Bolaindonesia

Shin Tae-yong Berharap Kualitas Liga Ditingkatkan Demi Timnas Lebih Baik

Shin Tae-yong ingin kualitas liga di Indonesia lebih baik untuk Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha

Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyoroti soal kualitas kompetisi Tanah Air. Ia menilai liga di Indonesia masih tertinggal jauh dari Thailand.

Shin Tae-yong mengatakan kompetisi sepak bola Thailand saat ini masih menjadi yang nomor satu di Asia Tenggara. Oleh karena itu kualitas tim nasional Thailand sangatlah bagus.

Sementara kompetisi di Indonesia khususnya Liga 1 masih tertinggal. Apalagi, juri taktik asal Korea Selatan itu sempat mengeluhkan sulitnya mencari pemain di posisi striker.

Hal ini dikarenakan klub-klub di Tanah Air lebih banyak mempercayakan posisi ujung tombak kepada pemain asing.

"Thailand jelas kuat. Liga Thailand ada di peringkat pertama di Asia Tenggara," kata Shin Tae-yong dilansir dari Yoonhap, Selasa (4/1/2022).

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mendorong pemain-pemain Timnas Indonesia untuk berkarier di luar negeri. Menurutnya, atmosfer di luar bakal membuat pemain cepat berkembang.

Sebab, kompetisi di luar negeri masih lebih baik ketimbang di Indonesia. Oleh sebab itu, perlu ada peningkatan dari segi kompetisi demi tim nasional yang lebih baik.

"Tidak mudah meningkatkan level tim nasional jika liga domestik tidak mendukungnya," tambah pelatih berusia 52 tahun tersebut.

"Performa liga dan tempo pertandingan harus ditingkatkan," pungkas mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Teranyar Timnas Indonesia gagal menjadi juara Piala AFF 2020 usai dikalahkan Thailand dengan agregat 2-6 di partai final.

Berita Terkait

Berita Terkini