Profil Jack Brown, Pemain Didikan Man United yang Kini Gabung Persita

Jack Brown gabung Persita Tangerang untuk putaran kedua Liga 1 2021.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 31 Desember 2021 | 15:38 WIB
Jack Brown saat mengikuti sesi latihan Persita Tangerang. (Dok. Persita Tangerang)

Jack Brown saat mengikuti sesi latihan Persita Tangerang. (Dok. Persita Tangerang)

Bolatimes.com - Persita Tangerang punya pemain baru, yakni Jack Brown. Namanya mungkin tak asing dan wajar saja karena dia dikenal lantaran pernah menjadi pemain didikan Manchester United.

Jack resmi diangkut Persita di bursa transfer paruh musim Liga 1 2021. Datangnya pemain blasteran Inggris-Indonesia ini diharapkan bisa menjadi solusi lini serang Pendekar Cisadane.

Profil Jack Brown

Baca Juga: Bali United dan PSM Makassar Wakili Indonesia di Piala AFC 2022

Jack adalah pemain sepak bola keturunan Indonesia-Inggris yang lahir pada 2 November 2001. Ia merupakan anak dari pasangan Lance Brown yang berasal dari Inggris dan Indah dari Indonesia.

Nama Jack mulai melambung setelah jadi pemain terbaik pada ajang Manchester United Soccer School (MUSS) Dubai di 2006. Di ajang itu, Jack terpilih sebanyak dua kali sebagai best player of the year of Sony Tournament di Al Rasyid Elementary School, Nad Al Sheba 2010, dan Dubai English Speaking School Tournament 2011.

Sedari kecil, Jack memang sudah sangat menggemari olahraga sepak bola. Bahkan bersama kakaknya, George Brown, ia hampir setiap hari bermain di halaman rumah.

Baca Juga: Pastikan Bertahan di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong: Jangan Khawatir

Selebrasi Jack Brown usai menjebol gawang Makedonia Utara. (Dok. PSSI).
Selebrasi Jack Brown usai menjebol gawang Makedonia Utara. (Dok. PSSI).

Setiap liburan musim panas, Jack dan George selalu mendaftar pada football summer camp, baik itu di Inggris maupun di Indonesia.

Bakat Jack sebagai pemain sepak bola semakin mencuat saat tampil luar bisa di Football Summer Camp 2012 di Jakarta yang diselenggarakan oleh Manchester United Soccer School Singapore. Pada saat itu, Jack jadi pemain dengan nilai terbaik dari para peserta lainnya. Bahkan, ia juga mengalahkan kakaknya sendiri.

Enam pemenang di Senayan, Jakarta Pusat, kembali bertanding di Singapura. Tapi karena skor Jack sangat bagus, ia bisa langsung bertanding di MUSS Old Trafford pada Oktober 2012.

Baca Juga: 5 Alasan Indonesia Bisa Balik Menang dan Juara Piala AFF 2020

Setelah itu, ia melanjutkan sepak bola di Inggris dengan membela Brentwood School U-12 dan Independent Schools Football Association untuk kategori usia U-14 sampai U-16.

Jack Brown bahkan mendapat gelar penghargaan "The World Final Skill Test 2012 MU Soccer School" sebagai siswa terbaik di akademi Manchester United tersebut.

Kendati terbilang muda, Jack bisa membuat para juri dan kontestan lain terkesan dengan kemampuannya mengolah bola saat mengikuti kejuaraan MUSS di Old Trafford, Manchester.

Baca Juga: Pria Banting TV usai Timnas Indonesia Dibungkam Thailand, Aksinya Viral

Di stadion milik skuat Iblis Merah itu, Jack berhasil jadi yang terbaik dengan menyisihkan 30 anak pemenang dari babak kualifikasi yang digelar di 25 negara.

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Jack Brown. (Dok. PSSI).
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Jack Brown. (Dok. PSSI).

Karier Sepak Bola Jack di Timnas Indonesia

Jack hampir saja memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri pada 2017. Namun karena aklimatisasi cuaca, ia dan kakaknya harus rela mengubur dalam-dalam impiannya berseragam Timnas Indonesia.

Jack juga sempat kembali dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 pada Februari 2020, tapi kendala yang sama membuat ia kembali gagal.

Baru pada pemanggilan ketiga, Jack mampu mencuri perhatian pelatih Timnas Shin Tae-yong. Gaya bermain Jack sebagai seorang playmaker membuat Shin Tae-yong tertarik sampai akhirnya memasukkannya ke dalam daftar yang dibawa ke Kroasia Agustus 2020.

Dengan segudang prestasinya, wajar kalau Jack Brown diprediksi punya masa depan cerah bersama Timnas Indonesia di semua level umur. Terlebih, Persita kini amat beruntung mengamankan jasanya.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak