Bolaindonesia

Latih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Mulai Tertarik Belajar soal Islam

Ini alasan Shin Tae-yong tertarik belajar soal Islam.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong mulai tertarik belajar Islam mengingat mayoritas penggawa Timnas Indonesia yang ia latih menganut agama tersebut.

Pengakuan Shin Tae-yong mulai belajar soal Islam diketahui sejak medio 2020 lalu, kala dirinya diwawancarai secara eksklusif oleh Sportal Korea.

Dalam pengakuannya, juru taktik berusia 51 tahun itu mengaku tertarik belajar Islam demi memudahkannya dalam menyusun program latihan agar tidak berbenturan dengan ibadah anak asuhnya.

“Sejak awal saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk menjelaskan soal agama Islam kurang lebih selama tiga jam,” ucap Shin Tae-yong kepada Sportal Korea.

Setelah mengetahui sedikit soal Islam, Shin Tae-yong pun mulai mengimplementasikan apa yang ia pelajari demi menghormati anak asuhnya.

“Saya belajar Islam dari sana, terutama di bagian-bagian yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (stafnya) untuk menghormati waktu beribadah mereka,” lanjutnya.

Memang Islam menjadi agama mayoritas seluruh penduduk Indonesia. Hal ini juga berlaku bagi para penggawa Timnas. Sehingga Shin Tae-yong pun tergerak untuk mempelajarinya agar memberi kenyamanan kepada pemain saat berlatih.

Selain soal agama, Shin Tae-yong juga mulai mendalami budaya Indonesia serta karakter para pemain serta masyarakat Indonesia.

Hal ini dilakukannya semata-mata agar bisa membaur dan menerapkan metode kepelatihannya sehingga memberi dampak baik terhadap permainan anak asuhnya.

Teranyar, Shin Tae-yong mampu membawa Timnas Indonesia yang didominasi pemain muda, menembus final Piala AFF 2020.

Kendati belum berhasil menjadi juara, Shin Tae-yong tetap panen pujian karena Timnas Indonesia mampu menampilkan permainan yang ciamik sepanjang turnamen.

Dalam waktu dekat, Shin Tae-yong akan kembali beraksi dari pinggir lapangan kala memimpin Timnas Indonesia U-23 bersaing di Piala AFF U-23 pada Februari 2022 mendatang.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini