Bolaindonesia

5 Pemain Paling Senior Timnas Kamboja yang Wajib Diantisipasi Indonesia

Pemain-pemain senior ini memegang kunci permainan Timnas Kamboja

Irwan Febri Rialdi

Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)
Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain senior di skuad timnas Kamboja harus mendapatkan perhatian ekstra dari timnas Indonesia saat keduanya berjumpa pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Pasalnya, mayoritas pemain-pemain senior ini juga menjadi andalan timnas Kamboja saat mereka berjumpa Malaysia pada laga sebelumnya. Tiga di antaranya bermain sebagai starter.

Selain itu, lima nama pemain senior di skuad asuhan Ryu Hirose juga telah mencatatkan banyak penampilan bersama timnas Kamboja.

Hal itu membuktikan bahwa pemain-pemain ini bisa diandalkan karena memiliki jam terbang yang cukup di level internasional.

Oleh karena itu, timnas Indonesia mesti memasang sikap waspada ketika berjumpa Kamboja di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima nama pemain paling senior di skuad timnas Kamboja yang patut diwaspadai oleh timnas Indonesia.

1. Prak Mony Udom (27 Tahun)

Pada kejuaraan Piala AFF 2020 ini, skuad timnas Kamboja turut membawa Prak Mony Udom, penyerang yang cukup berpengalaman.

Pemain berusia 27 tahun ini memang menjadi langganan timnas Kamboja. Hal itu terlihat dari catatan penampilannya bersama Pasukan Angkor yang mencapai 35 caps.

Dari seluruh laga tersebut, pemain asal Svay Rieng ini telah mengumpulkan total tujuh gol untuk timnas Kamboja.

Namun, pada laga melawan Malaysia di Grup B Piala AFF 2020, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

2. Chan Vathanaka (27 Tahun)

Tak bisa dimungkiri, Chan Vathanaka menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan oleh timnas Kamboja pada Piala AFF 2020.

Pemain berusia 27 tahun ini memiliki segudang pengalaman, baik bersama timnas maupun di level klub. Bahkan, dia menjadi satu-satunya pemain yang pernah berkarier di luar negeri.

Sebelum kembali merumput di liga lokal, Vathanaka pernah memperkuat klub Malaysia, Pahang FA dan Selangor FA. Dia juga tercatat pernah meniti karier di Jepang bersama Fujieda MYFC.

Tentu, timnas Indonesia wajib mewaspadai pergerakan dan agresivitas pemain Beoung Ket ini agar tak menciptakan mala petaka di sektor lini pertahanan.

3. Keo Sokpheng (29 Tahun)

Pemain senior lainnya yang juga memperkuat timnas Kamboja ialah Keo Sokpheng. Penyerang sayap berusai 29 tahun ini bermain sebagai pengganti saat laga kontra Malaysia.

Dia masuk pada menit ke-72 untuk menggantikan pemain andalan Pasukan Angkor, Chan Vathanaka.

Sejauh ini, Keo Sokpheng menjadi salah satu pemain yang telah mencatatkan banyak caps bersama timnas Kamboja.

Sebab, tak kurang dari 20 pertandingan telah dia mainkan. Itu belum termasuk tujuh gol yang sukses dilesakkan pemain asal Visakha FC ini untuk tim nasional.

4. Sos Souhana (29 Tahun)

Di sektor lini tengah, pelatih timnas Kamboja masih memberikan kepercayaan kepada pemain senior, Sos Souhana.

Gelandang serang berusia 29 tahun ini tercatat sebagai salah satu pemain yang memiliki paling banyak pengalaman dibandingkan dengan pemain-pemain lainnya.

Pasalnya, dia mampu mencatatkan penampilan paling banyak di skuad Kamboja saat ini. Setidaknya, Souhana telah membukukan 52 penampilan di laga internasional.

Pada laga melawan Malaysia, pemain bernomor punggung 12 ini juga tampil sebagai starter. Namun, ia ditarik keluar oleh pelatih saat laga memasuki menit ke-62.

5. Sokumpheak Kouch (34 Tahun)

Pemain paling senior di skuad timnas Kamboja pada Piala AFF kali ini ialah Sokumpheak Kouch. Gelandang bertahan itu usianya telah menginjak 34 tahun.

Pada laga sebelumnya melawan timnas Malaysia, Kouch mendapatkan kepercayaan untuk tampil sejak menit pertama.

Dia bermain di sektor lini tengah bersama Sos Souhana dan Orn Chanpolin. Kolaborasi ketiganya sukses menjadi motor serangan tim asuhan Ryu Hirose.

Sebab, timnas Kamboja berhasil mendominasi penguasaan bola atas Malaysia meski di akhir laga mereka tumbang 1-3.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini