5 Pemain Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF yang Sudah Moncer Sejak Dini

Pemain-pemain ini mendapat panggung ketika membela Timnas Indonesia di Piala AFF kelompok usia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Senin, 06 Desember 2021 | 16:41 WIB
Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Bolatimes.com - Pada gelaran Piala AFF 2020, timnas Indonesia bakal mengandalkan sejumlah pemain penting yang telah moncer sejak usia dini.

Pemain-pemain pilihan Shin Tae-yong ini memang telah mencuri perhatian sejak masih bermain di kelompok usia muda.

Saat ini, meskipun mereka masih terhitung muda, tetapi pelatih Shin Tae-yong sangat mengistimewakan pemain-pemain ini karena memiliki kapasitas yang mumpuni.

Baca Juga: FK Senica Dikabarkan Tunggak Gaji Pemain, Termasuk Egy Maulana Vikri

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain andalan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang sudah moncer sejak usia muda.

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman diperkenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk. (Instagram/lechia_gdansk)
Witan Sulaeman diperkenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk. (Instagram/lechia_gdansk)

Pemain muda asal Palu, Witan Sulaeman, juga menjadi pemain yang sudah moncer sejak usia muda di skuad timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020.

Baca Juga: Pathompol Charoenrattanapirom, Pencetak Gol Pertama Thailand di Piala AFF

Pemain jebolan Diklat Ragunan itu sukses menembus timnas Indonesia U-19 saat masih berusia 16 tahun. Ia menjadi pemain termuda saat itu.

Bahkan, dia juga masih menjadi andalan ketika timnas U-19 berpindah tangan ke tangan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Dari sana, dia terus menerus mendapat kepercayaan pelatih asal Korea Selatan itu, termasuk di dua kelompok usia, yakni U-23 dan senior.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Badminton 2021 Segera Digelar, Indonesia Kirimkan 16 Wakil

Sementara itu, di skuad timnas senior, dia mencatatkan debut ketika Indonesia menghadapi Oman pada laga uji coba di Dubai, 29 Mei 2019.

2. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)
Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Asnawi Mangkualam menjadi salah satu pemain yang mengalami kesuksesan setelah melakukan reposisi.

Baca Juga: Sejarah Ban Kapten Pelangi Khas LGBT yang Gemparkan Piala AFF 2020

Awalnya, pemain yang memperkuat klub Korea Selatan, Ansan Greeners, itu bermain sebagai gelandang tengah di skuad timnas Indonesia U-19.

Namun, pelatih Indra Sjafri sudah memiliki banyak stok di sektor ini. Asnawi kemudian digeser menjadi bek kanan dan itu menjadi posisi bermainnya sampai saat ini.

Asnawi Mangkualam menjadi salah satu pemain yang mendapatkan peran istimewa dari pelatih Shin Tae-yong.

Dia diprediksi bakal menjadi andalan penting skuad Garuda di sektor kanan pertahanan timnas Indonesia pada Piala AFF 2020.

3. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto saat tampil bersama Timnas Indonesia U-23. (Instagram/rachmatirianto)
Rachmat Irianto saat tampil bersama Timnas Indonesia U-23. (Instagram/rachmatirianto)

Rachmat Irianto kini menjelma sebagai gelandang bertahan mumpuni yang menjadi penghuni tetap di sektor lini tengah timnas Indonesia.

Pemain Persebaya Surabaya ini bakal menjadi andalan penting pelatih Shin Tae-yong saat timnas Indonesia mengarungi Piala AFF 2020.

Sebelum menembus timnas Indonesia, sebelumnya Riyandi sempat bermain bersama timnas U-19 dan U-23 asuhan Indra Sjafri.

Saat itu, dia masih menjalankan tugas sebagai bek tengah. Salah satu pencapaian tertingginya ialah meraih gelar Piala AFF U-22 2019 bersama pelatih Indra Sjafri.

4. Muhammad Riyandi

Kiper Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Riyandi.
Kiper Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Riyandi.

Di sektor penjaga gawang, kiper yang telah mencatatkan prestasi sejak usia muda ialah Muhammad Riyandi.

Dia menjadi andalan pelatih Indra Sjafri di skuad timnas Indonesia U-19 dan U-23. Pemain jebolan akademi Bina Taruna itu kini berstatus sebagai kiper Barito Putera.

Saat masih berusia 19 tahun, Riyandi sempat mendapat kesempatan debut dari pelatih Indra Sjafri di skuad timnas U-23.

Sementara di skuad timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga masih memberikan kepercayaan untuk mengawal gawang skuad Merah Putih. Riyandi saat ini masih terhitung muda, sebab usianya baru menginjak 21 tahun.

5. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas dalam pertandingan melawan Afghanistan. (PSSI)
Evan Dimas dalam pertandingan melawan Afghanistan. (PSSI)

Evan Dimas Darmono menjadi salah satu gelandang andalan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang telah moncer sejak di usia ini.

Sebab, pemain jebolan SSB Sasana Bhakti dan SSB Mitra Surabaya ini telah menjadi andalan di skuad timnas junior berbagai kelompok usia.

Pemain berusia 26 ini telah bermain bersama timnas sejak di kelompok usia U-16. Setelah itu, ia berturut-turut meningkatkan jenjang di U-19, U-23, hingga senior.

Salah satu kiprah terbaik pemain Bhayangkara FC ini ialah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2013.  Dia menjadi pencetak gol terbanyak skuad asuhan Indra Sjafri dengan total lima gol.

Setelah itu, Evan Dimas sukses mengantarkan timnas U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2014. Saat itu, ia meloloskan timnas U-19 setelah mencetak hattrick ke gawang Korea Selatan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak