Bolaindonesia

3 Pemain Malaysia yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia

Semuanya memiliki kecapatan yang baik

Irwan Febri Rialdi

Bintang Timnas Malaysia, Safawi Rasid usai menjebol gawang Timnas Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)
Bintang Timnas Malaysia, Safawi Rasid usai menjebol gawang Timnas Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain timnas Malaysia wajib mendapatkan perhatian ketat dari barisan pertahanan timnas Indonesia ketika kedua tim berjumpa pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020.

Setidaknya, ada tiga pemain timnas Malaysia yang patut diantisipasi skuad Garuda ketika keduanya bertanding di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Pemain-pemain ini bakal diandalkan pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, untuk menggempur barisan pertahanan timnas Indonesia.

Ketiga pemain ini juga telah menampilkan kapasitasnya masing-masing dalam menciptakan ancaman berbahaya di sektor pertahanan lawan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga pemain berbahaya di skuad timnas Malaysia yang wajib diantisipasi oleh timnas Indonesia.

1. Arif Aiman

Di sektor kiri, timnas Malaysia sering menurunkan Arif Aiman Hanapi untuk menusuk ke jantung pertahanan lawan.

Meskipun usianya baru menginjak 19 tahun, Arif Aiman tetap saja menjadi salah satu pemain berkualitas yang dimiliki Harimau Malaya.

Dia sudah mampu merebut hati pelatih timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, untuk mendapatkan kesempatan bermain.

Sebetulnya, sektor kiri selalu menjadi milik Akhyar Rashid. Sayangnya, Akhyar harus menjalani karantina mandiri setelah dinyatakan positif Covid-19.

Meskipun Arif Aiman belum mencetak gol di Piala AFF 2020, tetapi pergerakannya patut mendapat pengawalan ketat dari Asnawi Mangkualam dkk.

2. Luqman Hakim Shamsudin

Salah satu pemain muda yang kini mulai mendapat kepercayaan dari Tan Cheng Hoe ialah Luqman Hakim Shamsudin.

Penyerang berusia 19 tahun itu sempat mendapat kesempatan bermain saat timnas Malaysia menjalani laga di Grup B Piala AFF 2020.

Pada pertandingan melawan Laos, misalnya, pemain yang kini berkarier di Liga Belgia bersama KV Kortrijk itu tampil sebagai starter.

Meskipun belum mencatatkan namanya di papan skor, tetapi mantan pemain timnas Malaysia U-16 ini patut mendapatkan pengawalan ketat.

3. Safawi Rasid

Safawi Rasid jelas menjadi salah satu pemain Malaysia yang patut diantisipasi pergerakannya oleh para pemain bertahan timnas Indonesia,

Sebab, winger asal Johor Darul Takzim (JDT) ini menjadi salah satu tumpuan utama skuad Harimau Malaya dalam menjebol gawang lawan.

Sejauh ini, Safawi Rasid telah mencatatkan empat gol dalam tiga penampilannya di Grup B Piala AFF 2020. Jumlah itu serupa dengan catatan penyerang Thailand, Teerasil Dangda.

Untuk sementara, kedua pemain ini menduduki peringkat atas dalam daftar pencetak gol terbanyak Piala AFF 2020.

Salah satu bukti ketajaman pemain berusia 24 tahun itu terlihat jelas ketika Malaysia menjungkalkan Laos empat gol tanpa balas. 

Pada pertandingan itu, tiga dari empat gol tim asuhan Tan Cheng Hoe diciptakan oleh Safawi Rasid. Dengan kata lain, ia mencetak hattrick ke gawang Laos.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini