Bolaindonesia

4 Pemain Top yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020

Berikut 4 pemain lawan yang bakal jadi ancaman untuk Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com)
Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan segera mengawali kiprahnya pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Dari sekian lawan yang akan dihadapi, ada beberapa nama pemain yang bakal menjadi ancaman.

Tentu, timnas Indonesia harus mengantisipasi pemain-pemain ini karena mereka memiliki potensi besar untuk membahayakan gawang skuad Garuda.

Beberapa pemain yang harus diwaspadai ini memang menjadi andalan masing-masing lawan timnas Indonesia yang akan bersaing di Grup B.

Oleh sebab itu, barisan pertahanan anak asuh Shin Tae-yong tak boleh lengah untuk terus mengawal pergerakan pemain-pemain ini.

Sebab, apabila hilang konsentrasi dan lengah sedikit saja, mereka bisa memberikan hukuman telak bagi timnas Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pemain bintang yang bisa menjadi ancaman timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020.

1. Arif Aiman (Malaysia)

Bintang muda JDT, Arif Aiman. (Dok. JDT)
Bintang muda JDT, Arif Aiman. (Dok. JDT)

Timnas Malaysia akhirnya memanggil satu pemain baru di sektor lini serang untuk tampil pada Piala AFF 2020. Sosok yang dimaksud ialah bintang muda milik Johor Darul Takzim (JDT), Arif Aiman Hanapi.

Arif Aiman Hanapi merupakan pemain muda serbaguna yang dipanggil untuk menggantikan pemain naturalisasi timnas Malaysia, Mohamadou Sumareh, yang mengalami cedera.

Sebelumnya, Arif Aiman memang mendapat panggilan dari Tan Cheng Hoe untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Malaysia.

Namun, dia harus dicoret dari skuad Harimau Malaya karena tim pelatih khawatir pemain muda ini merasa kelelahan karena jadwal padatnya bersama klub.

Pada tahun yang 2021, pemain berusia 19 tahun ini masuk nominasi 25 pesepak bola muda terbaik di ASEAN.

2. Nguyen Cong Phuong (Vietnam)

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com)
Striker Timnas Vietnam, Nguyen Cong Phuong. (Dok. Baomoi.com)

Timnas Vietnam menjadi salah satu tim yang paling disegani pada Piala AFF 2020. Timnas Indonesia jelas harus waspada karena Vietnam berada di Grup B.

Kali ini, mereka turut membawa delapan pemain terbaik dari timnas Vietnam U-23 yang sebelumnya tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Salah satu sosok yang paling wajib diwaspadai oleh timnas Indonesia ialah Nguyen Cong Phuong. Meski berusia muda, dia telah lama bermain bersama timnas senior.

Pemain yang telah mencatatkan tujuh penampilan ini telah menjebol gawang lawan sebanyak tiga kali. Bahkan, pemain yang pernah meniti karier bersama klub Belgia, Sint-Truidense VV ini juga dijuluki Lionel Messi-nya Vietnam.

3. Chan Vathanaka (Kamboja)

Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)
Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)Bintang Timnas Kamboja, Chan Vathanaka. (Dok. AFF)

Meskipun timnas Kamboja menjadi salah satu tim kuda hitam di Grup B Piala AFF 2020, tak ada alasan yang dimilki timnas Indonesia untuk tak memasang sikap waspada.

Sebab, tim yang kini diasuh oleh Keitsuke Honda itu berpeluang menjadi kejuatan karena hadirnya sosok Vhan Vathanaka, pemain yang dijuluki Lionel Messi-nya Kamboja.

Chan Vathanaka sempat bermain bersama klub kasta ketiga Liga Jepang, Fujieda MYFC, saat direkrut pada tahun 2016. Namun, dia gagal bersinar dan memilih bergeser ke Malaysia.
Di Negeri Jiran, eks pemain Svay Rieng ini sempat bermain bersama Pahang FA, sebelum akhirnya pulang kampung.

Selama bermain bersama Kamboja, Vathanaka telah mengoleksi 17 gol dari total 46 penampilannya.

4. Billy Ketkeophomphone (Laos)

Billy Ketkeophomphone ingin bela Timnas Laos.(JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Billy Ketkeophomphone ingin bela Timnas Laos.(JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Timnas Laos bakal mendapatkan suntikan tenaga penting dari Billy Ketkeophomphone saat tampil pada Piala AFF 2020.

Sosok Billy Ketkeophomphone tentu juga harus diwaspadai oleh timnas Indonesia yang berada satu grup dengan timnas Laos pada Piala AFF 2020.

Sebagai informasi, Billy Ketkeophomphone merupakan penyerang kelahiran Prancis yang baru saja dinaturalisasi oleh Federasi Sepak Bola Laos atau LFF.

Secara rekam jejak, sebetulnya Billy memiliki kiprah yang cukup mentereng. Sebab, dia menjadi pesepak bola asal Asia Tenggara pertama yang bermain di kasta tertinggi Liga Prancis.

Tak hanya itu, saat bermain di Ligue 1, Billy juga sukses menjadi pemain asal Asia Tenggara pertama yang sukses mencetak gol.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini