Bolaindonesia

Cerita Shin Tae-yong Yakinkan Ansan Greeners Rekrut Asnawi Mangkualam

Shin Tae-yong punya andil dalam perekrutan Asnawi Mangkualam.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat foto bersama Asnawi Mangkualam yang kini bermain untuk Ansan Greeners. (Instagram/shintaeyong7777)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat foto bersama Asnawi Mangkualam yang kini bermain untuk Ansan Greeners. (Instagram/shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Asnawi Mangkualam resmi memperpanjang kontrak dengan klub K-League 2, Ansan Greeners. Rupanya, ada unsur Shin Tae-yong di balik perekrutan Asnawi.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan kronologi Ansan Greeners merekrut Asnawi Mangkulam pada Januari 2021 lalu. Dia mengaku punya andil.

Asnawi Mangkualam diakui Shin Tae-yong memiliki kemampuan yang sejalan dengan gaya sepak bola di negerinya, Korea Selatan. Ia sempat membahasnya bersama pelatih lain sebelum merekomendasikannya.

"Sebelum Asnawi mendapatkan tawaran dari Korea, hal yang kami bicarakan di antara pelatih adalah 'Kalau dia (Asnawi) bekerja dengan baik, dia bisa masuk K-League. Karena dia adalah pemain yang gaya bermain bolanya sangat cocok dengan gaya Korea. Saya memang berpikir dia cukup lumayan untuk dikirim ke Korea," ujar Shin Tae-yong seperti dikutip dari kanal YouTube BAL, Minggu (9/1/2022).

Tak berselang lama, Ansan Greeners menunjukan ketertarikannya dengan Asnawi Mangkualam dan langsung mengontak Shin Tae-yong untuk meminta pendapat.

"Sehabis dari Barcelona, Spanyol, untuk pemusatan latihan Timnas U-20 pada Desember 2020. Sewaktu saya tiba di Malaysia untuk kembali ke Indonesia, Ansan Greeners menghubungi saya. Mereka menelepon bertanya, 'Kami mendapat CV Asnawi, bagaimana menurut Anda?'," beber Shin Tae-yong.

Asnawi Mangkualam perpanjang kontrak bersama Ansan Greeners. (Instagram/asnawi_bhr)
Asnawi Mangkualam perpanjang kontrak bersama Ansan Greeners. (Instagram/asnawi_bhr)

Shin Tae-yong memberikan dukungan kepada Ansan Greeners untuk merekrut eks pemain PSM Makassar tersebut. Bahkan, ia secara gamblang menjamin jika Asnawi mampu tampil impresif jika dipoles dengan baik.

"Saya bilang, "Oh ya? Terimalah. Saya yang jamin". Kalau kalian melatih dia dengan dengan baik, dia akan bisa (membantu tim). Ansan juga berkata mereka tidak menerima video referensi. Saya bilang, 'Saya yang jamin. Terima (Asnawi)'," ujar Shin Tae Yong.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut juga menyakinkan pelatih Ansan Greeners saat itu, Kim Gil Sik. Lagi-lagi, ia menyebut Asnawi layak untuk direkrut.

"Kim Gil Sik menghubungi saya. Dia bertanya lagi kepada saya tentang Asnawi. Saya bilang, 'Jangan khawatir, dia cukup bagus'," 

Dengan 'jaminan' dari Shin Tae-yong tersebut, Ansan Greeners akhirnya mantap memboyong Asnawi Mangkualam.

"Kalau kalian percaya dan memakainya, dia (Asnawi)bisa banyak membantu tim'. Oleh karena itu dia bisa mudah ke Ansan," pungkas Shin Tae-yong.

Pemain berusia 22 tahun tersebut resmi bergabung dengan Ansan Greeners pada Januari 2021. Ia dikontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan setahun.

Asnawi bermain untuk Ansan Greeners pertama kali di K League 2 pada 3 April 2021 melawan IPark. Tercatat, ia dimainkan dalam 14 pertandingan klub The Fairy Bird.

Belakangan, kapten Timnas Indonesia itupun memilih bertahan di Ansan Greeners usai meneken kontrak hingga 2023.

Berita Terkait

Berita Terkini