Bolaindonesia

Kisah Todd Ferre, Bersinar saat Lawan Qatar Tapi Kini Kariernya Terancam

Todd Ferre dilarang bermain selama setahun

Irwan Febri Rialdi

Todd Rivaldo vs Qatar. (Dok. AFC).
Todd Rivaldo vs Qatar. (Dok. AFC).

Bolatimes.com - Kegagalan mengelola emosi yang meledak-ledak akhirnya menjadi mala petaka bagi pemain muda Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre.

Todd Ferre mendapatkan sanksi larangan bermain selama 12 bulan dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI karena tingkah laku buruk.

Pada pertandingan antara Persipura Jayapura vs Bali United di Stadion Sultan Agung, Bantul, 5 November 2021, Todd Ferre dinilai melakukan tiga pelanggaran fair play.

Pemain berusia 22 tahun itu mengeluarkan kata-kata tidak pantas kepada wasit, memukul wasit, hingga melakukan pengejaran terhadap wasit.

Momen itu terjadi ketika pertandingan memasuki masa injury time. Todd Ferre mendapatkan kartu merah dari wasit setelah melakukan protes yang berlebihan.

Todd Ferre memprotes wasit karena mengesahkan gol Ricky Fajrin yang tercipta pada menit ke-90+7. Padahal, saat itu babak tambahan waktu hanyalah empat menit.

Komdis PSSI menyebut, perilaku tidak terpuji Todd Ferre sudah melampaui batas. Oleh sebab itu, Komdis menjatuhkan sanksi maksimal terhadap mantan pemain timnas Indonesia U-19 itu.

Bersinar Bersama Timnas U-19 saat Hadapi Qatar

Salah satu penampilan paling memukau yang pernah dicatatkan Todd Ferre ialah ketika bermain bersama timnas Indonesia U-19.

Saat itu, skuad timnas U-19 yang berada di bawah asuhan Indra Sjafri tampil pada kejuaraan Piala Asia U-19 2018.

Momen magis yang tentu diingat publik ialah ketika skuad Garuda Nusantara berjumpa Qatar pada laga penyisihan grup di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, 21 Oktober 2018.

Ketika itu, anak asuh Indra Sjafri sempat tertinggal 1-6 dari Qatar. Pada babak kedua, Indra Sjafri memutuskan untuk melakukan pergantian pemain, termasuk salah satunya memasukkan Todd Ferre.

Todd Ferre mendapat instruksi khusus dari Indra Sjafri untuk bermain sebagai gelandang serang. Dari titik ini, performa timnas U-19 seperti melonjak drastis.

Buktinya, Todd Ferre sukses mencetak tiga gol pada babak kedua. Masing-masing gol itu tercipta pada menit ke-65, 73’, dan 81’.

Meskipun pada akhirnya timnas Indonesia U-19 tetap kalah dengan skor 5-6, tetapi performa Todd Ferre saat itu menuai apresiasi dari publik.

Sebab, langkah timnas U-19 untuk melaju ke fase gugur kembali terbuka karena produktivitas golnya mampu dipangkas.

Pada akhir Grup A, timnas Indonesia U-19 sukses melaju ke fase gugur setelah unggul head-to-head atas Uni Emirat Arab.

Sebab, ketika itu, Qatar, Indonesia, dan Uni Emirat Arab sama-sama mengemas enam poin hasil dari tiga pertandingan.

Sayangnya, langkah anak asuh Indra Sjafri terhenti pada babak perempat final Piala Asia U-19 2018. Saat itu, mereka dijegal Jepang dengan skor 0-2.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini