Profil Song Ui-young, Gelandang Naturalisasi Singapura yang Tolak Persija

Song Ui-young masuk skuat Singapura di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 01 Desember 2021 | 15:30 WIB
Pemain Lion City Sailors, Song Ui-young. (Dok. Vocketfc)

Pemain Lion City Sailors, Song Ui-young. (Dok. Vocketfc)

Bolatimes.com - Pemain yang pernah menolak tawaran Persija Jakarta, Song Ui-young, bakal memperkuat timnas Singapura pada ajang Piala AFF 2020.

Song Ui-young masuk dalam daftar 28 nama pemain yang dipilih pelatih timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, untuk tampil kejuaraan Piala AFF 2020.

Sebelumnya, Song Ui-young pernah menjadi salah satu pemain yang namanya terdengar hingga Indonesia. Penyebabnya, ia menolak tawaran klub raksasa, Persija Jakarta.

Saat itu, skuad Macan Kemayoran memang sangat tertarik dengan penampilan Song Ui-young saat bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Pada babak semifinal Piala AFC 2018 zona Asia Tenggara itu, Home United secara mengejutkan mampu menjegal Persija Jakarta.
Ketika berduel pada leg pertama, Song dan kawan-kawan sukses menang dengan skor 3-2. Sementara itu, mereka kembali menang saat tampil di SUGBK, yakni dengan skor 3-1.

Saat itu, Persija sempat mengajukan penawaran untuk merekrutnya menjelang bergulirnya Liga 1 musim 2019. Negosiasi juga telah diajukan oleh Macan Kemayoran.

Song mengakui, tim asal Ibu Kota itu mengajukan tawaran gaji sebesar Rp 300 juta per bulan. Namun, ia menolaknya karena punya alasan kuat.

“Periode itu saya memang benar-benar berjuang untuk memutuskan apakah akan tinggal di Singapura atau pergi ke Indonesia. Itu adalah keputusan yang sulit, tapi saya memilih untuk bertahan. Saya merasa senang,” ujar Song saat diwawancarai Goal Singapura.

“Saya sangat senang tinggal di Singapura saat itu. Saya juga datang mengejar naturalisasi. Jadi saya merelakan tawaran itu begitu saja dan memilih tinggal di sini,” ia menambahkan.

Profil Song Ui-young

Song Ui-young merupakan pesepak bola kelahiran Korea Selatan yang kini telah mendapatkan status kewarganegaraan dari Singapura.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini tercatat lahir di Incheon, Korea Selatan, pada 8 November 1993. 

Meskipun tercatat sebagai pemain kelahiran Korsel, tetapi Ui-young justru mengawali karier profesionalnya bersama klub kasta kedua Jepang, Roasso Kumamoto.

Setelah setahun di Negeri Matahari Terbit, ia lalu pulang kampung untuk memperkuat klub kasta tertinggi Liga Korsel (K League 1), Suwon City.

Kebersamaannya bersama Suwon City tak berlangsung lama. Sebab, pada tahun yang sama. dia memutuskan bergabung dengan bersama klub Liga Singapura, Home United, yang kini berubah nama menjadi Lion City Sailors.

Sejak saat itu, Song Ui-young menjadi pemain penting di skuad Lion City Sailors. Sampai saat ini, ia masih bertahan bersama klubnya tersebut.

Setelah bermain dari tahun 2012, ia telah mengantarkan Lion City Sailors meraih gelar juara Liga Primer Singapura musim 2021. Selain itu, dia juga mengantarkan timnya meraih dua kali runner-up, yakni pada edisi 2013 dan 2018.

Sementara di ajang Piala Singapura, gelar juara juga sukses dipersembahkan pada edisi 2015, serta status runner-up sebanyak dua kali, yakni pada edisi 2013 dan 2014.

Setelah mendapatkan status sebagai warga negara Singapura pada 20 Agustus 2021, Song mendapatkan panggilan timnas Singapura sepekan kemudian, atau tepatnya 27 Agustus 2021.

Pada 11 November 2021, Song mencatatkan debutnya bersama timnas Singapura saat bertanding melawan Kirgistan pada pertandingan uji coba.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak