Bolaindonesia

4 Opsi Gelandang untuk Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022

Lini tengah Timnas Indonesia U-23 dipastikan aman

Irwan Febri Rialdi

Maeselino Ferdinan usai mencetak gol ke gawang Bali United, Rabu (6/1/2022). (Dok. Antara)
Maeselino Ferdinan usai mencetak gol ke gawang Bali United, Rabu (6/1/2022). (Dok. Antara)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 bakal melakoni ajang Piala AFF U-23 2022 pada 14 hingga 26 Januari tahun ini. Turnamen tersebut terpusat di Kamboja.

Shin Tae-yong akan kembali menjadi juru taktik, dia baru saja membawa Timnas Indonesia senior menjadi runner-up Piala AFF 2020. Indonesia dikalahkan Thailand pada partai final dengan agregat 2-6.

Modal apik yang dimiliki Indonesia menghadapi Piala AFF U-23 adalah banyaknya pemain-pemain muda di kategori usia ini yang memperkuat Indonesia di Piala AFF 2020.

Namun, pekerjaan rumah yang menanti Shin dan jajaran pelatih nanti adalah mencari sosok gelandang untuk Timnas Indonesia U-23.

1. Marselino Ferdinan

Untuk mendapatkan sosok gelandang serang, Shin bisa memainkan Marselino Ferdinand yang juga sudah dicoba dimainkan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 melawan Australia.

Perannya tak terlalu terlihat karena tak banyak mendapat menit bermain. Namun, dia bisa menjadi alternatif untuk pengalir bola.

2. Beckham Putra

Sosok pemain muda asal Persib Bandung ini bisa menjadi alternatif gelandang buat Shin di Piala AFF U-23. Kehadirannya di lini tengah bisa menjadi solusi Timnas Indonesia U-23 dalam menguasai dan mengalirkan bola.

Pasalnya, salah satu kesulitan Timnas Indonesia U-23 pada laga-laha sebelumnya adalah penguasaan bola.

3. Rachmat Irianto

Kemampuan Rachmat Irianto sebagai gelandang sudah terlihat saat dia dipasang menjadi gelandang bertahan oleh Shin Tae-yong di timnas senior maupun timnas U-23 Indonesia.

Penampilannya pun cukup impresif meski posisi aslinya sebetulnya adalah bek. Rachmat Irianto bisa menjadi opsi jika Shin ingin sosok pemain yang mampu menjadi pemutus serangan lawan.

4. Ramai Rumakiek

amai Rumakiek menjadi pemain berusia 19 tahun yang masuk dalam skuad asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Namun, dia menunjukkan penampilan yang menjanjikan.

Rumakiek bisa difungsikan sebagai alternatif gelandang serang, selain itu pemain Persipura Jayapura tersebut juga punya kecepatan sehingga bisa bermain sebagai winger.

Sebetulnya ada beberapa nama pemain di sektor gelandang yang bisa dipanggil oleh Shin Tae-yong. Akan tetapi, pemain-pemain aboard seperti Witan Sulaeman hingga Syahrian Abimanyu diprediksi tak akan bisa tampil karena Piala AFF U-23 tak masuk agenda FIFA.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini