Daftar Terkini 10 Klub Termahal di ASEAN, Indonesia Tempatkan Dua Wakil

Berikut 10 klub di ASEAN dengan nilai termahal per tahun 2021.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 24 November 2021 | 22:05 WIB
Stefano Lilipaly merayakan kemenangan bersama penggawa Bali United usai kalahkan Persija Jakarta di leg pertama babak 8 besar Piala Indonesia, Jumat (26/4/2019). [@baliunitedfc / Instagram]

Stefano Lilipaly merayakan kemenangan bersama penggawa Bali United usai kalahkan Persija Jakarta di leg pertama babak 8 besar Piala Indonesia, Jumat (26/4/2019). [@baliunitedfc / Instagram]

Bolatimes.com - Beberapa klub di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara mulai berbenah sehingga mampu menjadi klub dengan nilai pasar yang mahal.

Tak terhitung berapa banyak klub yang tersebar di beberapa negara ASEAN saat ini. Setiap klub ini bersaing secara terus menerus menjadi Role Model bagi klub ASEAN lainnya.

Setiap tahunnya, beberapa klub dari ASEAN perlahan mulai merabah level internasional berkat partisipasinya di ajang Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Baca Juga: Bersalah Kasus Video Seks, Benzema Dihukum Setahun Penjara & Denda Rp1,2 M

Meski belum mampu bersaing, namun adanya keinginan untuk bisa berbicara banyak membuat beberapa klub ASEAN mulai berbenah.

Pembenahan pun tak hanya soal urusan di atas lapangan semata, seperti mendatangkan pemain bintang ataupun mendatangkan pelatih dengan nama besar.

Pembenahan juga dilakukan di luar lapangan, seperti memperbaiki fasilitas, akademinya hingga manajemen klub agar lebih profesional.

Baca Juga: Hasil Liga 1: Persebaya Surabaya Hajar Persita Tangerang 4-0

Berbicara soal pembenahan di atas lapangan, klub-klub ASEAN tak jarang melakukan gebrakan dengan mendatangkan pemain bernama besar atau Marquee Player.

Secara tak langsung, hadirnya Marquee Player dan pemain ternama lainnya membuat nilai pasar klub melonjak puluhan hingga ratusan miliar rupiah.

Di ASEAN saat ini, setidaknya ada 10 klub dengan nilai pasar termahal di tahun 2021 ini. Tak disangka, dua tim Indonesia juga masuk dalam daftar yang dihimpun Transfermarkt ini.

Baca Juga: Fakta Menarik Kedatangan Ronaldo, Singkirkan 4 Pelatih dalam 4 tahun

Klub mana sajakah yang masuk daftar ini? Berikut rangkumannya.

10. Hanoi FC (Vietnam)

Dilansir dari Transfermarkt, Hanoi FC menjadi klub termahal ke-10 di ASEAN. Nilai pasar klub ibu kota Vietnam ini mencapai 4,35 juta euro (Rp69 miliar).

Baca Juga: Gagal Bawa Irak ke Piala Dunia 2022, Dick Advocaat Mundur dari Kursi Pelati

Besarnya nilai pasar ini didapat dari penggawanya yang rata-rata berlabel tim nasional. Sebagaimana diketahui, Vietnam merupakan negara sepak bola terbaik di ASEAN menurut ranking FIFA.

9. Bhayangkara FC (Indonesia)

Skuat Bhayangkara FC. (Dok. Bhayangkara FC)
Skuat Bhayangkara FC. (Dok. Bhayangkara FC)

Klub asal Indonesia, Bhayangkara FC juga punya nilai pasar cukup mahal yakni mencapai 4,7 juta euro (Rp75 miliar).

Besarnya nilai pasar ini didapat dari mewahnya skuat The Guardian yang dihuni pemain asing berlabel tim nasional seperti Ezechiel N'Douassel dan pemain berlabel timnas Indonesia seperti Evan Dimas.

8. Chiangrai United (Thailand)

Di urutan ke-8 ada klub asal Thailand bernama Chiangrai United. Klub yang kini duduk di papan bawah Thai League 2021/22 ini, punya nilai pasar sekitar 4,8 juta euro (Rp76 miliar).

Pemain asingnya, Yannick Boli, menjadi pemain termahal di Chiangrai United. Nilai pasar pemain jebolan PSG ini mencapai 7,8 miliar rupiah.

7. Bali United (Indonesia)

Striker Bali United, Ilija Spasojevic, usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang. (Dok. LIB)
Striker Bali United, Ilija Spasojevic, usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang. (Dok. LIB)

Selain Bhayangkara FC, wakil Indonesia yang masuk daftar ini adalah Bali United. Diketahui, Laskar Serdadu Tridatu punya nilai pasar mencapai 4,93 juta euro (Rp79 miliar).

Besarnya angka ini didapat dari para penggawanya yang memang konsisten dalam urusan permainan, seperti Brwa Nouri, Ilija Spasojevic,  Melvin Platje dan William Pacheco.

6. Muangthong United (Thailand)

Tim asal Thailand memang mendominasi daftar ini. selain Chiangrai United, ada Muangthong United yang masuk daftar ini dengan nilai pasar mencapai 5,03 juta euro (Rp80 miliar).

Tim peringkat ke-7 sementara Thai League 2021/22 ini punya materi pemain berlabel tim nasional Thailand. Belum lagi pemain asingnya seperti Sardor Mirzaev yang punya nilai pasar mentereng yakni 10,4 miliar rupiah.

5. Bangkok United (Thailand)

Mahalnya nilai pasar Muangthong United mampu dilampaui oleh Bangkok United. Pemuncak klasemen sementara Thai League 2021/22 ini punya nilai pasar mencapai 6 juta euro (Rp96 miliar).

Besarnya nilai pasar ini dikarenakan Bangkok United punya pemain-pemain berlabel bintang di tim nasional Thailand dan juga pemain asing berkelas seperti Heberty yang punya nilai pasar Rp13,91 miliar.

4. BG Pathum United (Thailand)

Dominasi klub Thailand terus berlanjut di daftar ini seiring masuknya BG Pathum United yang punya nilai pasar mencapai 6,18 juta euro (Rp99 miliar).

Sama seperti Bangkok United, BG Pathum United punya pemain berlabel tim nasional Thailand dan juga pemain asing dengan nilai pasar mencengangkan.

3. Port FC (Thailand)

Port FC juga tak mau ketinggalan dari klub Thailand lainnya. Tim peringkat ke-5 sementara Thai League 2021/22 ini punya nilai pasar mencapai 6,33 juta euro (Rp101 miliar).

Angka sebesar ini didapatkan dari para penggawanya yang juga masuk ke tim nasional Thailand dan juga para pemain asingnya seperti Nelson Bonilla yang punya nilai pasar 10,43 miliar rupiah.

2. Johor Darul Ta’zim (Malaysia)

Syahrian Abimanyu resmi bergabung JDT. (Instagram/@officialjohor).
Syahrian Abimanyu resmi bergabung JDT. (Instagram/@officialjohor).

Johor Darul Ta’zim bisa dikatakan sebagai klub yang paling maju di ASEAN. Selain karena bintang-bintangnya, manajemen tim ini terbilang profesional dan punya fasilitas kelas wahid.

Klub yang dimiliki oleh Tunku Ismail Haji Ibrahim ini punya nilai pasar 6,73 juta euro (Rp107 miliar). Hal ini dikarenakan banyaknya pemain bintang yang ada dalam tubuh juara bertahan Liga Super Malaysia tersebut.

1. Buriram United (Thailand)

Di posisi pertama klub termahal di ASEAN dipegang oleh Buriram United. klub asal Thailand ini punya nilai pasar mencapai 6,9 juta euro (Rp110 miliar).

Buriram United punya sederet pemain bintang kelas atas berlabel tim nasional Thailand. Belum lagi beberapa pemain asingnya yang memang punya nilai pasar mewah seperti Maicon yang punya nilai 12,17 miliar rupiah.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak