Bolaindonesia

Profil Ventforet Kofu, Eks Klub Irfan Bachdim yang Kini Dilatih Tatsuma

Tatsuma Yoshida merupakan pelatih Timnas Singapura di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi

Irfan Bachdim menjalani latihan perdana bersama Ventforet Kofu. (Dok. Ventforet)
Irfan Bachdim menjalani latihan perdana bersama Ventforet Kofu. (Dok. Ventforet)

Bolatimes.com - Perjalanan Tatsuma Yoshida setelah mengakhiri statusnya sebagai pelatib timnas Singapura berlanjut bersama klub asal Jepang, Ventforet Kofu.

Bersama klub kasta kedua Liga Jepang, atau J2 League itu, Tatsuma Yoshida akan membali melanjutkan pengabdiannya.

Sebab, sebelumnya Tatsuma Yoshida pernah mengabdi bersama klub yang berbasis di Yamanashi ini pada periode 2017-2018.

Sebelumnya, Tatsuma Yoshdie memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama timnas Singapura setelah gagal di Piala AFF 2020.

Status mereka sebagai tuan rumah gagal berakhir manis karena ditumbangkan Indonesia pada partai final dengan agregat 3-5.

Padahal, sebetulnya kontrak Tatsuma Yoshida bersama Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) masih tersisa hingga Desember 2022.

Profil Ventforet Kofu

Venforet Kofu merupakan klub yang berkompetisi di kasta kedua Liga Jepang, atau J2 League. Klub yang didirikan pada tahun 1965 ini berbasis di Yamanashi.

Awalnya, kemunculan klub ini berawal ketika sejumlah klub sepak bola dari Dai-ichi High School, Kakujo Club, mulai merekrut pemain lulusan sekolah lain agar mampu promosi ke Japan Soccer League.

Mereka awalnya bergabung dengan Divisi 2 JSL pada 1972. Mereka bertahan di kompetisi itu hingga sistem kompetisi di Negeri Samurai berubah menjadi Japan Football League.

Tak seperti klub lainnya, Kofu Club awalnya menggunakan pemain-pemain yang berstatus sebagai karyawan perusahaan yang menjadi sponsor mereka.

Saat mengikuti Divisi 2 J.League pada 1995, Ventforet Kofu sempat mengalami kesulitan finansial selama periode 1999-2001.

Pada tahun 2002, Ventforet berkembang drastis. Mereka sukses mengakhiri posisi di peringkat ketiga dan promosi ke divisi pertama setelah memenangi play-off laga promosi melawan Kashiwa Reysol.

Ventforet Kofu berkompetisi di kasta tertinggi sejak 2013, tapi mereka kembali terdegradasi pada 2017 karena duduk di peringkat ke-16 klasemen akhir.

Sejak tahun 2018 sampai saat ini, Ventforet Kofu berkompetisi di kasta kedua. Sejauh ini, peringkat terbaik mereka berada di peringkat ke-3 klasemen akhir, yakni pada musim 2021.

Sebagai informasi, Ventforet Kofu merupakan klub  J-League yang pernah merekrut pemain asal Indonesia, Irfan Bachdim.

Saat itu, Venforet merekrut pemain keturunan Indonesia-Belanda itu pada 29 Januari 2014 dari klub asal Thailand, Chonburu FC.

Namun, Bachdim hanya semusim bermain di sana. Sebab, pada awal Januari 2015, dia direkrut oleh klub Jepang lainnya, Hokkaido Consadole Sapporo.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini