Bolaindonesia

Profil Samuel Balinsa, Pemain Muda Papua yang Gabung Klub Thailand

Samuel Balinsa resmi bergabung klub Thailand, Lampang FC.

Irwan Febri Rialdi

Samuel Balinsa dikabarkan direkrut Lampang FC. (Twitter/@SuporterFC)
Samuel Balinsa dikabarkan direkrut Lampang FC. (Twitter/@SuporterFC)

Bolatimes.com - Setelah sukses tampil impresif bersama tim PON Papua dan mempersembahkan medali emas, Samuel Balinsa kini kembali mencuri perhatian publik seusai dikaitkan dengan klub Liga Thailand.

Dari kabar yang beredar baru-baru ini, Samuel Balinsa disebut sudah mendapatkan tawaran kontrak enam bulan dari klub kasta kedua Liga Thailand, Lampang FC.

Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada kabar resmi dari Lampang FC soal perekrutan mantan pemain skuad juara PON Papua itu. Jika benar Balinsa bergabung dengan Lampang FC, maka ia akan meneruskan jejak seniornya asal Papua yang sudah terlebih dahulu meniti karier di Thailand.

Selain Samuel Balinsa, sebelumnya Lampang FC sudah pernah menggunakan jasa pemain asal Papua, yakni Todd Rivaldo Ferre.

Saat itu, Todd Ferre dipinjam dari Persipura Jayapura selama sekitar empat bulan saat kompetisi sepak bola di Indonesia harus tiarap akibat pandemi Covid-19.

Jika benar Balinsa bergabung dengan Lampang FC, maka ia akan meneruskan jejak seniornya asal Papua yang sudah terlebih dahulu meniti karier di Thailand. 

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Samuel Balinsa, talenta muda asal Papua yang kabarnya direkrut klub Liga Thailand.

Profil Samuel Balinsa

Samuel Balinsa merupakan pesepak bola muda yang sukses mengantarkan tim PON Papua meraih medali emas pada ajang PON XX beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, pemain kelahiran Sorong, Papua, 8 Maret 1999, ini menimba ilmu sepak bola bersama sekolah sepak bola (SSB) Bola Mania.

Bakatnya di sana kemudian terpantau radar oleh PPLP Papua. Dia lolos seleksi dan mendapatkan pembinaan intensif.

Setelah itu, Samuel Balinsa sempat direkrut oleh tim Persipura Jayapura U-19 yang sukses menjuarai Liga 1 U-19 2017.

Saat itu, dia bermain satu tim dengan Todd Rivaldo Ferre yang juga mengantarkan skuad Mutiara Hitam Muda menumbangkan Persib U-19 di partai final Liga 1 U-19 2017.

Setelah itu, karier profesionalnya diawali ketika memperkuat klub Liga 2, Persewar Waropen. Di sana, bakatnya semakin diasuh oleh legenda timnas Indonesia, Elie Aiboy, yang menjabat sebagai pelatih kepala.

Posisi bermain Samuel Balinsa ialah gelandang serang. Elie Aiboy sempat mengakui bahwa Samuel Balinsa memiliki teknik yang sudah terbentuk sejak dini karena bergabung dengan PPLP Papua.

Elie juga sempat merekomendasikan Samuel Balinsa kepada pelatih timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, yang tengah mempersiapkan tim untuk SEA Games 2019.

Ketika itu, Samuel Balinsa menjadi salah satu nama pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan sekaligus seleksi timnas U-22 di Jakarta.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini