Bolaindonesia

4 Pesepak Bola Berdarah Jawa di Luar Negeri, Bisa Dipanggil Shin Tae-yong

Indonesia memiliki banyak pemain keturunan di luar negeri, beberapa di antaranya berdarah Jawa

Irwan Febri Rialdi

Darren Sidoel. (Instagram/@darren.sidoel).
Darren Sidoel. (Instagram/@darren.sidoel).

Bolatimes.com - Sejumlah pesepak bola berdarah Jawa yang kini tengah berkarier di luar negeri berpotensi untuk mendapat panggilan timnas Indonesia.

Hal ini sejalan dengan kebijakan PSSI yang tengah gencar-gencarnya mencari pemain keturunan Indonesia yang tengah berkarier di luar negeri.

Sebelumnya, sejumlah nama pemain yang mulai dijajaki oleh PSSI ialah Jordi Amat, Sandy Walsh, Kevin Diks, Ragnar Oratmangoen, hingga Mees Hilgers.

Sebetulnya, selain nama-nama di atas, masih ada sederet pesepak bola keturunan Jawa yang berkarier di luar negeri.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pemain sepak bola di luar negeri keturunan Jawa yang bisa memperkuat timnas Indonesia.

1. Darren Sidoel

Darren Sidoel. (Instagram/@darren.sidoel).
Darren Sidoel. (Instagram/@darren.sidoel).

Darren Sidoel merupakan pesepak bola kelahiran Den, Haag, Belanda yang saat ini bermain di Liga India bersama SC East Bengal.

Gelandang berusia 23 tahun ini sudah melalang buana bersama sejumlah klub Eropa sepanjang kariernya.

Tercatat, dia pernah berkarier di Belanda, Inggris, Belgia, Spanyol, Bulgaria, dan terakhir di India.

Pesepak bola binaan Ajax Amsterdam ini kabarnya memiliki keturunan Jawa dari ayahnya. Namun, Sidoel saat ini berstatus sebagai warga negara Belanda.

Saat masih berusia muda, Darren Sidoel juga pernah menjadi bagian dari tim nasional Belanda, mulai dari U-15, U-16, U-17, hingga U-18.

2. Robin Soeradhiningrat

Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman. (Twitter/@FT_IDN)
Robin Soeradhiningrat ialah kiper yang bermain di kasta keempat Liga Jerman. (Twitter/@FT_IDN)

Secara sepintas, nama Robin Soeradhiningrat jelas memiliki aroma Jawa. Saat ini, dia saat berkompetisi di Divisi 5 Liga Jerman.

Meskipun demikian, Transfermarkt menyebut bahwa pemain tercatat lahir pada 28 Desember 2001 ini memiliki kewarganegaraan Jerman dan Vietnam.

Sebetulnya, Robin lahir dari kedua orang tua warga negara Indonesia (WNI) yang kini telah menetap di Jerman. Maka, status laman Transfermarkt itu diragukan kebenarannya.

Lelaki berusia 20 tahun ini bermain sebagai penjaga gawang. Saat ini, dia berstatus sebagai pemain FC Germania Egestorf/Langreder.

3. Ivan Jenner

Dari ayah kandungnya, pesepak bola muda yang kini bermain bersama FC Utrecht U-16, Ivan Jenner, mendapatkan garis keturunan Jawa.

Bahkan, Ivan Jenner juga mengakui bahwa kewarganegaraan utamanya adalah Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari bendera merah putih yang dimuat dalam profil akun Instagram-nya.

Saat ini, dia masih menimba ilmu bersama akademi klub asal Belanda, FC Utrecht, dan mulai dekat dengan pemain Indonesia yang berkarier di sana, Bagus Kahfi.

4. Jim Croque

Striker keturunan Indonesia, Jim Croque. (Instagram/vitesseacademie)
Striker keturunan Indonesia, Jim Croque. (Instagram/vitesseacademie)

Jim Croque, pesepak bola muda yang saat ini bermain di tim muda Vitesse, juga dikabarkan memiliki garis keturunan Jawa dari ayahnya.

Belum lama ini, penyerang berusia 17 tahun tersebut dinobatkan sebagai Talent of The Month akademi Vitesse berkat performa gemilangnya.

Sebelumnya, Jim pernah menyatakan ketertarikannya untuk memperkuat timnas Indonesia apabila mendapat undangan dari PSSI.

Hal itu diungkapkan pemain kelahiran 5 Juli 2004 itu ketika menjalani sesi wawancara di kanal YouTube miliki Yussa Nugraha.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini