggulan lawan seusai dilumat dengan skor 1-5.

3. Australia

Barangkali, lawan paling tangguh yang bakal dihadapi skuad Garuda Pertiwi pada penyisihan grup Piala Asia Wanita 2022 ialah Australia.

Sebab, bagaimanapun juga, Australia menjadi salah satu negara paling maju dalam perkembangan sepak bola putri.

Thailand, tim yang dianggap terbaik di kawasan Asia Tenggara, pun pernah dihajar hingga babak belur oleh tim peringkat 11 FIFA ini.

Sejumlah pemain yang akan diandalkan tim asal Negeri Kanguru ini ialah Sam Kerr, pesepak bola putri yang masuk nominasi Best FIFA Women Player 2021.

Sementara itu, ada dua pemain yang kini tengah berkarier di kompetisi top Eropa, yakni Alexia Putellas dan Jennifer Hermoso yang sama-sama berstatus sebagai pemain tim putri Barcelona.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini