Momen Bersejarah Timnas Indonesia Bungkam Thailand di Final Piala AFF

Satu-satunya momen Timnas Indonesia permalukan Thailand di Piala AFF.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Senin, 27 Desember 2021 | 15:30 WIB
Arsip- Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata terjatuh usai ditekel pemain Thailand pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Arsip- Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata terjatuh usai ditekel pemain Thailand pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Bolatimes.com - Satu kenangan indah menyeruak menjelang pertemuan antara Timnas Indonesia kontra Thailand pada partai final Piala AFF 2020.

Menurut jadwal, Indonesia dan Timnas Thailand akan berjumpa dua kali pada partai final Piala AFF 2020. Pertandingan akan digelar di Stadion Nasional, Singapura, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Ini menjadi pertemuan keempat bagi timnas Indonesia dan Thailand di partai final sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala AFF.

Baca Juga: Remehkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Medsos Presenter TV Digeruduk

Sebelum edisi kali ini, skuad Garuda dan Thailand pernah bertemu tiga kali, yakni pada edisi 2000, 2002, dan 2016.

Sayangnya, dari ketiga perjumpaan itu, skuad Garuda tak mampu berhasil meraih kemenangan hingga akhirnya menjuarai Piala AFF.

Satu-satunya kemenangan yang mampu diraih timnas Indonesia atas Thailand pada partai final Piala AFF hanya terjadi pada edisi tahun 2016.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Liga 2 Hari Ini: Dibuka dengan Duel Rans Cilegon Vs PSIM

Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata duel udara dengan Pemain Thailand, Sirod Chatthong pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)
Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata duel udara dengan Pemain Thailand, Sirod Chatthong pada final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok (17/12/2016) (AFP)

Saat itu, skuad Garuda yang berada di bawah asuhan Alfred Riedl memang kalah agregat 2-3 dari skuad Gajah Perang.

Namun, timnas Indonesia sebetulnya sempat meraih kemenangan 2-1 pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2016.

Saat itu, duel digelar di Stadion Pakansari, Bogor, 14 Desember 2016. Saat itu, Thailand sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Teerasil Dangda pada menit ke-33.

Baca Juga: PT LIB Pastikan Semifinal dan Final Liga 2 2021 Digelar Tanpa Penonton

Namun, pada babak kedua, anak asuh Alfred Riedl berhasil bangkit dari keterpurukan. Mereka sukses melesakkan dua gol balasan lewat Rizky Pora (65’) dan Hansamu Yama (70’).

Ini menjadi satu-satunya kemenangan yang mampu diraih timnas Indonesia atas Thailand pada partai final Piala AFF.

Sementara pada leg kedua, skuad Garuda harus mengakui keunggulan tim tuan rumah yang tampil perkasa di hadapan pendukungnya sendiri.

Baca Juga: Lolos ke Final Piala AFF, Ini 2 Hal yang Harus Diperbaiki Timnas Indonesia

Pada laga yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, 17 Desember 2016 itu, skuad Garuda dijegal dua gol tanpa balas. Seluruh gol Thailand dicetak oleh Siroch Chatthong.

Sementara itu, pada final Piala AFF edisi 2000 yang saat itu masih bernama Piala Tiger, skuad Garuda dihajar 1-4 oleh Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Adapun pada Piala Tiger edisi 2002, timnas Indonesia yang tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, sempat tampil impresif.

Meski tertinggal dua gol terlebih dahulu, skuad Merah Putih berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Yaris Riadi dan Gendut Doni.

Setelah laga berakhir sama kuat dengan skor 2-2, timnas Indonesia gagal meraih gelar juara karena dijegal dengan skor 2-4 pada babak adu penalti.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak