Bolaindonesia

Piala AFF 2020: Evan Dimas Kapten, Asnawi Mangkualam Wakil Kapten Timnas

Evan Dimas kembali mendapat kepercayaan Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita

Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Mauritius dalam partai persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/9). Indonesia berhasil menang dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Mauritius dalam partai persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/9). Indonesia berhasil menang dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Evan Dimas didapuk Shin Tae-yong sebagai kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Sementara Asnawi Mangkualam menjadi wakilnya.

Shin Tae-yong nampaknya memilik pemain yang sudah berpengalaman untuk dijadikan 'presiden' Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Evan Dimas menjadi pilihan mengingat rekam jejak pemain kelahiran Surabaya tersebut yang telah memimpun Skuad Garuda di sejumlah kompetisi.

Dari sisi pengalaman, Evan Dimas bisa dikatakan menjadi sosok dengan jam terbang tertinggi di skuad "Garuda" saat ini.

"Kapten tim ini adalah Evan Dimas dan wakil kapten Asnawi (Asnawi Mangkualam Bahar)," ujar Shin dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/12).

Bukan kali pertama dipilih Shin Tae-yong, Evan Dimas sudah ditetapkan sebagai kapten timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong saat berkompetisi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan "play-off" Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dia sudah memperkuat timnas Indonesia sejak Piala AFF 2014, lalu di SEA Games 2015, 2017 dan 2019 serta membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013.

Pemain Bhayangkara FC itu juga tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia U-22 dan berbagai turnamen internasional lain.

Shin Tae-yong pun mantap dengan pilihannya menugaskan Asnawi Mangkualam, yang baru berumur 22 tahun, untuk mendampingi Evan Dimas.

Padahal, dalam skuad timnas Indonesia di Piala AFF 2020, ada beberapa pemain yang lebih senior dari pada mereka berdua, sebut saja Fachruddin Aryanto (32 tahun) dan Victor Igbonefo (36 tahun).

Sang juru taktik asal Korea Selatan itu memang memercayakan banyak pemain muda di Piala AFF 2020. Dari 30 pemain yang dipanggilnya, setengah di antaranya berusia di bawah 23 tahun.

"Saya mau mengganti generasi tim nasional Indonesia. Dan dalam prosesnya, saya merasa para pemain menunjukkan perkembangan yang semakin baik, dari segi mental maupun pengalaman," tutur Shin.

Terlepas dari semuanya, Timnas Indonesia bakal melakoni laga perdana Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja di Bishan Stadium, Singapura Kamis (9/12)

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini