Kisah Todd Ferre, Bersinar saat Lawan Qatar Tapi Kini Kariernya Terancam

Todd Ferre dilarang bermain selama setahun

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 25 November 2021 | 11:18 WIB
Todd Rivaldo vs Qatar. (Dok. AFC).

Todd Rivaldo vs Qatar. (Dok. AFC).

Bolatimes.com - Kegagalan mengelola emosi yang meledak-ledak akhirnya menjadi mala petaka bagi pemain muda Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre.

Todd Ferre mendapatkan sanksi larangan bermain selama 12 bulan dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI karena tingkah laku buruk.

Pada pertandingan antara Persipura Jayapura vs Bali United di Stadion Sultan Agung, Bantul, 5 November 2021, Todd Ferre dinilai melakukan tiga pelanggaran fair play.

Baca Juga: Kisah Nicola Ventola, Eks Inter Milan yang Nikahi Wanita Berdarah Indonesia

Pemain berusia 22 tahun itu mengeluarkan kata-kata tidak pantas kepada wasit, memukul wasit, hingga melakukan pengejaran terhadap wasit.

Momen itu terjadi ketika pertandingan memasuki masa injury time. Todd Ferre mendapatkan kartu merah dari wasit setelah melakukan protes yang berlebihan.

Todd Ferre memprotes wasit karena mengesahkan gol Ricky Fajrin yang tercipta pada menit ke-90+7. Padahal, saat itu babak tambahan waktu hanyalah empat menit.

Baca Juga: Kalah Dramatis di Indonesia Open 2021, The Daddies Tulis Pesan Menyentuh

Komdis PSSI menyebut, perilaku tidak terpuji Todd Ferre sudah melampaui batas. Oleh sebab itu, Komdis menjatuhkan sanksi maksimal terhadap mantan pemain timnas Indonesia U-19 itu.

Bersinar Bersama Timnas U-19 saat Hadapi Qatar

Salah satu penampilan paling memukau yang pernah dicatatkan Todd Ferre ialah ketika bermain bersama timnas Indonesia U-19.

Baca Juga: Profil Junior Messias, Penyelamat AC Milan di Liga Champions

Saat itu, skuad timnas U-19 yang berada di bawah asuhan Indra Sjafri tampil pada kejuaraan Piala Asia U-19 2018.

Momen magis yang tentu diingat publik ialah ketika skuad Garuda Nusantara berjumpa Qatar pada laga penyisihan grup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, 21 Oktober 2018.

Ketika itu, anak asuh Indra Sjafri sempat tertinggal 1-6 dari Qatar. Pada babak kedua, Indra Sjafri memutuskan untuk melakukan pergantian pemain, termasuk salah satunya memasukkan Todd Ferre.

Baca Juga: Kisah Jaja, Rekan Gabriel Jesus di Timnas Brasil U-20 yang Jadi Andalan MU

Todd Ferre mendapat instruksi khusus dari Indra Sjafri untuk bermain sebagai gelandang serang. Dari titik ini, performa timnas U-19 seperti melonjak drastis.

Buktinya, Todd Ferre sukses mencetak tiga gol pada babak kedua. Masing-masing gol itu tercipta pada menit ke-65, 73’, dan 81’.

Meskipun pada akhirnya timnas Indonesia U-19 tetap kalah dengan skor 5-6, tetapi performa Todd Ferre saat itu menuai apresiasi dari publik.

Sebab, langkah timnas U-19 untuk melaju ke fase gugur kembali terbuka karena produktivitas golnya mampu dipangkas.

Pada akhir Grup A, timnas Indonesia U-19 sukses melaju ke fase gugur setelah unggul head-to-head atas Uni Emirat Arab.

Sebab, ketika itu, Qatar, Indonesia, dan Uni Emirat Arab sama-sama mengemas enam poin hasil dari tiga pertandingan.

Sayangnya, langkah anak asuh Indra Sjafri terhenti pada babak perempat final Piala Asia U-19 2018. Saat itu, mereka dijegal Jepang dengan skor 0-2.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak