Bolaindonesia

Hitungan Gaji dan Biaya yang Harus Dibayar Raffi Ahmad jika Rekrut Ozil

Mesut Ozil tengah santer bakal didatangkan klub milik Raffi Ahmad, Rans Cilegon FC.

Rauhanda Riyantama

Gelandang Arsenal, Mesut Ozil saat laga melawan Bate di Liga Europa pada 21 Februari 2019 (Glyn Kirk/AFP)
Gelandang Arsenal, Mesut Ozil saat laga melawan Bate di Liga Europa pada 21 Februari 2019 (Glyn Kirk/AFP)

Bolatimes.com - Publik sepak bola Indonesia sedang dihebohkan dengan kabar Rans Cilegon FC akan memboyong Mesut Ozil dari Fenerbahce untuk gelaran Liga 1 musim depan.

Kabar hangat ini beredar menyusul pengakuan Raffi Ahmad yang mengatakan bahwa dirinya dan Mesut Ozil telah berkomunikasi dan mencapai kata sepakat soal kepindahan ini.

“Mesut Ozil menginginkan bermain di Liga 1 Indonesia tahun depan. Saya bersama dia (sering berkomunikasi) di WhatsApp. Saya bisa katakan kami (RANS Cilegon FC) mendapatkannya,” tutur Raffi Ahmad.

Pengakuan ini pun lantas membuat jagat persepak bolaan Tanah Air menjadi heboh. Banyak yang berpendapat bahwa Raffi Ahmad serius menatap Liga 1 musim depan.

Kabar ini nyatanya juga diperkuat dengan laporan media Turki, Fotospor. Dalam artikelnya, Fotospor mengungkapkan bahwa Raffi Ahmad telah melancarkan negosiasi dengan Fenerbahce selaku klub pemilik Mesut Ozil.

Hanya saja, rencana Raffi Ahmad memboyong Mesut Ozil ke Rans Cilegon FC akan menelan biaya yang cukup besar untuk ukuran klub Tanah Air.

Mesut Ozil resmi berseragam Fenerbahce. (© twitter.com/Fenerbahce)
Mesut Ozil resmi berseragam Fenerbahce. (© twitter.com/Fenerbahce)

Pasalnya, pemain berusia 34 tahun ini masih terikat kontrak dengan Fenerbahce hingga 2024. Alhasil, mau tak mau Raffi Ahmad harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memboyongnya.

Dilansir dari situs Transfermarkt, nilai pasar Mesut Ozil sendiri mencapai Rp64 miliar. Jika benar Raffi Ahmad akan memboyongnya, maka kampiun Piala Dunia 2014 ini akan menjadi pemain dengan biaya transfer termahal sepanjang sejarah sepak bola Indonesia.

Tak hanya soal biaya transfer yang memakan mahar puluhan miliar, nyatanya gaji Mesut Ozil selama satu tahun melebihi biaya transfernya.

Dikutip dari laman The Sun per 2021 lalu atau saat kepindahannya ke Fenerbahce, Mesut Ozil menerima bayaran 3,5 juta poundsterling per tahun atau ekuivalen Rp68 miliar.

Jika ditotal, maka Raffi Ahmad akan mengeluarkan biaya sebesar Rp132 miliar hanya untuk menebusnya dan membayar gajinya selama satu tahun.

Dengan nominal sebesar itu, Mesut Ozil tak hanya memecahkan rekor transfer sepak bola Indonesia, melainkan juga memecahkan rekor bayaran termahal pemain Indonesia.

Sebagai catatan, pemain dengan bayaran termahal di Indonesia saat ini dipegang oleh Stefano Lilipaly dengan bayaran Rp6,2 miliar per tahun, atau 10 kali lipat lebih murah dari bayaran yang diterima Mesut Ozil.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini