Bolaindonesia

Profil Brunei, Lawan Uji Coba Timnas Indonesia yang Dilatih Rajagobal

Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Brunei Darussalam di FIFA Matchday pada Januari 2022

Irwan Febri Rialdi

Datuk K. Rajagobal saat melatih perdana Timnas Brunei Darussalam. (Dok. VocketFC)
Datuk K. Rajagobal saat melatih perdana Timnas Brunei Darussalam. (Dok. VocketFC)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dijadwalkan berjumpa Brunei Darussalam pada pertandingan FIFA Matchday yang tersaji pada awal tahun 2022.

Menurut jadwal FIFA Matchday tersebut, selain menghadapi Brunei Darussalam, timnas Indonesia juga akan berjumpa Tajikistan dan Bangladesh.

Pertandingan melawan ketiga tim itu menurut jadwal akan dilakoni timnas Indonesia mulai 24 Januari hingga 1 Februari 2022.

Laga FIFA Matchday ini rencananya akan digelar timnas Indonesia di Pulau Dewata. Pertandingan ini jelas menjadi keuntungan tersendiri bagi skuad Garuda.

Sebab, apabila mampu menumbangkan ketiga lawannya tersebut, Indonesia berpeluang besar untuk memperbaiki posisinya di ranking FIFA.

Sampai saat ini, skuad Garuda masih tertahan di peringkat ke-164 rangking FIFA. Hasil itu diraih meski mereka menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Timnas Brunei Darussalam sebetulnya bukan lawan yang tangguh bagi timnas Indonesia. Sebab, posisi mereka di kawasan Asia Tenggara tak terlalu diperhitungkan.

Saat ini, Brunei Darussalam berada di peringkat ke-188 klasemen peringkat FIFA. Mereka juga tak ikut tampil pada ajang Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Staf Pelatih

Saat ini, timnas Brunei Darussalam diasuh oleh juru taktik asal Malaysia, Krishnasamy Rajagobal. Dia ditunjuk pada 1 Desember 2020.

Namun demikian, sejak setahun lebih menjabat posisi itu, Rajagobal belum sekali pun mencatatkan debutnya bersama Brunei Darussalam.

Sebelum menunjuk Rajagobal, Brunei sempat menggunakan jasa pelatih asal Belanda, Robbie Servais. Saat itu, dia menjabat sebagai pelatih sementara.

Masa baktinya berawal ketika secara resmi ditunjuk pada 9 Mei 2019 dan berakhir pada 20 Juni 2019. Selama bekerja, Ribbie hanya mendampingi anak asuhnya pada dua pertandingan internasional.

Absen Sejak 2019

Timnas Brunei Darussalam menjadi salah satu tim yang jarang tampil di kejuaraan mana pun sejak tahun 2019.

Sebab, terakhir kali mereka menjalani pertandingan internasional ialah pada babak pertama play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Saat itu, mereka menghadapi timnas Mongolia dalam dua leg. Pada pertandingan leg pertama, Brunei yang masih diasuh oleh Robbie Servais menelan kekalahan dua gol tanpa balas.

Sementara pada leg kedua, Brunei Darussalam hanya mampu menang 2-1. Sehingga, mereka kalah agregat 2-3 dari Mongolia.

Itu menjadi penampilan terakhir bagi Brunei Darussalam di ajang internasional. Sebab, sejak saat itu mereka lebih banyak absen karena alasan pandemi Covid-19.

Pada ajang Piala AFF 2020 yang lalu, mereka juga menarik diri dari turnamen antarnegara ASEAN ini karena pandemi.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini